Festival Film Indonesia 2015 Diadakan Di Banten

FFI2015

Bincang-bincang pelaksanaan Festival Film Indonesia 2015 Banten berlangsung hari senin (19/10) di Ling Ling Restaurant The East Kuningan. Menghadirkan Lukman Sardi Aktor  dan sutradara juga Olga Lydia Aktris dan ketua panitia Festival Film Indonesia 2015.

Kedua narasumber tersebut memakai kemeja santai, sehingga bincang-bincang tersebut menjadi sangat kekeluargaan, dimana kedua narasumber yang berkompeten menjelaskan mengenai konsep dan acara Festival Film Indonesia 2015 yang akan diadakan di Banten 21 November 2015.

Semua film biskop sudah terkumpul, 5 juri khusus dari dunia perfilman dan profesional akan menilai untuk film bioskop, masing-masing akan memberikan voting online dengan menonton dirumah, tabulasinya sangat rahasia yang dipegang oleh publik konsultan yang kredibel.

Tahap kedua 100 juri terpilih untuk menilai kembali 5 film tersebut dalam 22 kategori. Tahun ini ada tambahan kategori baru, yaitu lifetime membership mereka adalah para juri nominasi ditahun 2014 tahun ini ikut kembali dalam penjurian.

“Pemilihan juri sangat bikin sakit kepala” ungkap Olga Lidya yang mengaku senang menjadi ketua panitia FFI 2015, yang mana tahun lalu ia menjadi juri.

Olga menjelaskan tidak mudah untuk mencari 100 juri, dimana mereka bisa menilai sebuah film dengan jujur, apalagi juri tersebut juga ada yang filmnya masuk diberbagai kategori, namun dengan adanya sistem online dalam penjurian FFI 2015, dari setiap juri datanya akan masuk kedalam sebuah data riset, sistem ini sudah lama dipakai dalam festival film international seperti Oscar Academy Awards. Sehingga memberikan kemudahan bagi para juri dalam menilai, bebas, rahasia dan terjamin.

Film yang sudah mendaftar dan akan dinilai para juri yaitu Film animasi 17, film dokumenter 10 dokumenter pendek 53, film pendek 112, Film Televisi 17, film biskop 58 film.

Untuk Aminasi banyak anak-anak muda yang masih pelajar membuat film animasi, salah satu film animasi yang masuk daftar penjurian dari 17 film animasi yaitu Battle of Surabaya.
Beberapa rangkaian pelaksanaan FFI dilakukan dilima kota di Indonesia yaitu, Banten, Padang, Batam, Makassar dan Jakarta. Ada juga rangkaian workshop dari para professional. Tujuan adanya workshop ini ingin mengajak anak muda Indonesia lebih mencintai dan menonton film Indonesia.

Kegiatan menuju puncak Festiva Film Indonesia 2015 Banten dimulai dengan 27 Oktober launching media center di Kemendikbud. 31 Oktober Teras Pendopo Serang, 12 November pengumuman nominasi di Plaza Indonesia dan malam puncaknya 21 November di Banten akan tampil beberapa aktor dan aktris ternama seperti Reza Rahardian, Dian Sastro dan masih banyak lagi.

Dipilih Banten sebagai tempat penyelengaran FFI 2015 dikarenakan salah satunya sutradara ternama (alm) Teguh Karya berasal dari daerah tersebut. Dan ada tribute karya beliau yang akan ditampilkan dalam rangkaian FFI 2015.

Rangkaian kebudayaan propinsi Banten juga akan ditampilkan, terutamanya kesenian yang sangat beragam.

“FFI 2015 sudah mendapat restu dari Rano Karno gubernur Banten, yang mana kebudayaannya akan kita angkat dimalam puncak FFI 2015, salah satunya tempat acara Teras Pendopo, tempatnya sangat bagus”. Jawab Olga Lydia dengan semangat.

(is)

Comments

comments