Interview dengan Grand Finalist L-Men of the Year 2014 Rico Ryano

Wawancara dengan Rico Ryano, wakil DI Yogyakarta di ajang L-Men of the Year 2014. Baca selengkapnya di bawah ini!

RICO

Biografi
– Nama Lengkap : Rico Ryano
– Tempat / Tanggal Lahir : Tulungagung, 3 September 1989
– Tinggi / Berat Badan : 176 cm / 67 kg
– Profesi : Junior Geologist, Model, Duta Bahasa, Duta Wisata dan Budaya
– Hobi : menulis, bermain musik (biola dan piano), berenang, bersepeda, lari
– Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Geologi
– Lagu Favorit : “Kung Fu Piano”
– Musisi Favorit : Piano Guys (Instrumental Group)
– Film Favorit : “Forest Gump”
– Aktor Favorit : Tom Hanks

– Prestasi :
Duta Bahasa Nasional 2013
Juara 1 Duta Bahasa DI Yogyakarta 2013
Mahasiswa Terbaik “Lapangan Geologi Bayat” Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
Beasiswa TOTAL E&P Indonesie (2002-2009)
Merit Award dari Ministry of Education Singapore (2005)
Juara 2 Lomba Musikalisasi Puisi Pelajar, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta berkerjasama Dewan Kebudayaan Kota (2007)
Jumbara Cabang XII PMR PMI Cabang Kota Yogyakarta (2007)
Juara 1 SMA Putra Lomba Baris Berbaris “Merah Putih” IX Purna Paskibraka Indonesia, Propinvi DIYogyakarta (2006)
Juara 1 SMA Putra Lomba Baris Berbaris “Merah Putih” IX Purna Paskibraka Indonesia, Kota Yogyakarta (2006)
Juara Harapan 2 Kelompok Musikalisasi Puisi (SMA Negeri 1 Yogyakarta) pada Lomba Musikalisasi Puisi bagi Siswa SLTA se-DIY oleh Balai Bahasa Yogyakarta (2006).
Keikutsertaan menulis Puisi dengan tema “Warisan Budaya dan Alam” pada Hari Puisi Sedunia, UNESCO (2005)
Juara 3 Lomba Menulis Puisi untuk Antologi Puisi Anak Indonesia, Yogyakarta dengan judul puisi “Tuna Wicara” (2002)
Pengisi acara “Trio Violin Zeta” pada Pekan Ilmiah Remaja Nasional (2009)
Top 6 Male Model dan The Most Photogenic Model Cafe Du Chocolat 2012

rico1

Ceritakan tentang siapa diri Anda dan apa yang menarik dari Anda!
Karakter kuat yang tidak mudah menyerah dan selalu semangat menjadikan saya pribadi yang menarik. Konsisten pada keyakinan yang dipegang dan terus memperjuangkannya, meskipun pada awalnya begitu banyak orang yang menyangsikan atau menyepelekan keyakinan tersebut namun saya tetap terus berjuang untuk membuktikan. Senang menekuni banyak hal baik di bidang akademik maupun non akademik namun tetap menempatkan semuanya pada proporsi yang seimbang tanpa ada yang harus dikalahkan karena yang diperlukan adalah manajemen pribadi.

Apa kutipan pribadi Anda atau moto yang Anda jadikan motivasi hidup Anda?
Aksi Nyata, Bukan Wacana.

Ceritakan pengalaman paling lucu yang pernah Anda alami!
Pengalaman paling lucu yang benar-benar pernah saya alami adalah ketika saya salah memperkenalkan nama saya ketika di panggung saat wisuda kelulusan SMA. Saat itu Trio Violin ZETA menampilkan pertunjukan perpisahan terakhir kami di SMA, kemudian sebelum mulai bermain seperti biasa kami memperkenalkan diri dan saya secara tidak sengaja entah karena apa, memperkenalkan nama saya “Danu”(nama salah seorang personil ZETA) dan serentak semua wali murid dan guru tertawa (itulah pertama kalinya saya melihat banyak orang tertawa karena saya).

