Interview dengan Grand Finalist L-Men of the Year 2014 Kevin Hendrawan

Wawancara dengan Kevin Hendrawan, wakil Bali 1 di ajang L-Men of the Year 2014. Baca selengkapnya di bawah ini!

KEVIN

Biografi
– Nama Lengkap : Yohanes Kevin Hendrawan
– Tempat / Tanggal Lahir : Purwokerto, 21 Juni 1992
– Tinggi / Berat Badan : 176 cm / 64 kg
– Profesi : Mahasiswa, Pengusaha
– Hobi : berenang, wingchun, membaca
– Pendidikan Terakhir : SMU
– Lagu Favorit : “You Raised Me Up” (Josh Groban)
– Musisi Favorit : Agnes Monica
– Film Favorit : “The Amazing Spiderman”
– Aktor Favorit : Joe Taslim

– Prestasi :
Juara 3 Lomba MIPA se-Banyumas
Juara 3 Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMU Sekabupaten
Anggota Tim Olimpiade Fisika SMP
Peringkat 4 untuk nomor 50 meter gaya punggung di Indonesia tahun 2004
Juara 3 Kejuaraan Renang Invitational antar Perkumpulan se-Indonesia tahun 2007
Wakil Bali di ajang National University English Debating Championship tahun 2011

kevin1

Ceritakan tentang siapa diri Anda dan apa yang menarik dari Anda!
Saya adalah seorang sulung dari tiga bersaudara, yang sejak kecil di didik keras oleh orang tua saya, dari kecil saya sudah ditanamkan untuk belajar dan disiplin keras. Maka dari itulah saya tumbuh menjadi anak yang disiplin, tekun dan memiliki kemauan belajar yang tinggi. Bagi saya, belajar adalah proses menuju kedewasaan/menjadikan diri kita semakin dewasa dan professional. Yang menarik dari saya adalah karena saya memiliki kemauan belajar yang tinggi, sehingga saya kritis dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi akan banyak hal, dan senang mencoba hal hal baru dalam hidup.

Apa kutipan pribadi Anda atau moto yang Anda jadikan motivasi hidup Anda?
Jadikanlah hidupmu lebih bermakna dengan menjadi sukses,sehingga kesuksesan itu bisa dijadikan panutan bagi orang banyak untuk juga menjadi sukses.

Ceritakan pengalaman paling lucu yang pernah Anda alami!
Cerita lucu yang saya pernah alami adalah di tahun 2002 ketika saya pertama kali mengikuti lomba renang, saya belum bisa melakukan lompatan start, sehingga yang saya lakukan adalah melompat seperti katak dan menyebabkan banyak orang yang menertawakan saya. Itu sungguh-sungguh menjadi momen yang sangat lucu … ha ha ha.

Bagaimana Anda melihat diri Anda sepuluh tahun dari sekarang?
Sepuluh tahun dari sekarang, umur saya adalah 32 tahun, dimana di usia itu saya akan telah menjadi seseorang yang sukses baik secara finansial maupun non-finansial. Saya akan semakin fokus untuk menginspirasi masyarakat untuk semakin sehat dan semakin memandang positif sebuah kehidupan.

Kevin2

Bila Anda harus memilih satu tahun yang paling berkesan dari semua tahun yang pernah Anda jalani dalam hidup Anda, tahun berapakah yang Anda pilih, dan mengapa?
Tahun 2014 dimana saya dipilih dan diberikan kesempatan luar biasa untuk membagikan apa yang saya miliki untuk dijadikan inspirasi masyarakat, yaitu sebagai bagian dari L-Men of the Year 2014.

Jelaskan apa makna kata “invincible” bagi Anda dalam lima buah kata saja!
Sukses dalam berbagai aspek kehidupan.

