Interview dengan Grand Finalist L-Men of the Year 2014 Firman Setiadhi

Wawancara dengan Firman Setiadhi, wakil Sulawesi Selatan di ajang L-Men of the Year 2014. Baca selengkapnya di bawah ini!

FIRMAN

Biografi
– Nama Lengkap : Firman Setiadhi
– Tempat / Tanggal Lahir : Jayapura, 27 Juni 1989
– Tinggi / Berat Badan : 178 cm / 67 kg
– Hobi : olahraga, membaca
– Pendidikan Terakhir : S1 Hukum
– Lagu Favorit : “Time of My Life” (David Cook)
– Musisi Favorit : Chrisye
– Aktor Favorit : Tom Cruise

– Prestasi :
Anggota Paskibra Provinsi Papua
Juara 3 Coverboy Majalah Panakukang
Juara 2 Model Trans Autovaganza
Juara 2 INEZ Icon
Penghargaan saat studi banding hukum dengan Singapura dan Malaysia

firman1

Ceritakan tentang siapa diri Anda dan apa yang menarik dari Anda!
Sebagai calon pengacara muda saya harus bisa bekerja secara baik, karena dalam setiap kondisi saya akan dihadapkan dengan berbagai macam kasus yang saya harus tangani. Untuk itu ada beberapa aspek kehidupan yang saya selalu junjung yaitu saya harus bisa bekerja secara tim, mudah bergaul, dan saya harus bekerja keras untuk memberikan yang terbaik untuk diri sendiri dan orang lain tentunya.

Apa kutipan pribadi Anda atau moto yang Anda jadikan motivasi hidup Anda?
“Buatlah yang terbaik untuk dirimu sendiri dan untuk sekitarmu”.

Ceritakan pengalaman paling lucu yang pernah Anda alami!
Kalau mengingat peristiwa ini saya sebenarnya agak malu juga karena saya pernah diminta untuk membeli minyak tanah untuk keperluan sehari-hari. Saat perjalanan ke toko untuk membeli minyak tanah saya dikejar dengan anjing tetangga yang terkenal super cepat larinya. Singkat cerita meski dengan keadaan menangis kesakitan karena gigitan anjing tetapi saya harus menyelesaikan tugas membeli minyak tanah. Akhirnya minyak tanah pun berhasil didapat meski ada bonusnya juga yaitu mendapat tambahan gigitan anjing pula.

Bagaimana Anda melihat diri Anda sepuluh tahun dari sekarang?
Saya akan menjadi seseorang yang handal dalam bidang yang saya tekuni, menjadi seorang advokat dan seorang entertainer yang menjadi panutan karena prestasi saya dalam dua profesi tersebut.

Firman2

Bila Anda harus memilih satu tahun yang paling berkesan dari semua tahun yang pernah Anda jalani dalam hidup Anda, tahun berapakah yang Anda pilih, dan mengapa?
Tahun 2005, karena sebagai pemuda/generasi penerus bangsa, saya mempunyai kewajiban untuk mencintai tanah air dan mewujudkan cita-cita bangsa ini. Oleh karena itu saya harus menunjukkan rasa nasionalisme saya, salah satunya dengan cara menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Provinsi Papua pada waktu itu.

Jelaskan apa makna kata “invincible” bagi Anda dalam lima buah kata saja!
Inilah waktunya untuk menjadi pemenang.

Potensi terbesar apa yang Anda miliki yang menurut Anda dapat menjadi inspirasi bagi orang lain yang melihatnya?
Lebih bijak dalam menangani sesuatu, karena seseorang yang dianggap sebagai inspirator adalah orang yang tidak boleh menghakimi orang lain, tetapi kita lebih bijak untuk mendengarkan keluh kesah mereka saya. Saya yakin Anda akan menjadi senang ketika pikiran bijak Anda menghasilkan kesuksesan bagi diri mereka.

