Inilah 6 Wanita Membanggakan Indonesia, Juara Beauty Pageants International

Menuju akhir tahun, ajang beauty pageants memasuki babak baru dan makin seru, dimana wakil-wakil Indonesia dari berbagai ajang nasional akan berkompetisi di ajang International dan membawa nama Indonesia.

Tahukah kamu kalau 6 wanita ini pernah membanggakan Indonesia di ajang Beauty Pageants International?

1. Dimulai dengan Linda Emran juara pertama Miss Asia Pasific International 1977 yang diadakan di Manila, Filipina. Memiliki nama lengkap Linda Emran Abiprajadi, saat mengikuti kompetisi tersebut Linda berusia 19 tahun. Fasih berbicara dalam tiga bahasa: Inggris, Perancis dan Belanda menjadi nilai plus di mata dewan juri. Ajang ini awalnya bernama Miss Asia Quest sebelum berganti nama menjadi Miss Asia Pasific International.

Tahun 2017 Miss Asia Pasific International kembali digelar di Filipina, lisensinya dipegang oleh Yayasan El John Indonesia dan tahun ini mereka akan mengirim perwakilannya namun belum diumumkan siapa yang akan dikirim.

2. Mahkota kedua di ajang international diraih Indira Sudiro melalui Miss Asean 1991 yang diadakan di Hailai, Ancol, Jakarta Utara. Setahun kemudian Indira melanjutkan petualangan pageantsnya mengikuti Puteri Indonesia 1992 dan menjadi juara, satu tahun kemudian di tahun 1993 ia mengikuti Miss Universe di Mexico. Namun sayang keikutsertaannya tidak didukung pemerintah sehingga di tengah karantina ia dipaksa mundur dan pulang ke Indonesia.

Wanita berusia 46 tahun tersebut kini berprofesi sebagai pengusaha, sudah menikah dan memiliki 6 orang anak.

3. Mahkota ketiga datang dari Bunga Jelitha Ibrani yang menjadi juara Supermodel of Asia Pasific 2011 yang diadakan 19 September 2011 di Bangkok Thailand dan sekarang berganti nama menjadi Supermodel International.

Enam tahun kemudian, Bunga melanjutkan petualangan pageantsnya sebagai Puteri Indonesia 2017 dan mewakili Indonesia di Miss Universe 2017 yang akan diadakan dibulan November 2017.

4. Mahkota keempat datang dari Miss Scuba International 2011, melalui Dayu Hatmanti (1st runner Miss Scuba Indonesia 2011). Hebatnya lagi Indonesia meraih dua gelar juara sekaligus yaitu juara pertama pertama (Dayu) dan juara kedua oleh Nendy Yunizar (Miss Scuba Indonesia 2011).

Saat meraih gelar Miss Scuba International 2011 Dayu menyisihkan 14 kontestan lainnya dari 5 negara-negara Asia (Indonesia, Malaysia, China, Hongkong & Thailand). Pemilihan berlangsung selama 16 hari di Kota Kinabalu, Pulau Mabul Sabah Malaysia, dan puncaknya adalah malam Grand Final di Grand Borneo Ballroom Kota Kinabalu tanggal 9 Desember 2011.

Pemilihan ini adalah Pemilihan khusus memilih International Diving Ambassador, serta berperan penting dalam mempromosikan olahraga selam, destinasi wisata selam dan konservasi kelautan di seluruh dunia.

5. Mahkota kelima hadir melalui Miss Grand International 2016, melalui Ariska Putri Pertiwi juara keempat Puteri Indonesia 2016 asal Sumatera Utara.

Selama empat tahun penyelenggaran Miss Grand International, tiga tahun berturut-turut dimenangkan wakil Amerika Latin Puerto Rico (2013), Cuba (2014), dan Dominican Republic (2015). Ariska adalah wakil Asia pertama yang berhasil meraih mahkota.

Miss Grand International masuk dalam daftar kelima untuk kategori Grand Slam versi Global Beauties portal beauty pageants pertama di dunia.

6. Mahkota keenam diraih Dikna Faradiba (Putri Pariwisata Indonesia 2015) dan wakil Indonesia di Miss Tourism International 2016 yang diadakan di Malaysia. Dikna masuk top 5 Miss Tourism International 2016 dan meraih predikat sebagai Miss Southeast Asia Tourism Ambassadress 2016/2017.

Sebelum digabung bersama Miss Tourism International 2016. Miss Southeast Asia Tourism Ambassadress mempunyai ajang sendiri. Miss South East Asia Tourism Ambassadress mulai diadakan sejak tahun 1992 oleh Tan Sri Datuk Danny Ooi, malam finalnya diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Diikuti 14 kontestan dari 6 negara Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darrusalam, Indonesia dan Filipina.

Penulis: Irwansyah
Editor: Aditya Yasmin

Comments

comments