Salsa Billa Oktaria Berhasil Masuk Top 6 di Ajang Miss Tourism & Culture Universe 2018

Berbagai kontes kecantikan siap untuk digelar di awal tahun 2018 dan Indonesia telah mengirimkan beberapa wakilnya di ajang-ajang tersebut. Salah satu ajang terbaru adalah Miss & Mister Tourism & Culture Universe 2018 yang digelar di negera tetangga kita, Myanmar tanggal 25 Januari – 9 Februari 2018. Pada debut di ajang tersebut, Indonesia diwakili oleh Salsa Billa Oktaria untuk kategori Miss Tourism & Culture Universe. Kerja keras yang ditunjukkan oleh gadis yang akrab disapa Salsa ini berbuah manis karena berhasil keluar sebagai 5th Runner Up, Top 6 placement, Top 3 Best National Costume & Best Presentation.

Ajang perdana yang digelar oleh negara yang dijuluki “The Golden Land” ini diikuti oleh 12 peserta untuk kategori Miss dan 15 peserta untuk kategori Mister dari berbagai Negara. Walaupun masih ajang perdana, tetapi panitia sangat mempersiapkan kontes ini dengan dukungan dari Kementrian Pariwisata & Perhotelan Myanmar. Kegiatan karantina dilakukan dengan berkunjung ke tempat-tempat yang mengandung nilai historis. Selain itu, para peserta juga harus menunjukkan kemampuannya berlaga di National Costume, Swimwear, Evening Gown dan Presentation. Acara malam final dibuka dimana para finalis melakukan opening number dengan tarian tradisional Myanmar dan juga dimeriahkan dengan tarian tradisional dari Thailand.

Setelah melalui penjurian sekitar 2 minggu, akhirnya Miss Rusia Svetlana Khokhlova keluar sebagai juara dan berhak atas hadiah uang tunai USD 10.000,- dan mahkota. Runner Up 1 diraih oleh Miss Myanmar Naw Du Du, Runner Up 2 diraih oleh Miss Thailand Srinukun Warisa, Runner Up 3 diraih oleh Miss India Swapna Priyadarsini, Runner Up 4 diraih oleh Miss Malaysia Fransisca Ester Nain dan Runner Up 5 diraih oleh Miss Indonesia Salsa Billa Oktaria.

Untuk kategori Mister, gelar juara diraih oleh Mister Korea Sujae Yoo dan berhak atas hadiah uang tunai USD 10.000 dan sash. Runner Up 1 diraih oleh Mister India Vishal Choudary, Runner Up 2 diraih oleh Mister Russia Ruslan Nikolaev, Runner Up 3 diraih oleh Mister Myanmar Thura Nyi Nyi, Runner Up 4 diraih oleh Mister Cambodia Eng Sokhoung dan Runner Up 5 diraih oleh Mister Srilanka Udama Maduwantha.

Kembali ke Salsa, sebelum berkompetisi lulusan Bahasa dan Seni Tari dari Universitas Negeri Jakarta ini dan pengajar tari ini sudah melakukan persiapan mulai dari pengetahuan tentang pariwisata dan budaya, public speaking dan juga catwalk. Tidak lupa juga penyayang kucing ini juga menjaga kesehatan fisik dengan berolahraga secara teratur. Sebagai wakil Indonesia pertama di ajang ini, penggemar Edymar Martinez ini juga siap memberikan yang terbaik di setiap tantangan yang diberikan dan pastinya tetap menjadi diri sendiri. Sebagai informasi tambahan, Salsa sudah mewakili Indonesia di berbagai festival kebudayaan khususnya bidang tari di berbagai Negara seperti India, Yunani, Jepang, China dan Taiwan. Selain itu, dia juga sudah beberapa kali menjadi penari bintang tamu di stasiun televisi lokal.

Melalui ajang Miss Tourism & Culture Universe ini, gadis yang menyukai Raja Ampat dan Yunani sebagai destinasi wisata ini ingin memperkenalkan budaya Indonesia melalui tari tradisional karena secara tidak langsung juga melestarikan warisan kebudayaan bangsa tersebut. Sewaktu berkompetisi, Salsa juga mendapatkan kategori Bunga nasional untuk dipresentasikan dan dia mempresentasikan Bunga Rafflesia Arnoldi dimana dia sukses meraih gelar Best Presentation. Setelah kompetisi, Salsa tetap ingin memperkenalkan budaya Indonesia melalui tari tradisional kepada anak-anak yang kurang mampu di lingkungannya dan harapan teresarnya adalah mengadakan misi kebudayaan antar negara di negara kita.

Selamat kepada Salsa atas gelar 5th Runner Up, Top 3 Best National Costume & Best Presentation di ajang Miss Tourism & Culture Universe 2018. Terimakasih Salsa atas perjuangannya di ajang ini dan semoga Salsa sukses ke depannya.

Penulis : Lauwardy
Photo : Missosology & Thai Runway

Comments

comments