Jejak Langkah Terbaik Mereka Torehkan Bagi Penerus Selanjutnya

cymera_20161001_153048

Keindahan dan keanekaragaman budaya Indonesia patut disyukuri. Indonesia selain terkenal dengan keramahannya saat mengikuti kompetisi kecantikan dunia. Indonesia juga dikenal dengan prestasinya di sesi national costume. Memiliki keanekaragaman budaya, membuat designer mempunyai banyak pilihan design yang akan dibuat.

Pada awal tahun 2016, tepatnya 21 Maret 2016. Indonesia meraih best national costume di Supermodel International 2016 yang diselenggarakan di India melalui Windy Yolanda Amran finalis Miss Earth Indonesia 2015. Mengangkat tema Barong Osing “Sunar Udara” Kemiren, Banyuwangi. Barong ini sedikit berbeda dengan Barong Bali, perbedaannya terletak pada sayapnya, sedangkan Barong Bali tidak memiliki sayap.

Barong Osing Banyuwangi zaman dahulu dipakai untuk pagelaran acara sakral, namun di zaman sekarang, sering di pertunjukan untuk acara hiburan. National costume tersebut dibuat secara khusus dari designer Annisa Febby, dan tidak hanya meraih best national costume, Windy juga masuk dalam Top 15.

Satu bulan kemudian giliran Olvah Alhamid, Top 5 Puteri Indonesia 2015 yang mengharumkan nama Indonesia. Tepatnya di bulan April 2016, Olvah mengikuti Miss Eco Universe 2016 yang diadakan di Mesir. Olvah masuk Top 16, meraih best national costume, Miss Digital Awards dan Miss Cooking. National costume dengan tema Bird of Paradise pengabungan antara propinsi Papua dan Papua Barat adalah karya designer Eko Tjandra.

Semua elemen yang ada mempunyai makna tersendiri. Headpiece melambangkan Honai rumah adat Papua. Sayap masing-masing sisi sepanjang 1,25m. Busana berbahan dasar warna emas melambangkan Papua yang kaya akan sumber daya alam

Anggrek hitam disisi dada bagian kanan dan kiri, ingin memperkenalkan pada dunia bahwa Anggrek hitam sebagai bunga termahal dan berasal dari Papua. Tifa instrumen tradisional bagian kanan dan kiri pinggul dimana Papua kaya akan seni dan budaya dan burung Cenderawasih di tangan melambangkan kecantikan Papua, yang harus jaga dan lestarikan.

Kabar terkini datang dari Levina Faby, Top 10 Miss Earth Indonesia 2015 dan juara 2 Wajah Femina 2015. Membawa kabar baik, ia berhasil meraih prestasi sebagai 3rd runner up Miss Cosmopolitan World 2016, yang diadakan di Malaysia pada tanggal 30 September 2016.

Selain itu Faby juga meraih 2 kategori awards Miss Beautiful Hair dan Best National Costume. Bermain dengan warna emas, karya designer Inggi Indrayana Kendran asal Bali.

Jejak langkah terbaik Windy, Olvah dan Faby langkah emas yang ditorehkan, menjadi cambuk bagi wakil Indonesia selanjutnya yang akan berlaga di bulan Oktober.

20160920_221417

Ada lima wakil Indonesia yang akan mengikuti ajang kecantikan dunia. Felice Hwang Puteri Lingkungan 2016 akan mengikuti Miss International di Jepang. Ariska Putri Pertiwi Top 5 Puteri Indonesia 2016 akan mengikuti Miss Grand International di Las Vegas, Amerika Serikat.

Luisa Andrea Miss Earth Indonesia 2016 akan mengikuti Miss Earth di Filipina. Dani Wulandari 3rd runner up Putri Pariwisata Indonesia 2015 akan mengikuti Miss Intercontinental di Srilanka dan Aura Febriyannisa 2nd runner up Miss Earth Indonesia 2016 akan mengikuti Miss Global Beauty Queen di Korea.

Semangat team Indonesia

(is)

Comments

comments