IP Around The World: Afghanistan

#IPAroundTheWorld
 
Salam IP friends!
 
IP Around The World adalah segmen terbaru dari @indopageants yang akan membahas A to Z negara di dunia yang berkaitan dengan dunia pageant tentunya setiap hari Kamis. Perjalanan kita mengelilingi dunia di IP Around The World akan dimulai dari negara terpadat ke-42 di dunia, yaitu Afghanistan.
 
Republik Islam Afghanistan juga dikenal sebagai negara yang punya banyak pegunungan di dunia. Sayangnya, Kabul (ibukota) lebih terkenal karena perang yang menahun terjadi di negara ini yang menyebabkan banyak isu negatif terus hadir di media dunia tentang seberapa porak porandanya Afganistan setelah perang. Namun dilain sisi ternyata Afghanistan juga memiliki beauty queen dan keikutsertaannya dalam dunia pageant. Tidak banyak memang, mengingat budaya Islam yang sangat kental membuat pageant masih dianggap suatu hal yang tabu. 
 
Tercatat beberapa beauty queen berdarah Afghan yang pernah menyandang gelar Miss Afghanistan diantaranya:
1. Zohra Daoud, the first official Miss Afghanistan – Miss Afghanistan 1972
2. Vida Samadzai, candidate in Miss Earth 2003
3. Zallascht Sadat, Miss Afghanistan 2009
4. Bahari Ibaadat, Miss Afghanistan 2014
 
Vida Samadzai adalah Miss Afghanistan pertama yang “nekat” ikutserta dalam kontes internasional yaitu Miss Earth 2003. Ia sempat membuat banyak pihak terkejut karena keputusannya berbartisipasi di ajang tersebut dengan tetap menggunakan “Bikini”. Namun sayang usaha Vida tidak berhasil menyakinkan Miss Earth untuk dia mendapatkan tempat di babak semifinal pada malam penobatan.
 
Vida adalah gadis beretnis Pashtun, yang lahir dan besar di Kabul, Afghanistan kemudian di tahun 1996 ia pindah ke USA. Ia memiliki 2 passport yaitu passport Afghanistan dan Passport USA.
 
Ada satu foto kontroversial lagi yang sempat viral yaitu foto National Costume “Burqa”. Banyak yang menulis bahwa itu merupakan foto Vida saat memperagakan National Costume di Miss Earth 2003. Namun jika diteliti lebih lanjut, selempang yang terlihat bukanlah selempang khas Miss Earth melainkan selempang Miss Asia Pacific International.
Yup, pada 9 April 2005 Vida kembali memakai selempang Afghanistan untuk bertanding di Miss Asia Pacific 2005. Kali ini ia berhasil menyabet gelar Miss Friendship.
 
Tidak berhenti sampai disitu perjuangannya, pada 1 Mei 2005 Vida mengikuti kontes Ms. America ® 2005-2006. Waaah, pageant fighter juga ya mbak yang satu ini. 😁 Ia bisa mendaftarkan diri karena memiliki passport dan U.S Citizen. Kali ini keberuntungan berpihak padanya. Ia memenangkan kontes tersebut.
 
Sebagai hadiah dari kemenangannya, ia berhak bertanding di Miss Tourism International Queen yang berlangsung di China. Tapi kali ini ia tidak memakai selempang Afghanistan, melainkan memakai selempang “America”. Ia berhasil meraih gelar Miss Personality.
 
Ketika bertanding di Miss Tourism International Queen, Vida mendapat tawaran dari seorang produser Bollywood untuk menjadi model. Ia diberikan job charity fashion show dan satu panggung dengan Miss Universe.
 
Beberapa pesan Vida saat diwawancarai media tentang keberaniannya memakai sash Afghanistan:
“I would like to make people aware that, as Afghan women, we are talented, intelligent and beautiful.”
 
“Now, women can go to school, go to work, they’re free. They don’t have to wear those long burqas anymore.”
 
“If I offended some people, some women in Afghanistan, I apologize. I represent myself. Afghan women should be allowed to do anything they want. Their rights shouldn’t be suppressed. They should speak their mind, to be whatever they want to be.”
 
Semoga negara yang berada di antara Asia Selatan dan Asia Tengah ini bisa kembali memiliki wakil ya IP Friends untuk mengikut kontes kecantikan dunia.
 
Minggu depan kira-kira kita terbang ke negara mana nih IPfriends?

Comments

comments