Interview dengan Grand Finalist L-Men of the Year 2014 Christian Ade

Wawancara dengan Christian Ade, wakil Jawa Tengah di ajang L-Men of the Year 2014. Baca selengkapnya di bawah ini!

CHRISTIAN

Biografi
– Nama Lengkap : Christian Ade
– Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta, 29 Agustus 1989
– Tinggi / Berat Badan : 175 cm / 67 kg
– Profesi : Dokter Umum
– Hobi : fitness, futsal, bermusik
– Pendidikan Terakhir : Pendidikan Profesi Kedokteran
– Lagu Favorit : “You’re My All in All”
– Musisi Favorit : Michael Jackson, Dionne Warwick, The Beatles
– Film Favorit : “Captain America”, “News”
– Aktor Favorit : Chris Evans

– Prestasi :
Juara 1 Yamaha Electone Festival Jakarta 1999
Juara 1 Yamaha Electone Festival Jakarta 2001
Golden Awards for Musical Theory YPM Jakarta 2001-2006
Juara 3 National Barongsai Competition Gor Bulungan Jakarta 2001
Juara 3 SMAK 5 Futsal Cup DKI Jakarta 2004
Juara 2 SMAK 7 Futsal Cup DKI JAKARTA 2007
Juara 1 FK UNDIP Table Tennis Competition 2009
Juara 2 FK UNDIP Futsal Competition 2008
Juara 2 FK UNDIP Futsal Competition 2009
Juara 2 FK UNDIP Futsal Competition 2010

Christian3

Ceritakan tentang siapa diri Anda dan apa yang menarik dari Anda!
Saya adalah seorang dokter yang selalu mengedepankan aspek edukasi pola hidup sehat kepada setiap pasien saya. Menjadi seorang dokter dengan kesibukan yang sangat padat namun dapat tetap menjaga pola hidup sehat dalam keseharian adalah salah satu modal saya untuk menginspirasi.

Apa kutipan pribadi Anda atau moto yang Anda jadikan motivasi hidup Anda?
“Lakukan segala sesuatunya seperti untuk Tuhan bukan untuk manusia.” – Kolose 3:23

Ceritakan pengalaman paling lucu yang pernah Anda alami!
Saat hari Raya Lebaran tahun 2013, saya sedang tugas jaga di UGD RSUD Kartini Jepara dan mendapatkan seorang pasien ibu-ibu tua yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Pasien datang dengan kepala berdarah dan kaki yang bengkok. Saya dan rekan dokter saya ingin melakukan traksi pada kaki pasien tersebut untuk mereposisi tulangnya. Saat akan ditarik, pasien berteriak dan berkata kalau kakinya memang begitu sejak lama karena sangkal putung (semacam terapi tradisional). Saya dan teman saya tertawa dan tidak dapat melupakan pengalaman menarik tersebut.

Bagaimana Anda melihat diri Anda sepuluh tahun dari sekarang?
10 tahun yang akan datang saya adalah seorang dokter spesialis kandungan, pembicara dan motivator hidup sehat, serta menjalankan sebuah yayasan perduli HIV AIDS untuk masyarakat secara khusus provinsi Papua.

Christian4

Bila Anda harus memilih satu tahun yang paling berkesan dari semua tahun yang pernah Anda jalani dalam hidup Anda, tahun berapakah yang Anda pilih, dan mengapa?
Tahun 2014. Karena di tahun 2014 ini saya memiliki suatu kesempatan besar untuk mengembangkan diri, untuk menjadi dampak yang lebih besar kepada bangsa ini terutama dalam bidang kesehatan selaku profesi saya sebagai dokter yang bergerak di bidang kesehatan, lewat L-Men of the Year.

Jelaskan apa makna kata “invincible” bagi Anda dalam lima buah kata saja!
Selalu bangkit walaupun jatuh berkali-kali

Potensi terbesar apa yang Anda miliki yang menurut Anda dapat menjadi inspirasi bagi orang lain yang melihatnya?
Keseharian saya sebagai tenaga kesehatan yang terjun langsung di lapangan kesehatan, memahami permasalahan kesehatan dan komitmen serta integritas saya untuk selalu hidup sehat.

Keterbukaan sosial media dapat membantu Anda untuk menyebarkan inspirasi, namun di sisi lain keterbukaan sosial media dapat mengganggu kehidupan pribadi Anda juga. Bagaimana Anda menyikapinya?
Saya selalu menganggap positif setiap kritik yang ada terutama yang terbanyak lewat sosial media. Saya belajar membiasakan diri sebagai seorang calon public figure yang tentunya mendapat sorotan lebih. Namun dalam hal ini saya hanya ingin menjadi diri saya sendiri. Saya tidak pernah down hanya karena sekedar sosial media. Yang penting saya bisa berbagi dan menginspirasi banyak orang salah satunya lewat sosial media.

Christian9

Anda menguasai berbagai alat musik seperti electone, piano, drum, cello, gitar klasik, bass, apa yang membuat Anda menyukai musik dan karya musik apa yang sudah Anda hasilkan?
Melalui musik, saya melihat apa yang saya lakukan adalah suatu anugerah dan talenta dari Tuhan. Saya memanfaatkannya untuk melayani Tuhan lewat pelayanan musik di gereja baik sebagai pemain musik ataupun arranger dan music director. Saya memiliki beberapa karya lagu ciptaaan yang pernah saya kirimkan ke suatu sekolah music di singapura untuk pendidikan S1 Musik dan saya berhasil melompati 2 semester karena karya musik saya itu. Namun jalan Tuhan berkata lain, saya menjadi seorang dokter namun saya tidak dapat meninggalkan musik yang merupakan talenta dari Tuhan.

Dengan segudang aktivitas yang ada, Anda tetap bisa membagi waktu, apa resepnya?
Yang terpenting adalah menjaga kondisi tubuh dengan pola hidup sehat. Dengan tubuh yang sehat, sepadat–padatnya aktifitas kita akan selalu bergairah dan optimal dalam melakukan aktifitas kita sehari–hari. Saya selalu memiliki plan apa saja yang akan saya lakukan paling tidak satu minggu ke depan. Jadi hidup saya terjadwal dan tidak pernah merasa terganggu masalah waktu.

Sebagai Grand Finalist L-Men of the Year, saran atau ide apakah yang dapat Anda berikan agar komunitas L-Men yang saat ini sudah tersebar di berbagai daerah bisa makin berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat?
Terus bergerak, aktif, munculkan ide–ide baru yang inovatif dan tentunya berdampak kepada masyarakat tidak hanya sekedar menunjukkan eksistensi semata. Miliki suatu kekhasan pada komunitas, kemudian lakukan dengan sukacita dan anggaplah komunitas sebagai wadah mengembangkan diri, bersosialisasi dan keluarga kedua.

Siapakah tim favorit Anda di Piala Dunia 2014? Mengapa Anda menjagokan tim tersebut?
Inggris tentunya. Karena saya penggemar Manchester United dan tentunya Liga Inggris.

Christian10

 

Terima kasih kepada Christian dan pihak Nutrifood atas kesempatan untuk melakukan wawancara ini.

(aw)

Comments

comments