Potensi terbesar apa yang Anda miliki yang menurut Anda dapat menjadi inspirasi bagi orang lain yang melihatnya?
Potensi terbesar saya adalah kemauan saya untuk belajar dan kemampuan saya untuk memanajemen waktu yang saya tunjukkan dengan menjadi atlet, tim Olimpiade Fisika dan cerdas cermat sejak kecil. Dan mengatur waktu antara bisnis dan kuliah serta debat bahasa inggris sekaligus di waktu yang bersamaan. Sehingga orang lain terutama generasi muda bisa melihat bahwa apabila kita memanfaatkan waktu dengan baik dan efektif, maka kita bisa mempelajari banyak hal dan menjadi bertumbuh lebih dewasa dan siap menghadapi masa depan.

Keterbukaan sosial media dapat membantu Anda untuk menyebarkan inspirasi, namun di sisi lain keterbukaan sosial media dapat mengganggu kehidupan pribadi Anda juga. Bagaimana Anda menyikapinya?
Sebagai seorang inspirator di jaman sekarang ini, fungsi sosial media memang tidak bisa dihindarkan lagi, namun segala sesuatu selalu memiliki dua sisi, sisi baik dan buruk, yang harus kita lakukan adalah berhati-hati dalam bertutur kata, dan gunakanlah social media untuk menyebarkan inspirasi positif saja. Memang tidak semua orang akan suka kepada kita, tetapi yang harus kita lakukan adalah berjuang terus dan tetap menginspirasi positif agar lebih banyak lagi orang-orang yang terinspirasi dan mulai berkarya demi kemajuan bangsa.

Kevin4

Dapatkah Anda menceritakan sedikit tentang konsep desa wisata yang sedang Anda kembangkan?
Desa wisata yang saya sedangkan kembangkan terletak di daerah Tabanan, dimana desa ini memiliki tata letak pedesaan yang sangat berpotensi untuk dikembangkan, namun masyarakat sekitar masih pasif dalam menggali potensi tersebut. Yang saya dan tim saya lakukan adalah dengan memberikan inspirasi kepada masyarakat agar mereka dapat menggali potensi yang mereka miliki, dan kami bantu dalam hal pelaksanaan, pelatihan hingga ke promosi sehingga desa tersebut siap untuk menjual produknya. Saat ini kami menginisiasi program pembuatan selai pepaya yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas daerah tersebut, dan juga melaksanakan berbagai pelatihan proses penerimaan tamu yang mayoritas berasal dari Eropa dengan standar standar pondok wisata yang telah kami tentukan. hingga saat ini program pengembangan desa ini hampir mencapai tahap final dan dalam waktu dekat ini program akan mencapai puncak penutupannya.

Apakah target ke depan Anda jika kelak terjun ke dunia pariwisata ?
Saya ingin memajukan pariwisata Indonesia sehingga bisa menjadi destinasi wisatawan dunia yang paling populer.

Sebagai Grand Finalist L-Men of the Year, saran atau ide apakah yang dapat Anda berikan agar komunitas L-Men yang saat ini sudah tersebar di berbagai daerah bisa makin berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat?
Pertama ketika kita berbicara komunitas, adalah sekelompok individu yang memiliki ketertarikan yang sama dalam suatu hal, dan berniat untuk mengembangkan ketertarikan tersebut agar semakin berkembang. Dan cara mengembangkan komunitas itu sangat mudah, caranya hanya satu, lakukan kegiatan agar banyak orang yang mengenal bahwa suatu komunitas tersebut eksis, karena semakin dikenal suatu komunitas, tentunya akan menggugah orang-orang dengan ketertarikan yang sama untuk bergabung, dan kemudian bisa menarik orang-orang lain untuk mengikuti kita. Dihubungkan dengan komunitas L-Men, tentunya kita harus aktif dalam melakukan aksi, sehingga semakin banyak orang yang mengetahui akan adanya komunitas L-Men ini, dan bisa menginspirasi masyarakat melalui aksi-aksi positifnya, agar semakin banyak yang bergabung.

Kevin6

 

Terima kasih kepada Kevin dan pihak Nutrifood atas kesempatan untuk melakukan wawancara ini.

(aw)

Comments

comments