Intan Aletrino Targetkan Juara dan Mahkota Miss Supranational 2016

intan-alterino-miss-supranational-indonesia-2016Satu minggu sebelum keberangkatan Intan Aletrino Puteri Indonesia Pariwisata 2016 ke ajang kecantikan dunia di Miss Supranational 2016 yang akan berlangsung di dua negara yaitu Polandia dan Slovakia.

Rabu (9/11) press conference dilakukan di Graha Mustika Ratu, Pancoran, Jakarta Selatan. Hadir dalam prescon tersebut Putri K. Wardani selaku ketua dewan pembina Yayasan Puteri Indonesia.

Intan Aletrino wanita cantik kelahiran Venlo, Belanda 30 Juni 1993, lulusan Universitas Andalas Jurusan Hukum, akan bersaing dengan 82 kontestan dari berbagai negara, yang karantinanya akan berlangsung 17 November sampai dengan malam final 2 Desember 2016 di Mosir Hall of Sports di Krynica Zdroj di Polandia.

Yayasan Puteri Indonesia kembali mempercayakan Dynand Fariz, pria dibalik kesuksesan Jember Fashion Carnaval (JFC), untuk menciptakan kostum Nasional khas Jawa Barat yang bertemakan”Enchanted of Wayang Golek”.

Pada awal kemunculannya kesenian wayang kayu lahir dan berkembang di wilayah pesisir Utara Pulau Jawa pada awal abad ke-17 dimana kerajaan Islam tertua di Pulau Jawa yaitu Kesultanan Demak tumbuh disana, dengan menggunakan Bahasa Jawa dalam dialognya.

Menurut legenda yang berkembang, Sunan Kudus menggunakan bentuk wayang golek awalnya untuk menyebarkan Islam di masyarakat. Wayang Golek sendiri biasanya ditampilkan sebagai bentuk seni pertunjukan pada acara keagamaan, adat maupun hiburan rakyat. Ditampilkan dengan aneka penokohan dan cerita wayang pada umumnya seperti Ramayana maupun Mahabharata.

intan-aletrino-puteri-indonesia-pariwisata-2016

Dengan filosofi penggambaran kebaikan melawan keburukan. Kostum ini sendiri didominasi oleh warna emerald green dan gold, serta penggunaan material batik tulis bermotif wayang yang didesain dan dibuat khusus. Penggambaran dari kemewahan dan keanggunan. Cerminan akan kekayaan yang dimiliki Indonesia, baik secara budaya dan tradisi.

Untuk gaunnya Intan Aletrino akan membawa evening gown karya designer lokal berbakat yaitu Andhika Pramudhia dan Satria by An’Soe. Kali ini An’Soe menyiapkan gaun dengan mengangkat Kain Jumputan Cengkehan Solo.

Kain tradisional Indonesia yang jarang diangkat untuk dijadikan satu gaun malam yang indah. Walaupun dengan metode pembuatan yang terkesan mudah, kain jumputan adalah “Karya Seni Indonesia” yang memiliki nilai seni tersendiri. Dengan fitting yang simpel dan modern, dengan tambahan mutiara yang merupakan kekayaan laut Indonesia.

Selama karantina berlangsung, Intan akan membawa kebaya dari Intan Avantie, Batik Sephora dan Anaz Khairunnas. Dalam persiapan menuju karantina sudah banyak yang ia lakukan, mulai dari kelas pembekalan, gym dan tentu saja sharing dengan para seniornya di Puteri Indonesia.

Intan mengakui perjalanannya menuju karantina Miss Supranational 2016 bukannya gampang, sebelum press conference dilangsungkan, ia sempat jatuh sakit. Menurutnya ini seperti saat ia mengikuti karantina Puteri Indonesia 2016 bulan Februari lalu, saat itu sebulan sebelum karantina ia jatuh sakit.

Tapi karena niat dan kemauan kerasnya, akhirnya mengantarkan dirinya menjadi Puteri Indonesia Pariwisata 2016. Ditanya apa tergetnya di Miss Supranational 2016.

“Aku ingin juara dan meraih mahkota Miss Supranational 2016”

Ingin lihat video Press Conference Intan Aletrino goes to Miss Supranational 2016. Yuk cek link videonya dibawah ini.

(is)