Sobhita Dhulipala : Gelar Miss India Telah Menghancurkan Kepercayaan Diri Saya

“Pertama kalinya dalam hidup saya, Saya menjadi pusat perhatian. Saya merasa aneh dengan diri saya, merasa tidak berdaya…. Gelar Miss India telah merenggut kepercayaan diri saya. Saya dibentuk menjadi seseorang yang hanya bisa menghibur dan menyenangkan,”….

Gelar Miss India dipandang sebagai simbol kepercayaan diri, tetapi mantan Miss India dan aktris Sobhita Dhulipala mengungkapkan bahwa proses menuju mahkota telah menghancurkan kepercayaan dirinya. Aktris yang baru menginjak 25 tahun ini mengungkapkan bahwa dia tumbuh di Vishakapatnam dengan image sebagai seorang “kutu buku dan penyendiri” dan tidak menonton lebih dari 20 film dimana 8 diantaranya adalah serial Harry Potter.

Sobhita pindah ke Mumbai pada usia 16 tahun untuk keluar dari “kota kecil yang kurang menarik” tersebut. Ketika dia diterima di kampus yang bonafid, penampilannya hanya dengan “rambut panjang berminyak, baju dengan motif bunga, bindi dan kaus polka dot.” Menurut aktris yang memulai debutnya di film “Raman Raghav 2.0” arahan Anurag Kashyap, masa kuliahnya tergolong “tidak menyenangkan” dan tepat pada saat itu kesempatan “membuktikan diri” datang kepadanya.

“Teman saya sedang magang di kantor Miss India dan meminta saya untuk mengikuti audisinya. Saya hanya perlu melewati babak pertama untuk menunjukkan kepada teman-teman saya bahwa saya bisa melakukannya. Hasilnya saya lolos babak pertama dan saya ingin melanjutkannya lagi.”

“Pertama kalinya dalam hidup saya, Saya menjadi pusat perhatian. Saya merasa aneh dengan diri saya, I merasa tidak berdaya…. Namun titel Miss India merenggut kepercayaan diri saya. Saya dibentuk menjadi seseorang yang hanya bisa menghibur dan menyenangkan,” ujar Sobhita kepada dalam suatu wawancara.

Setelah sukses meraih gelar pada tahun 2013, model yang kemudian beralih menjadi aktris tersebut mewakili India pada kontes Miss Earth di Filipina pada tahun yang sama dimana dia memperoleh gelar atribut yakni Miss Photogenic, Miss Beauty for a cause, Miss Talent dan Miss Beautiful face.

Dia juga kesulitan menemukan jati dirinya karena slogan Miss India yang membingungkannya. “Awalnya, saya tidak akan memfokuskan diri pada penampilan saja karena menurut saya sudah ‘ok’. Jadi perhatian saya adalah menjadi pelajar yang sukses dan menjadi pemimpin di sekolah. Kepribadian saya tergantung pada apa yang saya baca, bukan dari proses mutasi gen yang ajaib. Miss India lebih memfokuskan pada penampilan dimana nilai-nilai tersebut merupakan yang saya utamakan sewaktu saya masih kecil dulu. Jadi saya merasa terpojok karena sekarang harus melakukan hal tersebut. Saya tidak merasa damai di dalam diri saya.”

Sewaktu ditanyakan bagaimana dia dapat terus menjadi pribadi yang membuatnya tidak nyaman, aktris cantik tersebut berkata : “Saya ingin membuat orang menginginkan saya, saya pikir mungkin para lelaki akan menyukai saya. Saya berumur 19 tahun, jadi pengakuan tersebut menjadi faktor utama saya untuk mengikuti Miss India.

“Miss India membuat saya merasa kecil. Dia membuat saya merasa bahwa tidaklah penting apa yang kamu rasakan atau pikirkan, yang terpenting adalah kecantikan dan daya tarik dimana faktor tersebut tidak dapat kamu kendalikan. Kita dilahirkan dengan keunikan masing-masing,” ujar Sobhita. Sebelum dia terjun ke dunia perfilman, aktris 25 tahun ini juga menjajal dunia modeling tetapi menyadari bahwa hal tersebut membuat dia merasa menjadi pribadi yang “menyedihkan”.

“Hal tersebut membuat saya kacau dimana terjadi krisis identitas pada diri saya. Saya merasa tidak cocok di bidang apapun, sepertinya saya hanya mengikuti ego atau keperluan untuk merasa nyaman dengan diri saya. Dimanakah hal tersebut akan berakhir?” ungkap Sobhita.

Aktris tersebut terakhir muncul sebagai cameo di film “Chef” dan “Kaalakaandi” dengan aktor Saif Ali Khan. Film yang disutradarai Akshat Verma dijadwalkan akan tayang di bioskop pada 12 Januari mendatang.

Penulis ; Lauwardy
Sumber ; Hidustantimes.com

Comments

comments