Keysi Sayago Miss Venezuela 2017, Bergabung Dengan Demonstran Turun Kejalan

Krisis ekonomi yang berkepanjangan di Venezuela menyebabkan rakyat marah hingga turun ke jalan, menuntut Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, turun dari jabatannya. Maduro dianggap gagal menciptakan kesejahteraan bagi rakyat Venezuela.

Demo yang dimulai di Ibukota Caracas sejak awal April lalu sampai penghujung Mei, telah memakan banyak warga sipil yang menjadi korban terluka dan meninggal dunia. Langkanya bahan pangan akibat krisis ekonomi otomatis meningkatkan aksi kriminalitas di negara tersebut.

Tidak seperti kebanyakan ratu kecantikan Venezuela yang lain mengecam dan berempati diakun sosial media pribadi masing-masing, Keysi Sayago Miss Venezuela 2017 justru turun langsung kejalanan dan bergabung dengan para demonstran.

Para ratu kecantikan yang tidak berani turun kejalan memiliki alasan, karena Organisasi Miss Venezuela yang diketuai Osmel Sousa melarang setiap Miss Venezuela ikut campur dalam urusan politik, alasan kuat itu sudah dipakai sejak lama. Kenekatan Keysi Sayago turun kejalanan mempunyai 3 alasan.

1. Negara Venezuela sedang dalam masa transisi dan ia mengikuti suara terbanyak rakyat yang turun kejalanan
2. Adanya tekanan dari fans pageants yang menuntut ratu Venezuela untuk mengambil sikap atas apa yang terjadi saat ini
3. Aksi turun kejalanan dan bergabung dengan demonstran, bisa menjadi kisah yang diangkat menuju Miss Universe 2017, karena penilaian top finalis Miss Universe tidak hanya dilihat dari segi skill catwalk dan penampilan saja, Miss Universe dibawah IMG juga menilai latar belakang kontestan.

Seperti diketahui, kegagalan Mariam Habach Miss Venezuela di Miss Universe 2016 Filipina, selain bad attitude tertangkap kamera mencubit tubuh Andrea Tovar Miss Colombia, 2nd Miss Universe 2016, Mariam hanya mengandalkan catwalk dan penampilan.

Apakah 3 alasan tersebut adalah sebuah strategi dan miss khusus Keysi Sayago untuk mengembalikan pamor Venezuela sebagai ratu kecantikan dunia yang sudah hilang di Miss Universe 2017, just wait n see.

Penulis ; Irwansyah