Perjuangan Berat Ratih Ayu Syafirza Ke World Beauty Queen 2017

Terpilih mewakili Indonesia di ajang kecantikan World Beauty Queen 2017 edisi ketiga, bukanlah hal yang mudah untuk dijalani oleh Ratih Ayu Syafirza. Ia terpilih setelah melalui proses casting dan dalam dua minggu harus mempersiapkan segala keperluannya menuju ke Korea.

World Beauty Queen 2017 diadakan mulai tanggal 20 Juni – 2 Juli 2017. Segala persiapan sudah dilakukan Ratih, mulai latihan public speaking, catwalk, photoshoot, fitting national costume, fitting evening gown dari designer Jacobs Aditya, fitting kebaya dari designer Aura Putri dan mempersiapkan tarian yang akan ia bawa di sesi talent show.

Wanita ayu kelahiran Solo, 5 Agustus 1992, dengan tinggi 170 cm ini benar-benar total dalam melakukan persiapan. Dua hari sebelum keberangkatannya, Ratih melakukan photoshoot, dari beauty shoot, cassual wear, evening gown dan national costume.

Photoshoot dilakukan dari siang sampai sore hari, meskipun sedang berpuasa dibulan ramadhan ia tetap lakukan. Menjelang sore hari sesi photoshoot national costume, ia mulai terlihat kelelahan.

“National costume ini berat banget, sekitar 20 kilogram beratnya. Kemarin saat fitting bahu aku sempat kegeser, tapi demi nama Indonesia, aku coba lagi”, jawab lulusan S1 IPB (Teknologi Hasil Hutan) yang sedang melanjutkan S2 UGM (Management Strategic) ini dengan semangat.

Bayun Binantoro photografer, Intan Lestari dari team makeup artist dan kru studio membantu Ratih memasangkan rangkaian susunan National Costume rancangan Angga Arisnanta.

National costume ini menggambarkan keindahan atribut budaya Indonesia yang beragam dan penuh dengan history. Kereta kencana Paksi Naga Liman adalah kereta kencana milik Keraton Kanoman. Kereta ini penggabungan dari 3 jenis hewan yaitu, Paksi = burung (sayap), Naga = naga (tanduk), Liman = gajah (belalai) . Bersayap garuda, dan berkepala perpaduan antara naga dan gajah. Di bagian kepala, wajah gajah berbelalai mencuat ke atas memegang trisula dan tombak.

Satu persatu rangkaian national costume sudah terpasang. Hingga tibalah rangkaian untuk bagian penutup atas kostum, inilah bagian tersulit Ratih harus dibantu hampir 5 orang untuk memasangnya, memakan waktu hampir setengah jam, Ratih yang tadinya semangat mulai drop kelelahan.

“Sepertinya aku harus membatalkan puasa, ga kuat berat banget, tapi nanti balik dari Korea aku bayar lagi”, ucapnya.

Ditambah lagi saat seluruh umat muslim di dunia dan di Indonesia merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438H, Ratih berjuang membawa nama Indonesia di ajang International.

“Rasanya ga bisa dibayangkan, karena ini membawa nama negara. Jadi dibuat enjoy aja”, ujarnya dengan semangat.

Selama karantina, Ratih terlihat enjoy dalam mengikuti berbagai agenda, ia tidak lupa membagikan souvenir kepada para kontestan, salah satu kontestan dari kawasan Amerika Latin menjadi teman akrabnya yaitu Miss Venezuela.

Kini perjuangannya terbayar lunas dengan hasil yang maksimal, Ratih kemarin membawa kabar gembira, meraih dua penghargaan yaitu Best National Costume, Best Sosial Media Popularity dan Top 15 World Beauty Queen 2017.

Berikut hasil malam final World Beauty Queen 2017

Winner : Belarus
1st RU : Finland
2nd RU : Venezuela
3rd RU : Singapore
4th RU : China

Top 16 :
Indonesia
Thailand
South Africa
Brazil
Bulgaria
Russia
Netherland
Myanmar
Greece
Malaysia
Korea

Special Awards:
Best in Talent: Miss Borneo
Best Skin: Miss Malaysia
Miss Congeniality: Miss Netherlands
Missosology Choice: Miss Belarus
Internet Popularity: Miss Venezuela
Social Media Popularity: Miss INDONESIA
Best in Swimsuit: Miss Russia
Best in Evening Gown: Miss Thailand
Best in Catwalk: Miss Philippines
Best in National Costume – Miss INDONESIA
Bets in Original Costume – Miss Myanmar
Best Smile – Miss India
Miss Personality – Miss Greece

Selamat Ratih atas prestasinya, meski melewati lebaran di negara orang. Sekali lagi selamat sudah membanggakan Indonesia.

Yuk intip video persiapan Ratih Ayu Syafirza Ke World Beauty Queen 2017, klik link videonya disini.

Penulis: Irwansyah

Editor: Aditiya Yasmin

Comments

comments