Mr World 2016 : Fast Track Extreme Challange Bikin Kontestan Menguras Energi

mr-world-extreme-challange

Hari kedua Extreme Challange, stamina kontestan Mr World 2016 dipertaruhkan, mereka yang sudah dibagi per group team Merah, Hijau, Kuning dan Biru mendapatkan tantangan lari marathon. Lari marathon adalah salah satu lari yang bisa dilakukan perorangan dan berkelompok.

Extreme Challenge hari kedua dimana contestant melakukan Marathon serta latihan fisik untuk menguji kekuatan mental dan fisik mereka. Setelah mendapatkan aba-aba dari panitia, satu persatu kontestan mulai melakukan sit-up dan push-up diatas rumput, selanjutnya merangkak menaiki undakan tanah.

mr-world-extreme-challange-1
Team Merah
mr-world-extreme-challange-4
Team Hijau

Dilanjutkan berlari secara berkelompok tiap team dan individual. Usai fast track Extreme yaitu Bleep Test, ada yang duduk-duduk kecapekan di rumput, ada yang mau bangun aja susah banget sampai harus dibantu berdiri, dan ada juga yang mau berdiri pun sulit sampai berpelukan ke temannya.

BTW bleep test Mr World 2016 hari ini dipandu oleh seorang mantan trainer militer dari Angkatan Bersenjata Kerajaan Serikat. Pantas aja test-nya betul-betul menguras energi. Sebenarnya ada teknik dan cara berlari yang lebih cepat dan efisien, seperti dikutip dari Panduan Pelari Pemula.

mr-world-extreme-challange-5
Team Kuning
mr-world-extreme-challange-3
Team Biru

Berikut Teknik dan Cara Untuk Berlari Lebih Cepat dan Efisien.

Teknik lari dibutuhkan untuk menghasilkan kecepatan yang lebih dengan efisiensi tenaga yang tinggi, juga untuk pencegahan cidera. Berikut adalah langkah-langkah agar dapat berlari dengan cepat dan baik.

1. Nafas
Teknik nafas sebenarnya lebih ke pola, yaitu perpaduan antara dalamnya nafas dan ritmenya. Dalam nafas yang paling baik adalah bernafas dalam-dalam walaupun sedikit lebih lama. Hal ini bertujuan untuk memperbanyak persentasi volume udara yang masuk sampai paru-paru dalam satu hembusan.

2. Postur Tubuh
Bagaimana bentuk tubuh ketika berlari akan sangat menentukan performa yang dapat dihasilkan. Postur tubuh yang baik akan menghemat tenaga tubuh sehingga dapat berlari cepat tanpa kelelahan dengan cepat.

3. Gerakan Tubuh
Hal terkahir namun tak kalah penting juga adalah gerakan tubuh yang tepat. Gerakan juga akan menentukan berapa banyak dorongan yang dapat dihasilkan untuk setiap tenaga yang dihabiskan.

(is)