Interview dengan Grand Finalist L-Men of the Year 2014 Yuri Yas

Wawancara dengan Yuri Yas, wakil Kalimantan Timur di ajang L-Men of the Year 2014. Baca selengkapnya di bawah ini!

YURI

Biografi
– Nama Lengkap : Yuri Yas Pramana Saputra
– Tempat / Tanggal Lahir : Bontang, 5 Juli 1991
– Tinggi / Berat Badan : 178 cm / 75 kg
– Profesi : Pemain Basket, Mahasiswa, Ketua Komunitas L-Men Samarinda
– Hobi : olahraga, bermain playstation/game, tidur, membaca komik
– Pendidikan Terakhir : SMU
– Lagu Favorit : “One Way Or Another, I’m Not An Actor”
– Musisi Favorit : MLTR, Michael Jackson
– Film Favorit : “Rocky”, “Kal Ho Naa Ho”, “My Name Is Khan”, “Police Story”
– Aktor Favorit : Sylvester Stallone, Shah Rukh Khan

– Prestasi :

Juara 1 Dandim Cup antar SMP se-Bontang 2005
Kejurnas (Kejuaraan Nasional) Basket KU-16 di Jawa Timur 2007
Juara 3 SIMBIS (Simulasi Bisnis) se-Kalimantan Timur 2008
Juara 1 dan Most Valuable Player PKT CUP antar SMA Se-Bontang 2009
Juara 1 dan Pemain Terbaik KOBAJUN (Kompetisi Basket Junior) Bontang 2009
The First Team Honda DBL East Borneo Regional 2009
PORPROV (Pekan Olaharaga Provinsi) 2006 dan 2010
Pemain Seleksi Tim Pra PON (Pekan Olahraga Nasional) Kalimantan Timur 2011
Juara 1 Fekon Anniversary (FE Universitas Mulawarman) 2011
Juara 1 Campus League 2012 (Universitas Mulawarman) di Samarinda
Juara 3 Campus League 2013 (Universitas Mulawarman) di Kalimantan Selatan
Juara 1 FE UI CUP 2013 (FE Universitas Mulawarman) di Jakarta
Juara 1 Walikota Cup (PKT Basketball Team) 2012 & 2013
Juara 2 Fekon Anniversary (FE Universitas Mulawarman) 2013

Yuri-1

Ceritakan tentang siapa diri Anda dan apa yang menarik dari Anda!
Saya adalah anak bungsu dari ketiga saudara di keluarga yang sederhana dan mencintai kesehatan dan kebersihan lingkungan rumah di kota Bontang. Saya yang gemar olaharaga karena terinspirasi oleh ayah saya yang mantan pemain bola di Balikpapan dan kakak laki-laki saya yang juga atlet basket di nasional maupun di tim pro yang kini menjadi pelatih basket di SMU. Dari mereka berdua yang memberi saya pelajaran, pengalaman, melatih dan bekal saya untuk menjadi atlet yang terbaik di daerah hingga nasional. Ibu dan kakak perempuan saya ikut serta mengajari, melatih saya untuk memiliki attitude dan pendidikan yang baik, agar sebagai atlet yang terbaik juga harus diimbangi dengan pendidikan, rohani, sikap dan perilaku yang baik. Dari dukungan mereka semua saya membuktikan bahwa saya bisa menjadi juara dan pemenang selama ini. Menjadi kapten di tim basket, pemain terbaik (MVP) dan memilik badan atletis adalah bonus dari selama ini saya bekerja keras berlatih, dan memotivasi saya untuk tetap maju.
Di sisi lain yang menarik yaitu saya terinspirasi oleh artis favorit saya yaitu Sylvester Stallone dan Shah Rukh Khan. Dikenal menyukai Shah Rukh Khan dan film India, saya dipanggil oleh teman-teman saya Shah Rukh Khan sejak di bangku SMP hingga sekarang, karena ada kemiripan dengan Shah Rukh Khan kata mereka. Akibat sering dipanggil begitu saya sering menyanyikan lagu India dan joget ala India.

Apa kutipan pribadi Anda atau moto yang Anda jadikan motivasi hidup Anda?
Never Give Up Before The Final Bell” Jangan pernah menyerah sebelum bel terakhir. Arti dari kutipan atau motto tersebut memotivasi saya untuk selalu berusaha di setiap pertandingan, permainan maupun tantangan yang saya hadapi. Ketika di tengah pertandingan sudah kalah, tetap berusaha dan jangan patah semangat sebelum waktu pertandingan selesai. Akan tetapi jika di pertandingan atau tantangan pernah mengalami kegagalan, tetap selalu berlatih dan berusaha hingga meraih keberhasilan.