Keterbukaan sosial media dapat membantu Anda untuk menyebarkan inspirasi, namun di sisi lain keterbukaan sosial media dapat mengganggu kehidupan pribadi Anda juga. Bagaimana Anda menyikapinya?
Jangan dibawa stress, karena bagi saya ketika berbagai teknologi sudah diciptakan berarti kita lebih dipermudah untuk melakukan berbagai pekerjaan seperti menginspirasi. Sebagai seorang inspirator hidup sehat berarti kita harus mempunyai pikiran sehat juga dan kita bisa lebih tenang ketika nantinya masalah itu akan datang.

Firman3

Dalam profil Anda, tertulis bahwa Anda mempunyai pengalaman buruk akibat dampak buruk merokok. Bisakah Anda menceritakan pengalaman tersebut?
Almarhum kakek saya meninggal karena akibat dampak buruk rokok. Sebelum meninggal beliau telah mencoba berhenti merokok, tetapi usaha almarhum seeprtinya terlambat karena beliau terlanjur divonis menderita gagal jantung dan sakit paru-paru yang akut akibat kebiasaan lamanya tersebut. Dari sanalah saya mulai mengkampanyekan anti rokok secara konsisten, karena saya telah melihat sendiri akibat buruk dari merokok.

Hal positif apa yang Anda dapat dari aktivitas membuat kompetisi basket, bela diri, dan menjadi ketua umum club mobil?
Hal positif yang saya dapat dari kompetisi basket adalah seseorang tidak bisa berdiri sendiri dan saling membutuhkan satu sama lain, sebagaimana kita diciptakan. Basket mengajarkan kita untuk bekerja secara tim dan mengutamakan kekompakan tim sehingga setiap kemenangan yang didapat adalah kemenangan bersama.
Melalui ilmu bela diri bushido saya belajar untuk selalu bisa mempertahankan diri saya di setiap kondisi. Hal itu membentuk pribadi saya agar selalu siap untuk berkompetisi menghadapi setiap tantangan yang ada.
Sedangkan menjadi ketua umum sebuah organisasi berarti saya harus belajar menjadi pemimpin yang bijak, untuk selalu mendengarkan keluh kesah dari setiap anggota saya tentunya. Komunikasi bagi saya adalah hal yang penting, karena jika kita bijak dalam mendengarkan setiap anggota kita, saya yakin maka mereka akan bersedia melakukan apa saja untuk kita nantinya.

Sebagai Grand Finalist L-Men of the Year, saran atau ide apakah yang dapat Anda berikan agar komunitas L-Men yang saat ini sudah tersebar di berbagai daerah bisa makin berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat?
Sebelum deklarasi adanya komunitas L-Men saya yakin bahwa suatu ketika komunitas ini akan besar karena komunitas ini bermanfaat bagi orang banyak, khususnya Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Oleh karena itu saran saya komunitas yang sudah besar ini sangat disayangkan bila sampai berhenti di tengah jalan karena tidak adanya program kerja Tahunan yang jelas untuk setiap chapter-chapter yang sudah ada. Apabila kita memilih menjadi satu komunitas yaitu L-MEN INDONESIA dan mempunyai ketua umum dan memikirkan program kerja tahunan yang jelas dan didistribusikan untuk setiap chapter, saya rasa komunitas ini akan selalu menjadi nomor satu nantinya.

Siapakah tim favorit Anda di Piala Dunia 2014? Mengapa Anda menjagokan tim tersebut?
Saya menjagokan Italia karena mempunyai kekuatan yang solid hasil kekompakan setiap pemainnya. Walaupun mereka selalu berseteru di liga domestik namun ketika sudah membela negara, mereka tanggalkan setiap permasalahan dari klub masing-masing dan fokus untuk berjuang membawa Italia menjadi nomor satu. Walupun tim ini tidak diunggulkan saat ini, Italia selalu menjadi kuda hitam di setiap event Piala Dunia.

Firman17

Terima kasih kepada Firman dan pihak Nutrifood atas kesempatan untuk melakukan wawancara ini.

(aw)

Comments

comments