ISIS Siapkan Bom Bunuh Diri di Miss Universe 2017

ISIS Siapkan Bom Bunuh Diri di Miss Universe 2017

Beredar kabar dari situs heavy.com. mengatakan kalau situs Intel melaporkan bahwa saluran teroris Filipina berbagi video menunjukkan bagaimana untuk membuat sabuk bom bunuh diri dan menyarankan bahwa jihad menyerang Miss Universe 2016 di Filipina.

Miss Universe selanjutnya akan diselenggarakan di Filipina pada 30 January 2017 pemenangnya akan menjadi penerus Pia Wurtzbach Miss Universe 2015.

ISIS bergabung dan afiliasi resmi dari Negara Islam disebut “Abu Sayyaf”. Pada bulan Juni, ISIS secara resmi menerima Abu Sayyaf sebagai bagian dari “khilafah”.

Kelompok Abu Sayyaf, juga dikenal sebagai Al Harakat Al Islamiyya, adalah sebuah kelompok separatis yang terdiri dari milisi yang berbasis di sekitar kepulauan selatan Filipina, antara lain Jolo, Basilan, dan Mindanao. Khadaffi Janjalani dinamakan sebagai pemimpin kelompok ini oleh Angkatan Bersenjata Filipina.

Dilaporkan bahwa akhir-akhir ini mereka sedang memperluaskan jaringannya ke Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Kelompok ini bertanggung jawab terhadap aksi-aksi pengeboman, pembunuhan, penculikan, dan pemerasan dalam upaya mendirikan negara Muslim di sebelah barat Mindanao dan Kepulauan Sulu serta menciptakan suasana yang kondusif bagi terciptanya negara besar yang Pan-Islami di Semenanjung Melayu (Indonesia dan Malaysia) di Asia Tenggara.

ISIS adalah kelompok militan ekstremis jihadis, Kelompok ini awalnya didirikan dengan nama Jama’at al-Tawhid wal-Jihad pada tahun 1999, lalu bergabung dengan al-Qaeda pada tahun 2004. Kelompok ini terlibat pemberontakan Irak setelah pasukan koalisi Barat menyerbu Irak tahun 2003. Bulan Januari 2006.

Kalau kabar ini ada benarnya, bisa dipastikan penyelenggaran Miss Universe 2017, untuk yang kedua kalinya bagi negara Filipina (tahun 1994 Miss Universe di Filipina) akan menimbulkan kekacauan yang sangat besar, dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi sejarah sepanjang masa.

(is)