Interview dengan Grand Finalist L-Men of the Year 2014 Richard Liem

Wawancara dengan Richard Liem, wakil Banten di ajang L-Men of the Year 2014. Baca selengkapnya di bawah ini!

RICHARD

Biografi
– Nama Lengkap : Richard Liem
– Tempat / Tanggal Lahir : Tangerang, 9 Juli 1987
– Tinggi / Berat Badan : 180 cm / 75 kg
– Profesi : Mahasiswa
– Hobi : olahraga, traveling
– Pendidikan Terakhir : Pendidikan Profesi Dokter Hewan
– Lagu Favorit : “Almost is Never Enough”
– Musisi Favorit : Maroon 5
– Film Favorit : “Hunger Games”
– Aktor Favorit : Jason Statham

– Prestasi :
Juara 1 Kejuaraan Bola Voli Tingkat Provinsi Banten

Richard1

Ceritakan tentang siapa diri Anda dan apa yang menarik dari Anda!
Saya seseorang yang aktif dan selalu berpikir positif untuk hal yang lebih baik. Dari kecil saya memang dididik untuk hidup disiplin dan bahagia, tidak hanya tentang uang dan kekayaan, dan harus peduli terhadap sekitar. Sejak duduk di bangku SD saya memang senang berwiraswasta, dari usaha menjual makanan, baju, layang-layang dan lainnya. Semasa SMA saya menjabat sebagai ketua volley ball club, kemudian staff anggota pengurus Himpunan Pecinta Alam Tangerang (HIPACITA). Semasa menempuh study di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada, Saya menjadi Asisten dosen Departemen Patologi klinik (2tahun) dan Departemen farmakologi (2 tahun), selain itu saya juga aktif di BEM FKH UGM dengan menjadi staff Departement Minat dan Bakat (olahraga dan seni) selama 2 tahun, dan aktif dalam kepanitiaan.

Apa kutipan pribadi Anda atau moto yang Anda jadikan motivasi hidup Anda?
DREAM – WORK – PRAY – ACHIEVE
Kita harus selalu bermimpi, tapi mimpi tidak akan tercapai tanpa usaha dan doa. Usaha, kerja dan Doa adalah satu kesatuan yang harus berikatan untuk mencapai target atau gol.

Ceritakan pengalaman paling lucu yang pernah Anda alami!
Saya tidak pernah mengingat kejadian paling lucu dalam hidup saya, setiap harinya saya selalu berada di lingkungan orang orang yang penuh dengan canda tawa, terlalu banyak hal lucu dalam hidup saya, sebab saya selalu berpikir positif dan menjalani hidup ini dengan simpel dan bahagia.

Bagaimana Anda melihat diri Anda sepuluh tahun dari sekarang?
Apa yang saya lakukan sekarang akan merefleksikan saya 10 tahun ke depan, aktivitas saya yang padat setiap harinya akan menjadikan saya orang yang tidak malas dan bahagia nantinya. Saya akan terus menjadi orang yang penuh dengan perjuangan untuk kebahagiaan saya sendiri dan lingkungan sekitar dengan tetap menjadi inspirator hidup sehat.

Richard4

Bila Anda harus memilih satu tahun yang paling berkesan dari semua tahun yang pernah Anda jalani dalam hidup Anda, tahun berapakah yang Anda pilih, dan mengapa?
Tahun 2000. Hidup memang penuh liku liku, tapi memang itu kenyataan yang saya dan keluarga alami, di saat Papa sedang memulai usaha besar dan cita-citanya di bidang peternakan (ikan gurame dan ayam petelur) tapi Tuhan berkehendak lain, usahanya setelah sekian tahun berjalan harus kandas dan kami pun bangkrut, mobil dan lahan harus dijual. Hidup saya sekeluarga pun dimulai lagi dari bawah, makan pun seadanya. Saya dan adik saya yang masih duduk di bangku SD pada waktu itu mendapatkan rejeki beasiswa pendidikan selama setahun dari Organisasi Keagamaan ditempat kami biasa beribadah. Tahun 2000 ini akan selalu berkesan bagi keluarga bahwa semua ini adalah titipan Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada yang kekal di dunia ini, dan akan selalu kami ingat agar selalu semangat dan berjuang dalam hidup, cinta kasih orangtua kepada anak-anaknya tidak akan pernah hilang dan akan terus selalu menjadi acuan dan panutan hidup saya dan saudara-saudara saya.

