IP Around The World: Nigeria

nigeria

Negara dengan populasi kurang lebih 170 juta jiwa ini merupakan negara dengan populasi terbanyak di Afrika.

Berbeda dengan kontes nasional pada umumnya, Nigeria memiliki salah satu kontes kecantikan dengan nama yang cukup unik, Most Beautiful Girl in Nigeria atau lebih dikenal dengan MBGN. Terdengar sedikit asing dibanding kontes kecantikan nasional negara-negara lain di dunia yang mayoritas berawalan kata “Miss”. Pemenang dari kontes MBGN akan mewakili Nigeria di ajang Internasional seperti Miss Universe, Miss World, dan atau ajang lainnya.

nigeria

 

Prestasi Nigeria di kontes kecantikan internasional berhasil ditorehkan beberapa wakilnya diantaranya pada tahun 1987, Lynda Chuba berhasil mengantarkan Nigeria menjadi pemenang Miss Africa. Dua tahun berikutnya, Bianca Onoh berhasil membawa mahkota kemenangan di ajang lain yaitu Miss Intercontinental 1989.

agbani-darego-miss-world-2001

Nigeria mulai menunjukkan taringnya di ajang Miss World setelah wakilnya, Sabina Umeh berhasil menyabet gelar Miss Personality pada tahun 1990. Pada Mei tahun 2001, Nigeria melalui wakilnya, Agbani Darego mengikuti ajang Miss Universe. Saat itu, Agbani hanya berhasil menembus jajaran top 10 semifinalis. Bulan November pada tahun yang sama, Agbani berangkat berkompetisi kembali untuk ajang Miss World 2001 dan berhasil membawa mahkota Miss World pertama kali ke Nigeria. Prestasi tertinggi lainnya juga berhasil dicatatkan melalui Chinenye Ochuba dan Anita Uwagbele yang menjadi Miss World Africa pada tahun 2002 dan 2004.

miss-earth-nigeria

Keikutsertaan Nigeria pertama kali di ajang Miss Earth yaitu pada tahun 2002. Sejak debut hingga keikutsertaannya terakhir pada 2017, Nigeria berhasil mecatatkan prestasi terbaiknya pada tahun 2007 dan 2008 melalui Stacey Garvey dan Uko Ezinne setelah berhasil menembus top 16 semifinalis.

Editor: Irwansyah

Comments

comments