Setelah Menunggu 39 Tahun, Miss South Africa Membawa Pulang Gelar Miss Universe 2017

 

AXIS Theater Las Vegas, Amerika Serikat menjadi saksi kemenangan Demi Leigh Nel Peters setelah kontestan asal Afrika Selatan tersebut terpilih sebagai Miss Universe 2017. Demi adalah perempuan Afrika Selatan kedua yang memenangkan kontes bergengsi tersebut setelah Margaret Gardiner di Miss Universe 1978.

Miss Universe edisi tahun ini menyajikan format baru dimana kontestan yang berhasil lolos dikelompokkan berdasarkan 3 regional yakni Asia Pacific & Afrika, Eropa, Amerika dan wildcard dengan jatah masing-masing kelompok 4 finalis dengan total 16 finalis.

Untuk finalis yang beruntung dari Asia Pacific & Afrika adalah Thailand, Sri Lanka, Ghana dan Afrika Selatan; untuk Eropa keberuntungan jatuh pada finalis dari Spanyol, Great Britain, Croatia dan Irlandia; sementara itu persaingan di benua Amerika dimenangkan oleh Colombia, USA, Brazil dan Canada.

Setelah pengumuman finalis per benua, harapan terakhir ada di wildcard dan yang beruntung adalah Philippines, Jamaica, Venezuela dan China.

Babak yang sudah menunggu kemudian adalah swimsuit competition dimana seluruh finalis menampilkan fisik yang fit dan sehat dalam balutan busana renang dan untuk finalis yang beruntung maju ke 10 besar adalah : Venezuela, USA, Philippines, Canada, Afrika Selatan, Spanyol, Brazil, Colombia, Thailand dan Jamaica.

Sebelum dimulai segmen selanjutnya yakni kompetisi gaun malam atau Evening Gown competition, Steve Harvey selaku pembawa acara mengumumkan Best National Costume yang dimenangkan oleh Jepang. Kostum tersebut sangat mencuri perhatian dimana kostum sederhana tersebut dapat berubah menjadi kimono dengan cita rasa budaya Jepang yang kental.

Segmen evening gown competition merupakan salah satu segmen yang ditunggu dimana penonton disuguhkan kreativitas seluruh designer global yang dituangkan dalam gaun malam yang indah. Kompetisi gaun malam juga salah satu faktor penentu siapa yang akan melaju ke babak 5 besar dan menghadapi sesi tanya jawab. Tahun ini yang berhasil maju ke 5 besar diantaranya South Africa, Venezuela, Jamaica, Colombia dan untuk Asia diwakili oleh Thailand.

Sesi Tanya jawab akan menilai setiap peserta berdasarkan kepribadian mereka masing-masing dan untuk kontestan Latin yakni Colombia dan Venezuela menggunakan jasa penerjemah di atas panggung. Faktor-faktor seperti Ketenangan di atas panggung, isi dari jawaban dan faktor lainnya akan menentukan siapa yang akan melaju ke babak terakhir yakni babak 3 besar.

Jawaban Jamaica yang lugas, South Africa dengan jawaban yang meyakinkan dan Colombia dengan ketulusannya berhasil meyakinkan dewan juri untuk meloloskan mereka ke babak 3 besar.
Babak terakhir dan final look akan menantang 3 finalis untuk menjawab pertanyaan yang sama. Pertanyaan yang diajukan adalah tentang kualitas terbaik apa yang ada dalam diri setiap finalis dan bagaimana cara untuk menerapkannya jika terpilih sebagai Miss Universe.

Dengan jawaban yang meyakinkan, Miss South Africa berhasil meyakinkan dewan juri untuk memberikan gelar Miss Universe 2017 ke Negara paling Selatan di benua Afrika tersebut. Gelar 1st runner up dan 2nd runner up masing-masing dibawa pulang oleh Miss Colombia dan Miss Jamaica.

Walaupun Bunga Jelitha belum beruntung di ajang ini, kita tetap mengucapkan terimakasih atas perjuangannya untuk mengharumkan nama Indonesia.

Selamat kepada Demi Leigh dan ditunggu kedatangannya di Indonesia tahun depan.

Penulis : Lauwardy

Comments

comments