Gossipa Gossipi Miss Universe Terkini

Donald-Trump-presiden-amerika-serikat

Rasanya melihat karantina Miss Universe 2016 di Filipina semakin hari semakin seru dengan banyaknya cerita bertebaran.

Berikut 5 Gossipa Gossipi Miss Universe Terkini.

1. Perubahan konsep baru malam grand final. Jika format lama menggunakan Top 15, Top 10, Top 5 dan Winner. Tahun ini dibawah kepemilikan baru WME/IMG Miss Universe menganti konsep menjadi Top 12 dimana 11 kontestan dipilih juri dengan tambahan 1 kontestan melalui voting. Selanjutnya Top 12 dinilai melalui Swimsuit competition yang akan dikerucutkan ke Top 9. Selanjutnya Top 9 dilakukan penilaian evening gown competition. Setelah evening gown maka dipilihlah Top 6 yang akan melakukan tahap Q & A. Terakhir tahap Top 3 Final look Q&A dan pemenang Miss Universe.

2. Sebenarnya Top 3 final look sudah pernah dipakai saat malam final Miss Universe 2015, saat itu 3 negara yang masuk USA, Philippines dan Colombia.

3. 8 hari menuju malam final mulai terlihat beberapa kontestan yang ambisius dan santai. Beberapa diantaranya terlihat dari negara Amerika Latin.

kain-bentenan-sulawesi-utara

4. Saat acara Okada Manila Gala Dinner, banyak kontestan yang hadir memakai busana dan dress dengan look international. Sebaliknya Kezia berpenampilan dengan memakai busana dengan motif kain tradisional Indonesia, kain Bentenan khas Sulawesi Utara.

Sebagian fans pageants ada yang tidak menyukai busana tersebut menurut mereka kurang international look. Namun justru respon yang diterima Kezia di karantina kebalikannya, banyak hadirin yang hadir di malam gala dinner tersebut memuji busana Kezia dan meminta foto bersama. Menurut mereka busananya unik.

Kain Bentenan merupakan kain tradisional hasil karya suku Minahasa yang ada sekitar abad ke-7. Pada awalnya kain ini berbahan dasar dari serat kulit kayu yang disebut fuya. Diambil dari pohon lahendong dan pohon sawukouw, serta nenas serta pisang disebut koffo dan serat bambu disebut wa’u yang kemudian dilakukan proses tenun secara tradisional.

Sekitar abad ke-15, orang Minahasa mulai menenun dengan benang katun dan hasil tenunan inilah yang dinamakan Kain Tenun Bentenan. Dari Desa Bentenan yang terletak di Pantai Timur Minahasa Selatan (distrik Pasan, Ratahan, Ponosakan dan Tonsawang)

Kain Bentenan memiliki tujuh motif yaitu tonilama, sinoi, pinatikan, tinompak kuda, tononton mata, kalwu patola dan kokera.

5. Sementara Miss Universe sedang digelar di Filipina, tepat hari ini pelantikan mantan pemilik Miss Universe dekade 90an sampai 2014, Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat yang baru dengan masa bakti 2017-2022.

Penulis: Irwansyah
Editor: Aditiya Yasmin