Bagaimana Anda melihat diri Anda sepuluh tahun dari sekarang?
Saya menjadi seorang karyawan di suatu perusahaan ternama dengan posisi yang strategis dalam berkarir, menjadi pembicara sebagai motivator hidup sehat maupun yang berhubungan dengan komunitas/pengembangan kelompok masyarakat, dan juga menjadi pengusaha makanan sehat berkolaborasi dengan kakak saya yang seorang vegan, menggabungkan unsur budaya lokal, healthy lifestyle, dan green lifestyle sebagai daya tarik utama namun tetap mengikuti zaman (urban).

Rico2

Bila Anda harus memilih satu tahun yang paling berkesan dari semua tahun yang pernah Anda jalani dalam hidup Anda, tahun berapakah yang Anda pilih, dan mengapa?
Tahun 2013, karena di tahun itulah saya benar-benar belajar banyak hal yang semakin menguatkan karakter saya sebagai pribadi di lingkungan sosial. Bermula dari menjadi salah satu seorang inisiator dibentuknya komunitas L-Men Yogyakarta dengan harapan dapat mempertemukan teman-teman luar biasa hebat yang memiliki semangat untuk berbagi kepada banyak orang; berbagi ilmu, berbagi pengalaman, dan semoga bersama-sama dapat berbagi inspirasi kepada masyarakat. Dari LMenJogja ini kemudian bisa bertemu/mengenal orang-orang hebat di luar sana baik dari komunitas L-Men maupun komunitas HiLo Green dari kota-kota lain dan juga komunitas-komunitas anak muda lainnya yang bergerak atas rasa kepedulian bersama, saling bertukar ide dan pemikiran.
Dan di tahun 2013 juga saya berusaha ingin berkontribusi kepada bangsa dan negara saya dengan menjadi salah satu Duta Bahasa Nasional perwakilan dari DI Yogyakarta. Menunjukkan bahwa sebagai generasi muda kita harus selalu bangga terhadap bangsa kita sendiri, siapa yang disebut generasi muda yang akan memulai perubahan yang lebih baik bagi Indonesia? “Kita”-lah anak-anak muda itu. Jangan menunggu perubahan namun buatlah suatu perubahan dan bangun citra bangsa kita menjadi baik, lebih baik dan terbaik di mata dunia. Tidak ada yang tidak mungkin selama kita yakin, tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha. Bahkan dari hal terkecilpun bisa jadi itu adalah awal dari perubahan besar. Sebarkan semangat positif dimulai dari berpikir positif.

Jelaskan apa makna kata “invincible” bagi Anda dalam lima buah kata saja!
Tak terkalahkan bukan berarti menjatuhkan orang lain.

Potensi terbesar apa yang Anda miliki yang menurut Anda dapat menjadi inspirasi bagi orang lain yang melihatnya?
Potensi terbesar saya adalah kemampuan saya menyebarkan semangat sebagai energi positif dan keyakinan yang selalu saya pegang bahwa tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha serta keinginan saya untuk mempersatukan semua orang agar menjadi gerakan yang masif. Berani bicara maka harus berani mempertanggungjawabkan dan selama kita benar, berarti harus berani memperjuangkannya.

Keterbukaan sosial media dapat membantu Anda untuk menyebarkan inspirasi, namun di sisi lain keterbukaan sosial media dapat mengganggu kehidupan pribadi Anda juga. Bagaimana Anda menyikapinya?
Pengguna media sosial memang berhak bebas berekspresi, namun memang harus kembali lagi pada norma bersosial, dimana semua orang layak, berhak, dan berkewajiban untuk saling menghormati sehingga dapat menciptakan lingkungan sosial yang lebih harmonis. Tidak perlu terlalu berlebihan dalam menghadapi mereka yang dirasa mengganggu kehidupan pribadi, bisa jadi itu sebagai bentuk respon masyarakat yang memang peduli kepada kita agar selalu ingat untuk mengintropeksi diri sehingga menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

