Dalam Dua Hari Indonesia Juara National Costume, di 3 Ajang International

Musim pageants yang diadakan dibulan November 2017 sangatlah padat, satu persatu wakil Indonesia mengirimkan perwakilannya diajang international. Selain mengincar gelar juara, nama Indonesia sering berkumandang dengan meraih spesial award “National Costume”

National costume adalah penghargaan prestisius yang diberikan pihak penyelenggara kepada, spesial award ini merupakan identitas kebudayaan yang dimiliki setiap negara, bisa berupa simbol, busana, landmark, sampai makanan khas negara tersebut bisa dijadikan national costume.

Termasuk Indonesia yang memiliki kekayaan budaya, adat istiadat yang tidak pernah habis-habisnya dieksplor menjadi national costume. Keeanekaragaman inilah yang menjadikan nama Indonesia sebagai kekuatan diajang pageants international, hingga mendapatkan julukan “The Power of National Costume”

Seperti yang terjadi dalam dua hari ini, nama Indonesia kembali dipanggil sebagai pemenang best national costume Miss Asia Pasific International 2017, pada hari Jumat, 17 November 2017 di Filipina.

Diwakili Rita Nurmaliza, national costume Paksi Naga Liman. Karya Agung Panembahan atau Pangeran Losari yg bernama PANGERAN ANGKA WIJAYA, dan dikerjakan oleh Ki Nataguna alias Ki Gede Kaliwulu ini merupakan gabungan tiga hewan yaitu Paksi, Naga dan Liman. Paksi atau burung melambangkan alam atas atau langit. Naga menjadi lambang kekuatan alam bawah atau air. Sedangkan Liman atau gajah melambangkan alam tengah atau Bumi. Belalai gajah yang erat melibat trisula membawa pesan bahwa Raja/Sultan harus memiliki cipta, rasa dan karsa setajam bilah trisula.
.
Orang cirebon pasti mengenal dan mengetahui tentang sejarah dan pembuat Kereta Singa Barong dan Kereta Paksi Naga Liman akan tetapi masih sedikit yang mengetahui tentang sejarahnya oleh karena itu kami akan mengulas mengenai hal ini perlu kita ketahui bersama bahwasanya Kereta Singa Barong adalah sebuah kereta kencana yang bentuk penggabungannya dari 4 bagian hewan Singa/Macan (tubuh, kaki dan mata) gajah (belalai) garuda (sayap) naga (kepala). Dibuat pada tahun 1571 Saka atau 1649 Masehi. Kereta ini digunakan untuk keperluan Sultan. Ditarik oleh 4 kerbau putih (kebo bule).
.
Sedangkan Paksi Naga Liman, dari namanya sudah jelas bahwa kereta ini penggabungan dari 3 jenis hewan yaitu, paksi (burung/sayap), Naga (naga/tanduk). Liman (gajah/belalai). Dibuat pada tahun 1350 Saka atau 1428 Masehi. Kereta ini digunakan oleh Sunan Gunung Jati untuk berkeliling Keraton.

Dilanjutkan hari Sabtu 18 November 2017, kembali nama Indonesia berkumandang dan dipanggil sebagai pemenang best national costume Miss Asia Awards 2017 yang diadakan di Korea Selatan, diwakili Stela Natalia, national costume Indonesia sangat memukau dewan juri.

Dan yang terakhir masih di hari Sabtu 18 November 2017, Madhina Suryadi berhasil membawa nama Indonesia meraih best national costume Miss Scuba International 2017 yang diadakan di Kinabalu, Malaysia, dengan tema “Palembang Sparkling” rancangan Viky Veovinza.

Penulis ; Irwansyah

Comments

comments