Jennifer Darren: Sempat Dibully di Dalam Negeri Raih Prestasi di Luar Negeri

cymera_20161126_082915

Nasib seseorang siapa yang tahu, garis tangan dan takdir sudah ditentukan yang kuasa, begitu yang terjadi dengan Jennifer Darren, wakil Indonesia di World Beauty Queen 2006, Seoul, Korea Selatan.

Saat dirinya terpilih melalui audisi, saat itu ada 10 alumni beauty pageants yang ikut. Kemampuannya fasih berbicara dalam bahasa Korea adalah salah satu keunggulan baginya. Wanita kelahiran Serang, 4 November 1991, dengan tinggi 170cm ini mengakui Miss World Beauty Queen 2016 adalah ajang kontes kecantikan international pertama kalinya ia ikuti.

Awal kemunculannya sebagai salah satu wakil Indonesia di ajang international, Jeje – panggilan akrabnya, sempat mendapatkan banyak komentar negatif hingga menjurus bullying.

bullying

Jeje sempat down saat awal karantina, melihat komentar-komentar tersebut. Kesedihan Jeje terus berlanjut, saat karantina ada seseorang yang mengaku dari pihak KBRI yang menginginkan kalau Jeje harus dideportasi, karena tidak pernah memenangkan ajang beauty pageants di tingkat nasional.

Cobaan tersebut ia harus hadapi. Titik terang mulai terlihat saat Ricky Jeon, owner dari World Beauty Queen meminta maaf atas kejadian yang sangat merugikannya dan Ricky melihat ada indikasi seseorang yang tidak ingin Jeje berprestasi dengan cara menjatuhkan mentalnya.

Jeje mulai bangkit dan tidak peduli dengan segala bullyan yang menghampirinya setiap hari. Jeje mulai bangkit saat sesi foto National Costume dan Evening Gown. Sebelumnya Jeje sudah photoshoot swimsuit bersama Philippines, Thailand dan England. Keesokan harinya ia diajak photoshoot lagi oleh fotografer yang menyukai hasil photoshoot swimsuit Indonesia. Usai photoshoot Jeje membagikan kipas motif batik kepada fotografer yang terlihat senang dengan pemberiannya dan mereka berfoto bersama.

cymera_20161125_031645

Berlanjut saat sesi lelang, memakai kebaya dari Auraputri kebaya untuk Charity Event, Jeje melelang Patung Arjuna dan Yudhistira. Arjuna dan Yudhistira adalah tokoh dari salah satu pandawa lima. Para Pandawa merupakan tokoh penting (yang dianggap sebagai titisan dewa) dalam wiracarita Mahabharata, yaitu pertempuran besar di daratan Kurukshetra antara para Pandawa dengan para Korawa serta sekutu-sekutu mereka. Kisah tersebut menjadi kisah penting dalam wiracarita Mahabharata.

Patung Arjuna dan Yudhistira ini pun berhasil mencapai harga tertinggi di charity Event yang diselengarakan pada 24 November 2016 di Seoul, Korea Selatan. Hasilnya lelang tersebut akan disumbangkan untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Puncaknya, Jeje di malam final berhasil masuk dalam jajaran Top 10 dengan posisi akhir Top 6, meraih best popularity (winner voting facebook), 1st runner up best talent (menampilkan tari topeng dengan dua karakter yang berbeda), dan 1st runner up national costume (mengangkat tema Mepeed, yaitu salah satu tradisi di Bali yang dilakukan oleh wanita Bali dengan membawa rangkaian bunga ataupun buah yang di usung di kepala dengan berbaris rapi menuju Pura, karya desainer Inggi Kendran).

Pada malam final Jeje tampil anggun dan cantik dengan gaun berwarna salem karya desainer Jacob Aditya.

“Terima kasih buat Indonesian Pageants yang selalu support aku dari awal sampai akhir, teman-teman beauty pageants, fans pageants yang sudah kompak membantu vote hingga terpilih sebagai best popularity dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Prestasi ini buat kalian”, ucapnya dengan nada bahagia.

img-20161126-wa0001-1

Jeje menang best popularity dengan penilaian dari komentar, like dan share tertinggi. Menurutnya World Beauty Queen makin dikenal masyarakat luar, karena Indonesia menyumbang vote paling tinggi.

Walaupun tidak masuk dalam Top 5 dan posisi terakhir Jeje berada di Top 6, ia akan berada di Korea Selatan sampai akhir bulan November. Kabar bahagianya Jeje mendapatkan tawaran pemotretan produk dari sponsor World Beauty Queen.

Berikut daftar lengkap World Beauty Queen 2016:

Winner World Beauty Queen 2016: Bulgaria
1st runner up: Kazakhtan
2nd runner up: Tak Island
3rd runner up: Srilanka
4th runner up: Greece

Top 10 World Beauty Queen 2016:
Indonesia
China
Thailand
Guam
Brazil

Top 15 World Beauty Queen 2016:
Philipines
Rusia
Korea
Usa
Japan

(is)