rico3

Apa tantangan terbesar saat Anda bersama teman-teman menjalankan Komunitas L-Men Yogyakarta?
Tantangan terbesar adalah menjaga komitmen dan konsistensi di dalam menjalani gaya hidup sehat dan juga sebagai bagian dari komunitas. Komunitas bukanlah media pencitraan positif bagi pribadi maupun kelompok di mata masyarakat. Namun memang harus siap menjadi role model sejati bagi lingkungan masyarakat yang ada di sekitarnya.
Dalam praktiknya, seringkali kami terkendala oleh kesibukan masing-masing (baik kuliah, kerja, keluarga, pasangan dan lain-lain), yang mengakibatkan sangat sulit untuk bisa berkumpul duduk di suatu forum bersama. Namun hal ini bukan berarti menjadikan kami kemudian renggang, selalu berkomunikasi itu kuncinya bahkan untuk anggota-anggota yang sudah ke luar kota seperti sudah ke Jakarta, Surabaya, Kalimantan, mereka tetap setia untuk menanyakan kabar. Secara moral kami sadar kami adalah anggota komunitas hidup sehat, sehingga dimanapun kami berada kami akan tetap berusaha menjaga komitmen tersebut dan berharap bisa menginspirasi orang-orang di sekitar kita untuk juga menjalani gaya hidup sehat.
“Aksi Nyata, Bukan Wacana”, itulah tanggungjawab yang harus dipegang baik untuk pribadi maupun komunitas.

Apakah target Anda ke depannya? Bidang apakah yang ingin Anda geluti?
Target saya adalah dalam kurun waktu lima tahun ke depan adalah saya sudah harus bekerja sebagai karyawan tetap di suatu perusahaan nasional atau internasional dengan posisi yang sudah mapan dan strategis, sudah mulai untuk memikirkan berkeluarga dan bertanggung jawab pada keluarga saya tersebut serta menjadi pengusaha dibidang kuliner sebagai investasi saya. Tepat di tahun kelima saya ingin melanjutkan studi S2 dan berharap bisa di luar negeri.

Sebagai Grand Finalist L-Men of the Year, saran atau ide apakah yang dapat Anda berikan agar komunitas L-Men yang saat ini sudah tersebar di berbagai daerah bisa makin berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat?
Saya ingin menyebarkan konsep yang saya buat bersama teman-teman seperjuangan di Jogja berkaitan dengan konsep membangun komunitas yang mengedepankan kekeluargaan. Kami membuat tagline “We are ONE family, not only a common community“, bukan hanya asal kalimat namun juga memang ada makna spirit yang terkandung didalamnya. Komunitas itu bisa berkembang, apabila masing-masing anggota dapat saling memahami, saling terbuka, saling mendukung, dan saling menjaga satu sama lain sehingga membentuk zona yang nyaman. Sebagai sebuah komunitas kami sadar tidak ada aturan organisasi yang mengikat secara hukum, semua bisa kapan saja keluar dari komunitas, namun ketika seseorang sudah nyaman dengan “keluarga (komunitas)” yang kami bangun bersama ini, maka istilah “Tidak ada yang namanya mantan anggota, karena tidak ada namanya mantan keluarga” memang bisa kami rasakan bersama ketika bergabung di komunitas L-Men.
Menjadi anggota komunitas L-Men harus siap untuk melakukan aksi nyata bukan sekadar wacana, karena inspirator sejati harus siap untuk melakukan aksi nyata langsung kepada masyarakat, karena inspirasi itu muncul sejati ketika masyarakat melihat tidak hanya membaca atau mendengar. Beraksi, berbagi inspirasi.

Rico4

 

Terima kasih kepada Rico dan pihak Nutrifood atas kesempatan untuk melakukan wawancara ini.

(aw)

Comments

comments