Indonesia Diantara Dua Negara Konflik Irak dan Palestina, Siapakah Yang Akan Placed Untuk Pertama Kalinya

cymera_20161009_190712

Perhelatan Miss Earth 2016 di Filipina, diikuti 84 kontestan dari berbagai negara, turut hadir dua negara konflik, Irak dan Palestina, kehadiran keduanya membawa warna baru didunia perpageantan, dikarenakan ini untuk pertama kalinya mereka mengirim wakilnya diajang kecantikan dunia.

Irak berpartisipasi dalam kontes Miss Earth 2016 di Filipina dengan mengirim Susan Amer Sulaimani wanita cantik berusia 21 tahun keturunan etnis Kurdi dari ayah bernama Sulaymaniyah. Susan Amer Sulaimani dipilih melalui Miss Iraq Organization.

Susan adalah mahasiswi teknik 3 di Al-Mansour Universitas dan saat ini berada di Baghdad karena pekerjaan ayahnya. Dia adalah seorang stylist profesional dan menjalankan sendiri usaha salon kecantikan. Sebagai runner-up Miss Irak ia dianugerahi gelar “Mesopotamia Princess” yang diadakan bulan Desember lalu oleh Miss Iraq Organization, kontes kecantikan nasional pertama negara itu dalam empat dekade.

Susan sangat senang tentang partisipasi dan berharap bahwa ini akan mengirim pesan persatuan nasional dan perdamaian baik di dalam Irak dan ke seluruh dunia.

Didirikan pada tahun 1972, Miss Iraq Organization adalah satu-satunya kontes kecantikan nasional resmi dari Irak diakui oleh Departemen Kebudayaan, Pariwisata & Antiquities Irak. Dan satu-satunya organisasi resmi yang berwenang dan bertanggung jawab untuk mengirimkan perwakilan ke kontes kecantikan internasional dari Irak.

Sementara itu negara konflik yang berpartisipasi di Miss Earth 2016 datang dari negara Palestina. Untuk pertama kalinya dalam sejarah beauty pageants, negara Palestina mengirimkan perwakilannya yaitu Walaa Issa Khair.

Otoritas Nasional Palestina atau Palestina merupakan sebuah negara yang berbentuk Republik Parlementer yang diumumkan berdirinya pada tanggal 15 November 1988 di Aljiria, ibu kota Aljazair. Berbeda dengan kebanyakan negara di dunia yang mengumumkan kemerdekaannya setelah memperoleh Konsesi Politik dari negara penjajah, Palestina mengumumkan eksistensinya bukan karena mendapat konsesi politik dari negara lain, melainkan untuk mengikat empat juta kelompok etnis dalam satu wadah, yaitu negara Palestina. Dalam pengumuman itu ditetapkan pula bahwa Yerusalem Timur ibu kota negara.

Meskipun negaranya sering dilanda konflik dengan Israel, namun kehadiran dirinya di Miss Earth 2016 adalah membawa misi perdamaian.

Lantas apa hubungannya Indonesia diantara Irak dan Palestina ?

Indonesia adalah negara yang peduli akan kemerdekaan negara Palestina, meski negara mereka sering dilanda peperangan dengan mengakibatkan jatuhnya banyak korban jiwa dan hancurnya fasilitas umum.

Kepedulian Indonesia ditunjukan dengan membangun sebuah Rumah Sakit Indonesia yang berlokasi di Bayt Lahiya, yang telah resmi beroperasi pada 27 Desember 2015. Ini sangat membantu satu juta penduduk Palestina di kota Gaza tak perlu khawatir jika jatuh sakit dan berobat.

Diajang Miss Earth 2016, Indonesia mengirimkan wakilnya Luisa Andrea, mahasiswi 22 tahun lulusan managemen pariwisata dinegara Switzerland, dikirim dari Eljohn Pageants yang sudah mengirimkan wakilnya sebanyak 4 kali, dari Nita Sofiani Miss Earth Indonesia 2013, Annisa Ananda Nusyirwan Miss Earth Indonesia 2014, Belinda Pritasari Miss Earth Indonesia 2015 dan terakhir Luisa Andrea Miss Earth Indonesia 2016.

Sepanjang perhelatan Miss Earth, Indonesia sudah mengirimkan perwakilannya sebanyak sebelas kali, dan tahun ini memasuki tahun kedua belas.

Diampit dua negara konflik, Irak dan Palestina, siapakah diantara ketiga negara tersebut yang akan placed untuk pertama kalinya, tunggu pengumumannya pada malam final tanggal 29 Oktober 2016 yang akan diselenggarakan di Mall of Asia Arena, Pasay City, Filipina.

(is)