All About Miss World 1977

1) Merupakan edisi ke-27 Miss World dan diadakan di Royal Albert Hall, London pada tanggal 17 November 1977. Finalnya saat itu ditayangkan oleh stasiun televisi nasional Inggris yaitu BBC.

2) Dimenangkan oleh Mary Stavin asal Swedia yang berusia 20 tahun. Stavin merupakan puteri seorang petani yang dipilih secara handpick. Sebelum “ditemukan” lewat beauty scout dan dipersiapkan untuk menjadi seorang Beauty Queen, pekerjaan sehari-hari Stavin adalah membantu membajak ladang milik ayahnya.

3) Sebagai pemenang kontes ini, Stavin memperoleh hadiah uang tunai USD 37,000. Dia juga kemudian berkarir sebagai artis dan sempat tampil dalam sejumlah film termasuk 2 buah film James Bond yaitu “Octopussy” (1983) dan “A View to Kill” (1985).

4) Sebanyak 73 negara awalnya berpartisipasi dalam edisi ini, namun 10 negara memutuskan untuk mengundurkan diri setelah sejumlah demonstran pro-feminisme melakukan protes atas diadakannya kontes ini. Salah satu negara yang mengundurkan diri adalah Indonesia dengan wakilnya Siti Mirza Nuria Arifin.

5) Dua kontestan lainnya didiskualifikasi karena baru berusia 15 tahun dan tidak memenuhi persyaratan kontes, yaitu Italia dan Malta. Namun Malta kemudian mengirimkan wakil pengganti sehingga di final kontestan yang tersisa adalah 62 negara.

Penulis ; Ayus Wijaya

Comments

comments