IP Around The World: Ecuador

Halo IP Friends, hari ini IP team akan mengajak kamu untuk mengunjungi salah satu negara yang terletak di Amerika Selatan. Negara apakah itu? Yup Ecuador!

Ecuador merupakan salah satu negara yang sudah tidak asing bagi para penggemar kontes kecantikan. Negara yang terletak di garis khatulistiwa ini memulai kontes nasionalnya pada tahun 1930 dengan sebuah kontes bertajuk Miss Ecuador. Pada tahun pertamanya, juara Miss Ecuador tidak dikirim ke ajang internasional manapun.

Pemenang dari Miss Ecuador dikirim ke Miss Universe, Miss World, Miss International, Miss Supranational dan beberapa ajang internasional yang lain. Negara yang mempunyai wilayah sebesar 272.045 km² ini ternyata baru mengirimkan wakil mereka di Miss Universe pada tahun 1955. Disusul dengan Miss World dan Miss International pada 1960.

Selain Miss Ecuador, ternyata Ecuador juga memiliki kontes kecantikan nasional yang lain yaitu Miss Tierra Ecuador yang memilih wakil Ecuador ke ajang Miss Earth. Pada berbagai ajang internasional, prestasi Ecuador terbilang belum terlalu memuaskan. Sejak debut pertama kali di Miss Universe 1955, Ecuador tercatat meraih 3 kali placement.

Dengan raihan prestasi tertinggi sebagai Runner-up 2 pada tahun 2013. Pada Miss World, Ecuador tercatat meraih 4 kali placement sejak tahun 1960. Prestasi tertinggi diraih oleh Alicia Gisela Cucalon Macias pada tahun 1986 dengan menempati Runner-up ke 6. Prestasi Ecuador di Miss International terbilang cukup memuaskan dengan 6 kali placement dan 1 kali raihan mahkota Miss International 2011 melalui Maria Fernanda Cornejo Alfaro.

Sementara dari Miss Tierra Ecuador membuahkan hasil yang lebih memuaskan. 2 kali mahkota Miss Earth diraih oleh wakil Ecuador di tahun 2011 dan 2016 melalui Olga Mercedes Alava Vargas dan Katherine Elizabeth Espin Gomez. Nampaknya tahun 2011 menjadi tahun keemasan bagi Ecuador.

Semoga wakil-wakil Ecuador kedepannya bisa memberikan yang terbaik ya IP Friends untuk negaranya!

 

Comments

comments