IP Around The World : Armenia

IP-Around-The-World-Armenia

Hi Hayq! Membentang dari Laut hitam ke laut kaspia. Welcome to Armenia, IP friends! Armenia terdiri dari 11 provinsi dengan populasi sebanyak hampir 3juta jiwa (2016). Negara pecahan Republik Uni Soviet dengan penduduk terpadat kedua ini 92% berbahasa Armenia Sirilik dan sisanya menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa sehari-hari.

Armenia

 

Di Armenia terdapat beberapa ajang kecantikan nasional diantaranya Miss Armenia. Miss Armenia pertama diselenggarakan pada 1996. Tahun itu, Karina Khachatryan (slide 2) menjadi wanita tercantik di Armenia. Karina sempat berpartisipasi pada ajang Miss Europe dan berhasil memperoleh posisi terbaik ke-13 dari 96 kontestan. Sejak pertama diselenggarakan sampai akhirnya berhenti pada 2012, pada tahun ini Miss Armenia kembali diselenggarakan.

Armenia hanya tercatat dua kali berpartisipasi pada Miss International (slide 3). Pertama kali yaitu pada 2007 oleh Rita Tsatryan dan pada 2014 oleh Shushanik Yeritsyan.

Miss-World-Armenia

Armenia debut pada ajang Miss World pada tahun 2017 oleh Lili Sargsyan (slide 4), sayangnya Lili belum beruntung untuk meraih prestasi di Miss World 2017. Miss World Armenia 2018, Arena Zeynalyan akan berkompetisi pada ajang Miss World 2018. Hmm… apakah kali ini Armenia akan beruntung?

Miss-Earth-Armenia

Pada 2015, Armenia debut pertama dalam ajang Miss Earth oleh Lilit Martiosyan. 3 tahun absen, pada 2018 ini Armenia kembali berpartisipasi pada Miss Earth 2018. Sona Danielyan (slide 5) sedang mengikuti ajang Miss Earth 2018 sekarang di Filipina.

Armenia juga pernah berpartisipasi pada ajang Miss Supranational. Pada 2010, Lilit Karapetyan (slide 6) mengenakan selempang Armenia namun ia tidak meraih prestasi apapun. Di ajang lain, Armenia pernah berjaya menjadi Runner-up keempat Miss Intercontinental 2005 oleh Anush Grigoryan (slide 7).

Miss-Universe-Armenia

2018 menjadi tahun debut pertama keikutsertaan Armenia pada ajang Miss Universe. Eliza Muradyan (slide 8), Miss Universe Armenia 2018 akan menjadi teman sekaligus pesaing wakil Indonesia, Sonia dan tentunya dengan puluhan wakil negara lain. Bagaimana peluang Armenia di Miss Universe 2018, IP Friends?

Penulis : Alan Kurniawan

Comments

comments