Ceritakan pengalaman paling lucu yang pernah Anda alami!
Pengalaman unik sewaktu masa kecil yang saya ingat sampai sekarang yaitu tersesat di kota saat pulang sekolah ketika masih TK. Saat itu sedang ada acara di luar sekolah dan kami pergi naik bus sekolah. Biasanya saya pergi dan pulang sekolah hanya jalan kaki karena sekolah dekat dari rumah saya, dan hanya jalanan dari rumah ke sekolah saja yang saya hafal pada masa TK. Jadi sepulang acara itu, masing-masing anak diantar ke rumahnya satu per satu dengan bus sekolah. Saya anak yang paling terakhir di bus, karena saya tidak tahu alamat rumah saya dan juga tidak tahu nama lengkap orang tua saya, yang saya hanya tahu hanya nama panggilan “Mama Papa”. Karena takut bertanya kepada supir, saya asal turun mengikuti salah satu teman saya. Pada saat itu saya bingung karena saya belum mengenal daerah tersebut. Kurang lebih 10 menit saya berjalan, bingung, dan menangis untuk mencari rumah saya. Ada bus sekolah lain yang menghampiri saya dan supir tersebut membawa saya ke pusat bus sekolah tersebut untuk menanyakan alamat, telepon rumah, dan nama orang tua saya. Saya menjawab tidak tahu sambil terus menangis. Lalu saya dibawa ke sekolah saya oleh supir tersebut dan bertemu dengan guru saya. Akhirnya diantarlah saya ke alamat rumah saya yang sudah diberi tahu oleh guru saya. Sesampainya di rumah Mama sudah panik dan bingung mencari saya yang belum pulang sekolah. Dari pengalaman tersebut saya menjadi belajar menghafal nama orang tua, alamat rumah, dan telepon rumah saya. Dan juga selalu bertanya sesuatu jika ada hal tidak diketahui oleh saya, seperti kata pepatah “malu bertanya, sesat dijalan”.

Bagaimana Anda melihat diri Anda sepuluh tahun dari sekarang?
Memiliki badan yang sehat dan ideal agar terlihat masih muda. Menginspirasi keluarga, kerabat dan banyak orang untuk melakukan pola hidup sehat. Memberi ilmu basket kepada junior-junior di klub, sekolah maupun kampus saya. Dan menjadi wirausaha yang memiliki usaha sendiri.

yuri2

Bila Anda harus memilih satu tahun yang paling berkesan dari semua tahun yang pernah Anda jalani dalam hidup Anda, tahun berapakah yang Anda pilih, dan mengapa?
Tahun 2014, tahun ini yang berkesan. Karena ditahun ini saya terpilihnya menjadi wakil Kalimantan Timur di L-Men of the Year 2014. Yang tidak saya sangka bisa lolos sejauh ini sekarang dari audisi L-Men Of The Year tahun 2013 yang saya ikuti pertama kali. L-Men sudah saya kenal sejak saya di bangku SMP dari melihat acara L-Men di TV, sempat menginspirasi saya ingin membentuk badan yang ideal dan bermimpi berada di panggung L-Men of the Year. Ini salah satu keinginan saya yang terpendam juga, menjadi entertaiment dan public figure.

Jelaskan apa makna kata “invincible” bagi Anda dalam lima buah kata saja!
Tidak terkalahkan dan tidak tersaingi.

Potensi terbesar apa yang Anda miliki yang menurut Anda dapat menjadi inspirasi bagi orang lain yang melihatnya?
Potensi semangat dan selalu berlatih atau berusaha menjadi yang terbaik di tim basket, di dalam lapangan maupun di luar lapangan.