Jelaskan apa makna kata “invincible” bagi Anda dalam lima buah kata saja!
Pintar, berani, semangat, pemberani, pantang menyerah.

Potensi terbesar apa yang Anda miliki yang menurut Anda dapat menjadi inspirasi bagi orang lain yang melihatnya?
Smart, humble, positive thinker, struggle, loveable.

Keterbukaan sosial media dapat membantu Anda untuk menyebarkan inspirasi, namun di sisi lain keterbukaan sosial media dapat mengganggu kehidupan pribadi Anda juga. Bagaimana Anda menyikapinya?
“Perbanyaklah perbuatan baik, jauhkan diri dari perbuatan/pikiran jahat, sucikan hati dan pikiran”. Hal inilah yang saya jadikan acuan untuk berbagi kepada sesama, selama itu niat baik kita untuk menginspirasi orang banyak agar lebih baik, tidak perlu memikirkan hal-hal negatif atau efek samping lainnya, hanya fokus pada tujuan yaitu menginspirasi masyarakat Indonesia.

Richard6

Anda pernah memenangkan karya ilmiah dan memperoleh beasiswa pendidikam, bisakah Anda menceritakannya dengan lengkap?
Saya pernah memenangkan karya ilmiah Program Kreativitas Mahasiswa oleh DIKTI mengenai Diabetes Melitus dengan team yang terdiri dari 2 Mahasiswa Kedokteran Hewan dan 2 Mahasiswa Kedokteran Umum serta memperoleh Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA UGM) 2007 dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) Universitas Gadjah Mada 2008.

Sebagai dokter hewan, apakah yang ingin Anda sampaikan kepada masyarakat Indonesia tentang hobi memelihara hewan secara positif?
Tuhan menciptakan manusia hidup bersama dengan hewan, menjaga keseimbangan hidup harus kita jaga, jika berbicara tentang hewan, memang terlalu kompleks dan luas. Kita sebagai manusia dengan akal dan pola pikir yang lebih daripada mahluk hidup lainnya harus pintar-pintar dalam menentukan pola pikir, mana hewan untuk konsumsi, mana hewan peliharaan, mana hewan pembantu, mana hewan liar, mana hewan laboratorium/penelitian. Itu semua berkaitan dengan kesejahteraan hewan tersebut.
Mengenai hewan peliharaan, banyak hal positif yang akan kita ambil, misalnya untuk anak-anak, memelihara hewan akan mengajarkan kedisiplinan, kepedulian terhadap hewan, dan otomatis si anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik. Penyaluran hobi memelihara hewan juga dapat mengurangi tingkat stress kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selama kita dapat menjaga kesehatan dan kebersihan kita sendiri dan si hewan, tidak akan ada efek negatif yang muncul dari memelihara hewan kesayangan.

Sebagai Grand Finalist L-Men of the Year, saran atau ide apakah yang dapat Anda berikan agar komunitas L-Men yang saat ini sudah tersebar di berbagai daerah bisa makin berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat?
Komunitas L-Men yang sudah tersebar ditiap-tiap kota sudah banyak melakukan kegiatan baik yang rutin maupun yang tidak rutin, semua kegiatan yang dilakukan bervariasi dari kegiatan olahraga sampai kegiatan kemasyarakatan. Saran untuk improvisasi ke arah yang lebih maju adalah lebih disebarkan luas lagi mengenai publikasi kegiatan dan sosialisasi tujuan dari komunitas L-Men ini seperti pemasangan baliho, pamflet, penyebaran melalui media sosial, terjuan langsung di lapangan dan lain-lain.

Siapakah tim favorit Anda di Piala Dunia 2014? Mengapa Anda menjagokan tim tersebut?
Inggris, sudah dari kecil saya menyukai Inggris, mengenai budaya, tradisi, misi dan visi negara, dan juga pastinya team sepakbolanya.

Richard8

 

Terima kasih kepada Richard dan pihak Nutrifood atas kesempatan untuk melakukan wawancara ini.

(aw)

Comments

comments