Muz Roku (Mister Czech Republic): Berkali-Kali Nyaris Menang

Berkali-Kali Nyaris … Tapi Belum Pernah Menang

Judul di atas cocok untuk menggambarkan nasib Republik Ceko di ajang Mister International. Sejak debut di ajang male pageant Grand Slam ini tahun 2010, wakil-wakil negara ini, yang dipilih dari pemilihan Muz Roku (“Man of The Year”), sudah bolak-balik mendapatkan placement yang tinggi, namun belum pernah meraih posisi puncak. Dan inilah kilas balik para wakil Republik Ceko sebagai salah satu negara powerhouse di Mister International sejauh ini :

cz-2010

2010 – Jan Pochobradský

Tahun 2010, Muz Roku berhasil memperoleh lisensi Mister International untuk pertama kalinya sekaligus menandai debut Republik Ceko di ajang ini. Wakil yang dikirim waktu itu bukanlah juara Muz Roku 2010 (Jan Hájek yang dikirim ke Manhunt International 2010) melainkan salah satu finalis Muz Roku 2010 yaitu Jan Pochobradský. Di debut pertama ini Republik Ceko belum beruntung dan gagal lolos ke Top 15.

cz-2011

2011 – Martin Gardavský

Tahun 2011, Muz Roku membuat keputusan baru dan menjadikan Mister International sebagai prioritas utama mereka. Dengan demikian sejak tahun 2011, pemenang Muz Roku akan dikirim ke Mister International. Di tahun keduanya ini, Republik Ceko berhasil membuat lompatan besar, dari unplaced di tahun sebelumnya, langsung menjadi First Runner Up dengan wakil mereka Martin Gardavský.

cz-2012

2012 – Robert Anderle

Setelah nyaris menjadi juara di tahun sebelumnya, wakil Republik Ceko di tahun 2012 justru gagal memanfaatkan dan melanjutkan momentum tersebut. Wakil mereka yaitu Robert Anderle kembali gagal lolos ke Top 15.

cz-2013

2013 – Antonín Beránek

Tahun 2013 mungkin adalah salah satu “kehilangan” terbesar bagi Republik Ceko. Wakil mereka yaitu Antonín Beránek adalah mega favorit untuk menjadi juara di Mister International 2013. Dia difavoritkan nyaris semua fans dan portal pageant. Namun sayangnya, langkahnya harus tersandung di babak tanya jawab karena kendala bahasa dan dia harus puas dengan hanya menjadi Fifth Runner Up.

cz-2014

2014 – Tomáš Dumbrovský

Tahun 2014 Republik Ceko kembali mengirimkan wakil yang sangat kompetitif yaitu Tomáš Dumbrovský. Namun tahun ini pula persaingan sangat kompetitif dan merata. Republik Ceko kembali lolos hingga ke Top 5, namun harus menghadapi para pesaing yang semuanya sama-sama kuat dan sama-sama punya peluang juara besar. Bisa dibilang faktor keberuntungan juga berperan besar dipenetuan juara tahun ini dan sayangnya keberuntungan kembali bukan milik Republik Ceko. Mereka meriah posisi Second Runner Up, sekali lagi sebuah posisi yang tinggi namun bukan posisi puncak.

cz-2015

2015 – Jakub Kraus

Kembali lagi Republik Ceko mengirimkan wakil yang menjadi favorit yaitu Jakub Kraus. Dan seandainya dia dikirimkan untuk berkompetisi di tahun yang lain, misalnya tahun 2010 atau 2012, dia sangat mungkin menjadi juara. Namun tahun ini sepertinya memang ditakdirkan untuk dimenangkan oleh Swiss. Semakin mendekati final, Swiss semakin banyak diramalkan sebagai juara dan hal ini terbukti di malam final. Republik Ceko kembali lolos ke Top 5 namun harus puas dengan posisi Fourth Runner Up.

BJq6bVNDFSO

2016 – Josef Kurka

Selama 6 tahun berkompetisi, Republik Ceko sudah 4 kali lolos ke babak akhir, namun di babak akhir inilah, saat tinggal sedikit lagi untuk menjadi juara, langkah mereka selalu terhenti. Akankah hal tersebut berubah tahun ini? Kita tunggu nanti di Mister International 2016!

(aw)

Comments

comments