Indonesia “The Power House Of National Costume”

cymera_20161118_231003

Dalam dua hari Indonesia mencatatkan sejarah sebagai negara yang meraih dua penghargaan sebagai pemenang Best National Costume di dua ajang kecantikan yang berbeda. Hari Kamis penghargaan best national costume datang dari Annisa Meidina perwakilan Indonesia di Miss Asia Pasific International 2016 yang berlangsung di Filipina.

Membawa tema “Eksotika Jalak Bali” karya designer asal Bali Agung Rahma Putra. Berhasil mengalahkan Thailand diposisi 1st runner up dan Filipina di 2nd runner up.

Eksotika Jalak Bali mengisahkan mengenai Indonesia memiliki pulau yang sangat indah yaitu Bali. Bali dikenal sebagai Pulau Dewata yang kaya akan ragam budaya dan seni. Alamnya yang ramah memiliki pesona eksotika selalu membius wisatawan yang akan berkunjung ke Bali.

Jalak Bali adalah salah satu fauna yang ada di Bali. Kecantikan dan kelincahannya dapat mencuri hati setiap orang yang akan melihatnya. Selain itu, warna bulu dari Jalak Bali sarat akan makna, yaitu warna putih sebagai simbol kemurnian, kesucian, ketulusan, dan warna biru sebagai simbol kewibawaan, kebijaksanaan dan keagungan.

Oleh karna itu, kostum ini didesign dengan pesan “dimana ada kemurnian pikiran, kesucian hati, dan ketulusan jiwa akan tumbuh rasa kebijaksanaan dan kewibawaan dalam keagungan Kecantikan Semesta”.

Dan yang terbaru datang malam ini, Jumat (18/11) dari Valerie Krasnadewi yang berlaga di Miss Tourism Metropolitan International 2016 di Kamboja. Meski belum berhasil masuk dalam jajaran top finalis, Valerie berhasil meraih Best National Costume “Walu Nateng Dirah” karya designer asal Bali Inggi Kendran.

Walu Nateng Dirah adalah sebutan calonarang, yang bermakna janda dari dirah, yang merupakan salah satu bagian kerajaan kediri sekitar abad 14 di masa pemerintahan raja erlangga.

Calonarang adalah penekun ajaran ilmu hitam yang menyebarkan wabah penyakit di kerajaan tersebut untuk membalas rasa sakit hatinya kepada rakyat kediri pada saat itu karena tak ada satupun yang berani mempersunting anaknya yang cantik jelita ratna manggali karena alasan ilmu hitam. Kostum ini memperlihatkan bagaimana rasa sakit hati seorang wanita akan mendatangkan musibah bagi lingkungan sekitarnya.

Jika Annisa Meidina masih berlaga di Miss Asia Pasific International 2016, Valerie Krasnadewi di Miss Tourism Metropolitan Internatioanl 2016 sudah berakhir malam ini, dengan hasil Amanda Charleen (Thailand) winner Miss Tourism Metropolitan 2016, 1st runner up Philippines, 2nd runner up Cambodia, 3rd runner up Costa Rica dan 4th runner up China.

Tidak salah rasanya mulai sekarang Indonesia mendapatkan gelar terbaru sebagai The Power House Of National Costume, negara yang banyak memiliki kekayaan dan keanekaragaman budaya, sehingga banyak bermunculan designer muda khususnya di bidang National Costume, dalam membuatkan rancangan National Costume untuk para beauty dan male pageants Indonesia.

Namun kedepannya selain dikenal sebagai kekuatan di National Costume, Indonesia dengan delegasi di ajang kecantikan dunia, patut memperkuat posisi yang lainnya yaitu masuk dalam jajaran top finalis atau juara.

(is)