IP Around The World : Aruba

IP-Around-The-World-Aruba

Hai IP Friends. Kali ini IP akan membawa kalian ke sebuah negara di Laut Karibia yang sangat kental dengan tradisi Belanda. Negara apakah itu? Yap betul, Aruba. Aruba merupakan merupakan satu dari empat negara konstituen yang membentuk Kerajaan Belanda, dan ternyata warga Aruba memegang paspor negara Belanda lho.

Miss-Grand-Aruba

 

Dalam dunia pageants sendiri, Aruba merupakan negara yang terbilang cukup senior di 2 kontes kecantikan terbesar di dunia, yaitu Miss Universe dan Miss World. Aruba join di kedua kontes tersebut pada tahun yang sama yaitu 1964. Sedangkan di Miss International, Aruba baru bergabung di tahun 1994, dan berhenti berkompetisi di tahun 2011. Sedangkan di Miss Grand International, Aruba baru satu kali bergabung yaitu di tahun 2016.

Miss-Universe-Aruba

Dari 51 tahun keikutsertaan Aruba di Miss Universe, negara ini pernah 2 kali placed. Tahun 1974, Aruba meraih Runner-up keempat melalui Maureen Ava Vieira dan di tahun 1996, Aruba meraih Runner-up pertama melalui Taryn Scheryl Mansell. Meskipun baru 2 kali meraih placement, tetapi prestasi Aruba tidak main-main. Kita akan lihat bagaimana Kimberly Julsing berkompetisi di Miss Universe 2018. Apakah Kimberly akan membawa kejayaan Aruba kembali?

Miss-World-Aruba

Sedangkan di Miss World, dari 51 tahun keikutsertaannya, Aruba pernah mengamankan placement sebanyak 5 kali. Prestasi tertinggi Aruba adalah menjadi 1st Runner-up pada tahun 2001 melalui Zizi Lee.

Miss-International-Aruba

Di Miss International sendiri, Aruba justru lebih sering mendapatkan special awards “Best National Costume”. 18 kali keikutsertaan Aruba di Miss International, 3 kali sudah Aruba menyabet Best National Costume selain prestasi tertingginya menjadi Runner-up pertama pada 1994 oleh Alexandra Ochoa Hincapié. Wow!

Apakah di tahun 2018 ini Aruba akan menorehkan prestasi? Just wait and see!

Penulis : Alan Kurniawan

Comments

comments