Seorang YouTuber Thailand Terancam Dipenjara setelah Mengkritik Gaun Miss Universe Rancangan Putri Raja

Sophida-Kanchanarin-Miss-Universe-Thailand-2018

Wanchaleom Jamneanphol, seorang pembawa acara TV dan youtuber terkenal di Thailand, telah menjadi tersangka atas tuduhan yang dibuat kepada polisi di bawah kejahatan cyber dan hukum lèse-majesté Thailand – yang mana ilegal untuk mengatakan sesuatu yang negatif tentang monarki – ini dikarenakan komentarnya secara online tentang gaun yang dirancang oleh Putri Sirivannavari Nariratana.

Gaun biru itu dikenakan oleh Miss Universe Thailand, Sophida Kanchanarin, di kontes Miss Universe ke-67 yang diadakan di provinsi Nonthaburi, Thailand.

Jamneanphol mengkritik desain gaun couture tersebut dan menjadi viral. Hal ini mendorong pengusaha miliarder Thailand dan calon politisi Kitjanut Chaiyosburana mengajukan tuntutan terhadapnya minggu ini.

“Saya tidak dapat menerima bahwa seorang terkenal di dunia online menyatakan pendapat negatif yang mempengaruhi reputasi negara,” Chaiyosburana mengatakan kepada wartawan bahwa postingan tersebut adalah perilaku yang tidak bertanggung jawab.

Jamneanphol telah menghapus postingan di Facebook dan meminta maaf dalam postingan online, di mana dia menekankan bahwa dia “tidak memiliki niat untuk menghina atau tidak menghormati lembaga tinggi”.

“Saya hanya tidak tahu konsekuensi penuh dari tindakan saya melalui postingan dan komentar saya, terhadap Yang Mulia dan monarki,” kata Jamneanphol.

Walaupun telah meminta maaf, namun proses hukum tetap berlanjut dan terancam hukuman penjara 15 tahun.

Nariratana, yang merupakan putri tunggal Raja Vajiralongkorn dan mantan permaisuri Sujarinee Vivacharawongse, adalah pendiri dan direktur kreatif dari lini mode high-endnya, Sirivannavari. Dia sering terlihat di halaman-halaman Tatler dan Vogue dan dikenal sebagai “anggota kerajaan paling modis”.

Penulis: Aditiya Yasmin
Dikutip dari The Guardian dan Insider

Comments

comments