Top 10 Best in National Costume Miss Grand International 2017 versi Indonesian Pageants

Kompetisi Best In National Costume Miss Grand International 2017 telah digelar di atas panggung pada Kamis malam, 12 Oktober 2017 di Sun Spa Resort, Quan Binh, Vietnam.
Sambil menunggu hasil, berikut ini IP akan memberikan penilaian top 10 The Best National Costume versi Indonesian Pageants berdasarkan keunikan kostum dan hasil eksekusi kontestan.

10. Argentina
Seperti biasa, kontestan latina selalu memukau dengan kostum karnaval. Argentina membawa kostum dengan dominasi warna emas dan sayap berbulu warna merah muda. IP memilih Argentina karena hasil eksekusi yang bagus dan detail kostum yang memukau. IP juga jatuh cinta dengan headpiece kostum yang sangat elegan. IP menilai kostum ini tidak berlebihan dan sangat cantik.

9. Panama
Masih dari negara Amerika latin, IP memilih Panama di posisi 9. Panama memukau dengan kostum bertemakan burung. IP menilai mungkin tema kostum Miss Panama adalah burung kakatua yang merupakan hewan tropis dan banyak ditemukan di hutan-hutan negara tropis seperti negara-negara Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara. Bulu-bulu sintetis yang didominasi warna biru, hijau muda, kuning, dan merah berhasil membuat penonton malam itu terpukau.

8. Nicaragua
Kostum Miss Nicaragua didominasi warna emas dan hijau. Kostum ini sepertinya memilih tema burung merak. Ini bisa dilihat dari bulu-bulu merak sintetis yang menghiasi bagian belakang kostum.

7. Thailand
Negeri sejuta senyum ini memilih tema gajah putih yang merupakan hewan suci negara tersebut. Miss Thailand tampil dengan jubah besar yang menutupi kostum inti. Jubah printing tersebut seperti menyiratkan suatu pesan perdamaian. Ini bisa dilihat dari gambar-gambar tentara dan beberapa tulisan yang ditampilkan pada jubah tersebut. Selayaknya sebuah surat kabar yang dieksekusi menjadi sebuah jubah. Yang menarik adalah saat Miss Thailand membuka jubah tersebut. Seketika Miss Thailand berubah dengan kostum gajah putih yang unik dan cantik. Hasil eksekusinya cukup baik sehingga IP memposisikan Miss Thailand di urutan ketujuh.

6. Peru
Tema kostum Miss Peru hampir sama dengan Miss Nicaragua, yaitu burung merak. Namun yang membedakan adalah warna dasar kostum, yaitu putih dan bagian ekor kostum yang bisa dibuka dan ditutup. Ketika Miss Peru naik ke atas panggung, bagian ekor masih tertutup. Namun ketika Miss Peru memperkenalkan diri, voila! bagian ekor terbuka dengan sangat apik dan tidak ada kegagalan sama sekali. Layaknya seekor burung merak asli yang membuka ekor cantiknya.

5. Philippines
Kostum Miss Philippines terinspirasi dari kostum tradisional sebuah suku di negaranya. Miss Philippines tampil dengan sangat cantik dan eksotis. Tidak lupa ia membawa alat musik tradisional semacam ukulele dengan ukuran yang lebih panjang. IP menilai kostum ini layak masuk top 5 dengan kecantikan budayanya yang kental.

4. India
Miss India tampil dengan sangat memukau. Jujur saja pada awalnya IP kurang tertarik dan bosan dengan kostum karnaval semacam kostum nasional Miss India. Tapi yang membuat IP akhirnya memposisikan India di urutan keempat adalah filosofi kostum. IP terpukau dengan bagian sayap kostum ketika Miss India membalikkan badan. Ada wajah Buddha di kostum tersebut. Lalu IP juga sempat melihat ada gambar Taj Mahal pada sari. Akhirnya IP jatuh cinta dengan kostum tersebut. Kostum ini seperti menampilkan. keragaman dan keharmonisan dalam kehidupan masyarakat India. Nilai tradisional pada sari yang merupakan pakaian nasional para wanita India dan makna yang tersirat pada kostumlah yang membuat IP kagum.

3. Vietnam
Sang tuan rumah tampil apik dan memukau dengan busana Ao Dai merah. Detail busana yang cantik dan warna kostum yang menyala membuat IP memposisikan Miss Vietnam di urutan ketiga. Selain itu Miss Vietnam juga mengeksekusikannya dengan sangat baik. Malam itu Vietnam menjadi salah satu kontestan dengan tepuk tangan paling meriah. Ya namanya juga tuan rumah. hehe

2. Laos
Butuh usaha yang begitu berat untuk membawa kostum Miss Laos. Miss Laos menampilkan kostum bertemakan kuil Buddha. Unsur etnik yang begitu kental namun tetap modern. Laos juga mendapat sambutan yang meriah dari para penonton.

1. Indonesia
Kostum terbaik urutan pertama versi Indonesian Pageants adalah Miss Indonesia. Bukan karena IP terlalu berlebihan menilai negara kita, tapi memang kostum ini adalah yang terbaik dari semua kostum yang ada pada malam itu. Bukan lagi tentang karnaval. Kostum yang bertemakan Ibu Pertiwi ini memiliki filosofi yang sangat bagus. Kostum rancangan Maya Ratih yang berkolaborasi dengan designer aksesoris, Morpachio ini mendapatkan sambutan yang sangat meriah.

Bahkan Miss Grand International 2016, Ariska Putri Pertiwi tersenyum bangga dan puas. Dea mengeksekusikan kostum dengan sangat bagus. Sorot matanya, cara berjalan, dan IP merasa ada aura kuat dari dalam diri Dea yang membuat kostum Ibu Pertiwi tampil sangat apik.

Selain sepuluh kostum terbaik, IP juga memiliki lima kostum yang masuk ke dalam daftar top 15. Mereka adalah Venezuela, Jamaica, Mexico, Puerto Rico, dan Malaysia.

Nah, IP Friends, bagaimana? Apakah IP friends punya daftar top 10 versi IP friends sendiri? Apakah akan ada back to back winner untuk The Best National Costume? Tetap voting untuk kostum terbaik yang kalian suka ya.

Penulis : Putra Zia
Editor: Aditya Yasmin

Comments

comments