Deshauna Barber, Miss USA 2016, adalah seorang Tentara Amerika

usa

Miss USA 2016 membuat sejarah baru dengan memilih wanita berkulit eksotik, dengan latar belakang yang unik. Gadis asal District of Columbia ini berprofesi sebagai seorang tentara. Ia berhasil menyisihkan 51 finalis lain yang juga tampil memukau baik di malam preliminary maupun malam puncak Miss USA 2016.

Awalnya ia tertarik ingin menjadi tentara karena melihat sosok ayahnya yang berprofesi sebagai tentara Amerika Serikat. Ketika remaja, dengan bentuk tubuh dan penampilan yang terlihat seperti tentara, Deshauna sempat mengalami bully di sekolahnya.

Namun semua perlakuan buruk itu tidak mematahkan semangatnya. Pada usia 17 tahun ia mulai masuk akademi militer dan berkuliah di jurusan manajemen bisnis hingga meraih gelar Master di bidang manajemen sistem komunikasi.

Miss Usa berkulit hitam terakhir yaitu pada tahun 2008. Saat itu Crystle Stewart (Miss Texas USA) terpilih sebagai Miss USA 2008. Ia kemudian mengikuti Miss Universe 2008 di Vietnam dan berhasil masuk top 10. Pemenang Miss Universe diraih wakil Venezuela Dayana Mendoza, sedangkan Indonesia diwakili Putri Raemawasti Puteri Indonesia 2007.

Kini 8 tahun berlalu, akhirnya tahun 2016 Miss USA kembali memilih pemenang Black Beauty nya yaitu Deshauna Barber dari District of Columbia. Penyelenggaran Miss Universe tahun ini kabarnya akan diadakan di USA dan Indonesia diwakili Kezia Warouw, Puteri Indonesia 2016, yang menjadi salah satu teman karantina Deshauna di Miss Universe 2016.

(is)