Irma Hardisurya, Dari Wakil Indonesia di Dua Ajang Kecantikan, Menjadi Jurnalis Fashion Dunia

 

Irma Hardisurya, jurnalis dan pengusaha butik asal Bandung, Jawa Barat, adalah wanita pertama Indonesia yang mengikuti ajang international berbeda sebanyak dua kali.

Tahun 1696 ia terpilih sebagai Putri Nusantara. Setelahnya ia menjadi wakil ketiga Indonesia yang dikirim keajang Miss International 1969 di Jepang.

Setahun kemudian ia menjadi wakil Indonesia pertama di Miss Asia Pasific International 1970 (Miss Asia Quest) yang diadakan di Filipina. Di Miss Asia Pacific International, Irma meraih spesial awards yaitu Miss Friendship.

Usai mengikuti ajang kecantikan, Irma terjun sebagai jurnalis. Irma bersahabat dekat dengan Pia Alisjahbana pendiri Femina Group yang merupakan cucu dari sastrawan dan budayawan ternama, Sutan Takdir Alisjahbana. Keduanya mewakili jurnalis perempuan Indonesia pertama yang sempat dikirim meliput kegiatan fashion show di Paris dekade 70-an.

Sampai kini diusia yang ke 70 tahun bagi Irma dan 84 tahun bagi Pia, kedekatan mereka tak lekang oleh waktu. Hal ini menunjukkan bahwa gelarnya di Miss Asia Pasific 1970 sebagai Miss Friendship masih dilaksanakan sampai sekarang.

Diacara event fashion tahunan yang memasuki tahun ke-10 penyelenggarannya, Jakarta Fashion Week 2018 (JFW 2018), Irma mengenakan busana warna hijau dipadukan celana hitam, turut hadir memberikan support untuk sang sahabat yang hadir dihari kedua JFW 2018 (minggu, 22 Oktober 2017) dalam acara Pia Alisjahbana Award 2018.

Penulis : Irwansyah
Editor : Yasinta

Comments

comments