Menyambut Hari Kartini, Dua Alumni Beauty Pageants Adu Akting di film Surat Cinta Untuk Kartini

surat-cinta-untuk-kartini-1

Setiap tanggal 21 April semua wanita Indonesia dari berbagai daerah dan luar negeri, merayakan hari Kartini, pejuang wanita yang memperjuangkan kesetaraan dan hak-hak wanita.

Perjuangan Kartini kembali hadir dilayar lebar dengan judul Surat Cinta Untuk Kartini, mengisahkan sosok RA.Kartini (Rania Putri Sari) wanita dari tanah Jawa yang ingin mengabdikan dirinya untuk kemajuan para wanita dengan membuat sekolah Bumiputera.

Kartini dalam perjuangannya dibantu Sarwadi (Chicco Jericho) seorang tukang pos yang baru saja pindah dari Semarang, mempunyai seorang puteri berusia enam tahun bernama Ningrum (Christabelle Marbun) dan menjadi murid Kartini bersama dengan anak-anak kecil didaerah Jepara.

Dalam pelajaran memberikan ilmunya Kartini banyak menghadapi cobaan dari rakyat yang menganggapnya wanita aneh karena ingin mendobrak tradisi, yang mana wanita pada zaman tersebut seharusnya menikah, hamil dan mengurus rumah. Kartini tidak menyerah ia memberikan ilmu selain belajar, ia juga mengajarkan wanita-wanita jawa membatik dengan dibantu Yuk (Ayu Diah Pasha).

Bersama sahabatnya Mujur (Ence Bagus) Sarwadi terus mengirimkan Surat yang ditujukan untuk Kartini wanita yang ia kagumi sekaligus diam-diam ia cintai, hingga suatu saat ia mendengar kabar kalau Kartini akan menikah dengan seorang Bupati Rembang yang memiliki 3 orang isteri.

Hatinya hancur ia takut Kartini tidak bisa mengapai mimpinya dan sementara itu dilain pihak seorang wanita (Melayu Nicole Hall) dilema dengan pekerjaannya.

Dalam press screening hari senin (11/4) di XXI Epicentrum turut hadir para pemain Chicco Jericho, Rania Putri Sari, Ence Bagus, Acha Septriasa, Melayu Nicole Hall, Christabelle Marbun, Ayu Diah Pasha, Donny Damara, Keke Suryo Kusumo, sutradara Azhar Lubis dan produser Lukman Sardi dari rumah produksi MNC Picture.

Surat Cinta Untuk Kartini adalah cerita fiksi dengan latar belakang sejarah, dibuat setahun yang lalu dengan mengambil lokasi syuting di Solo, Klaten, Gunung Kidul dan Yogyakarta, menghadirkan panorama keindahan pantai.

Sebelum dilakukan proses syuting semua pemain terlebih dahulu menjalani proses karantina di booth camp, untuk menjalin chamistery dalam hal berakting, seperti Chicco membiasakan diri dalam berbagai aktivitasnya tidak memakai alas kaki.

“Sangat membantu apalagi saat syuting sebagai pengantar surat, berlari dijalanan dengan bebatuan krikil tajam, lumayan sakit” jawab pria peraih aktor terbaik piala citra FFI 2014.

surat-cinta-untuk-kartini-3

Sebagai pemeran utama Kartini, finalis Gadis Sampul 2009 Rania Putri Sari mengaku menjadi sosok Kartini ia melakukan berbagai cara supaya aktingnya terlihat sebagai wanita Jawa era 1900an.

“Aku menonton kembali film Kartini yang dibintangi Yenni Rachman dari situ kudapatkan gambaran bagaimana memerankan wanita Jawa era lampau” ungkap wanita pertama sekali bermain film sebagai pemeran utama.

Memerankan sosok wanita jawa, Rania membiasakan diri setiap hari memakai kebaya, dalam berbusana kebaya ada perbedaan antara wanita yang sudah menikah dan belum menikah.

Untuk wanita yang sudah menikah warna yang dipakai lebih dominan berwarna hitam dan putih, sedangkan wanita muda yang belum menikah warna yang dipakai berwarna cerah.

melayu-nicole-hall

Selain Rania dari alumni Gadis Sampul turut hadir Melayu Nicole Hall Miss Indonesia Gorontalo 2015 dan pemenang IP Face 2015, ini adalah film kedua bagi Melayu sebelumnya tahun 2015 ia bermain difilm pertamanya 3 Dara.

Selesai press screening, malam harinya dilangsungkan gala premiere, turut hadir berbagai selebiriti tanah air, termasuk aktris dan juga Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira.

elvira-devinamira

Surat Cinta Untuk Kartini selain menghadirkan para pemain baru dan sinematography yang indah, juga diisi soundtrack menarik dibuat secara khusus oleh Liliana Tanoeaodibjo Chairwoman of Miss Indonesia dan akan tayang 21 April 2016

(is)

Comments

comments