‘We wanna see, Iceland!’

iceland

Begitulah kalimat yang diutarakan Billy Bush saat menyebut Iceland sebagai salah satu dari 15 semifinalis Miss Universe 2009 di Bahama.

Ingibjork Egilsdottir, merupakan wakil terakhir Iceland yang placed di ajang Miss Universe, sekaligus wakil terakhir yang berlaga di kontes tersebut. Prestasi tertinggi Iceland di Miss Universe adalah tahun 1962 melalui Anna Geirsdottir, yang merupakan 1st Runner Up dari Norma Nolan, sang juara dari Argentina.

Iceland rutin mengirimkan wakil sampai dengan tahun 1997, melalui kontes Ungfru Island atau Miss Iceland, yang juga rutin mengirimkan wakil ke ajang Miss World sampai dengan saat ini. Semenjak 1998, Iceland absen cukup lama di Miss Universe hingga return di tahun 2006, yang diwakili oleh Sif Aradottir. Kembali absen selama 2 tahun, Iceland kembali tampil di tahun 2009 dan absen lagi di tahun berikutnya hingga 2015.

Dan tahun ini, sebuah organisasi baru yang dipimpin oleh Manuela Osk Hardardottir, Miss Iceland Universe 2003, mendapatkan lisensi Miss Universe untuk Iceland. Organisasi baru tersebut akan mengadakan pemilihan eksklusif untuk mencari wakil Iceland di ajang yang kini berada di bawah naungan William Morris dan IMG tersebut.

Siapakah wakil Iceland berikutnya di ajang Miss Universe? We wanna see more, Iceland..

Photo courtesy: Miss Universe Iceland (ah)