Keterbukaan sosial media dapat membantu Anda untuk menyebarkan inspirasi, namun di sisi lain keterbukaan sosial media dapat mengganggu kehidupan pribadi Anda juga. Bagaimana Anda menyikapinya?
Menyikapinya dengan bijak, seperti menerima ocehan atau kritik dari orang lain agar bisa memperbaikin kepribadian saya, karena saya bukan manusia sempurna. Tidak meladenin orang yang tidak saya kenal (not my following) yang berniat merugikan saya pribadi, seperti meminta nomor kontak pribadi saya tanpa urusan penting.

yuri4

Ceritakan berapa besar pengaruh olahraga basket dan fitness dalam hidup Anda sehari hari!
Sangat berpengaruh sekali. Saya mengenal basket sejak saya berada dibangku Sekolah Dasar, dan mengikuti jejak kakak saya yang juga pemain basket di nasional maupun di tim pro. Di dalam basket telah membentuk kepribadian dan karakter saya selama ini, olahraga basket tidak hanya membentuk fisik dan stamina yang baik bagi tubuh kita, namun juga membentuk mental dan komunikasi yang baik. Olahraga basket juga menguras fisik, otak dan pikiran agar permainan dapat kita menangkan, sama halnya dalam dunia nyata kita bekerja keras untuk mencapai tujuan. Bagiamana caranya menyerang dan mempertahankan ring basket dengan baik, dalam dunia nyata cara saya meraih sukses dan mempertahankan kesuksesan itu. Bagaimana bekerja sama dengan rekan satu tim agar bisa kompak, dalam dunia nyata saya berusaha tidak bersikap egois dan selalu berkomunikasi dengan teman. Bagaimana menemukan kelebihan serta kekurangan tim lawan, dalam dunia nyata saya mencari ilmu mereka yang telah sukses serta mencari peluang meraih kesuksesan juga. Menang dan kalah biasa dalam pertandingan, dalam dunia nyata saya harus bisa menerima kekalahan dengan iklhas dan mencari hikmah dari sebuah kegagalan tersebut, dan saya mendapatkan kemenangan atau keberhasilan juga tetap bersyukur dan rendah hati. Dalam fitness juga kita belajar cara membentuk tubuh yang ideal dengan proses yang tidak instan, sama halnya meraih keberhasilan dengan sebuah proses tanpa dengan jalan pintas. Secara tidak langsung dalam bermain basket dapat mengajari dan membentuk kepribadian dan karakter saya di dalam lapangan maupun di luar lapangan hingga sekarang ini.

Apakah target Anda ke depannya? Bidang apakah yang ingin Anda geluti?
Lulus kuliah menjadi sarjana S1. Ingin menjadi wirausaha yang memiliki usaha sendiri. Contohnya memiliki klub basket, memiliki usaha gym, dan memiliki usaha kuliner yang menjual menu makanan pola hidup sehat. Dan ingin melanjutkan pendidikan S2.

Sebagai Grand Finalist L-Men of the Year, saran atau ide apakah yang dapat Anda berikan agar komunitas L-Men yang saat ini sudah tersebar di berbagai daerah bisa makin berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat?
Saya sebagai ketua komunitas L-Men Samarinda, akan menggerakan komunitas gaya hidup sehat ini lebih aktif, seperti mengadakan event olahraga basket, futsal, bela diri, badminton, dan lain-lain di kalangan remaja maupun orang tua. Karena salah satu menjalankan pola hidup sehat dengan berolahraga, dan diadakannya event tersebut akan memotivasi masyarakat menjalankan pola hidup sehat dan membentuk bibit potensi yang ada dari remaja di Samarinda maupun di daerah.

Siapakah tim favorit Anda di Piala Dunia 2014? Mengapa Anda menjagokan tim tersebut?
Italia, karena sejak dulu memiliki potensi pemain-pemain yang baik dan Italia terkenal sebagai kiblat bola di benua Eropa yang memiliki liga bola yang baik (Serie A), dimana di Serie A memilik gaya permainan bola dengan cermat, cepat dan keras. Berbeda dengan liga sepakbola di negara lain, Serie A terkenal gaya bola yang sangat keras dan fans yang fanatik. Jika pemain bola dari negara lain maupun dari italia pernah merumput di Serie A, maka jika pindah ke liga sepakbola di negara lain, rata-rata pemain tersebut akan menjadi bintang di tim tersebut (berdasarkan survei dari beberapa pengamat bola). Karena pemain memilik mental yang baik dari dia merumput di Serie A. Jika sebuah pemain memiliki mental yang baik, maka cepat berkembang dan beradaptasi permainan mereka di mana saja.
Karena itulah terbukti Italia pernah menyandang negara sepak bola terkuat di dunia dengan menjuarai beberapa ajang Piala Dunia maupun Piala Eropa. Semoga tahun ini di Piala Dunia 2014 Italia bisa kembali menjadi juara dunia.

yuri7

 

Terima kasih kepada Yuri dan pihak Nutrifood atas kesempatan untuk melakukan wawancara ini.

(aw)

Comments

comments