The Face : Reality Show Modeling Yang Siap Mendunia


face1

Selama ini penggemar reality show bertema modeling mungkin hanya hafal dan familiar dengan franchise Next Top Model ciptaan supermodel Tyra Banks yang telah berumur lebih dari satu dekade dan telah tersebar di lebih dari 30 negara di seluruh dunia. Namun sejak tahun 2013, hadir satu franchise baru reality show bertema modeling yang bisa menjadi alternatif tontonan yaitu The Face. Diprakarsai oleh Naomi Campbell yang merupakan salah satu dari 5 supermodel pertama di dunia, reality show ini menampilkan  3 orang supermodel dunia yang berperan sebagai mentor untuk membimbing sejumlah kontestan calon model untuk bersaing menjadi yang terbaik dan memenangkan hadiah berupa kesempatan menjadi brand ambassador sebuah produk kecantikan ternama.

Meskipun sama-sama reality show bertema modeling, format The Face memang sedikit berbeda dengan Next Top Model. Dalam The Face, setiap kontestan merupakan bagian dari sebuah tim yang dimentori oleh seorang supermodel. Dalam setiap babak, tim tersebut akan bertanding melawan 2 tim lainnya dalam sebuah modeling campaign yang akan dinilai secara langsung oleh brand representative dari campaign tersebut. Tim yang menang akan aman dari eliminasi sedangkan bagi tim yang kalah, mentor dari masing-masing tim harus memilih 1 anggotanya untuk menghadapi babak eliminasi. Mentor dari tim pemenang kemudian akan menjadi penentu yang memilih siapakah diantara 2 kontestan di babak eliminasi ini yang bertahan dan yang harus pulang tereliminasi. Proses ini berulang di setiap babaknya hingga tersisa 1 kontestan yang menjadi juara.

Setelah sukses dengan versi Amerika-nya yang kini telah memasuki musim tayang kedua, The Face kini mulai berekspansi dan hadir dalam versi Inggris dan versi Australia-nya. Bahkan menurut rumor, negara Perancis dan Kanada juga telah membeli lisensi franchise ini dan siap memproduksi versi mereka masing-masing. Hal ini bisa jadi merupakan pertanda bahwa The Face siap menyaingi Next Top Model untuk menjadi reality show modeling yang mendunia.

Berikut ini adalah daftar edisi The Face yang telah atau akan segera tayang di televisi berikut nama-nama mentor supermodel-nya.

Season 1 dari The Face versi Amerika dengan mentor Naomi Campbell, Karolina Kurkova, dan Coco Rocha
faceuk
Season 1 dari The Face versi Inggris dengan mentor Naomi Campbell, Caroline Winberg, dan Erin O’Connor
Season 2 dari The Face versi Amerika dengan mentor Naomi Campbell, Anne V, dan Lydia Hearst
faceau
Season 1 dari The Face versi Australia dengan mentor Naomi Campbell, Cheyenne Tozzi, dan Nicole Trunfio

Akankah The Face dapat menyusul kesuksesan Next Top Model untuk menjadi sebuah fenomena global? Just wait and see … 

(aw)

Comments

comments