Sinergi Cantik KOPI Dihadiri Para Putri Pariwisata Indonesia 2014

KOPI

Bertempat di hotel Oria Menteng Jakarta Pusat, pada hari kamis (26/11) KOPI (Koalisi Online Pesona Indonesia), bersama Kabarindo yang mengagas ide yang sangat cemerlang, dimana merangkul 15 blogger dan 15 media online. Dihadiri Iqbal Alamsyah (Kementrian Pariwisata), Asnawi Bahar Asita (Association of The Indonesian Tours & Travel Agencies) dan Johnnie Sugiarto (El-John Tour and Travel) yang juga ceo dan founder Eljohn Pageant.

Kekurangan pariwisata Indonesia yang banyak terjadi sampai saat ini adalah kurangnya spesifik untuk tujuan destinasi yang akan dijual kepasar luar negeri, berbeda dengan negara lain seperti Thailand destinasi ke Phuket bisa mencapai 10 juta kunjungan.

Tidaknya hanya masalah kurang jelasnya tujuan yang akan dicapai, namun juga banyak kendala yang sering terjadi didaerah yang menjadi potensi wisatawan untuk berkunjung adalah sarana dan prasarana.

Dalam kelas workshop tersebut Iqbal Alamsyah menjelaskan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, ditahun 2019 menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan. Berbanding terbaik dengan Indonesia, mempunyai kekayaan, keragamaan budaya dan pariwisata namun dalam jumlah kunjungan wisatawan sangat tertinggal dari negara Asean.

10 tahun terakhir kenaikan jumlah pariwisata baik dalam negeri maupun luar negeri mengalami jumlah yang signifikan, namun banyaknya berbagai bencana seperti gunung meletus dan erupsi, bencana kabut asap dan kebakaran hutan membawa dampak dengan berkurangnya kunjungan wisatawan tersebut.

Indonesia mengunggulkan wisata kuliner, budaya dan keragamannya, dengan adanya KOPI, sinergi ini dapat berjalan dengan baik untuk memajukan dunia pariwisata Indonesia.

ppi

Tidak hanya pembicara saja yang hadir, namun hadir juga para Putri Pariwisata Indonesia 2014, mereka adalah Vivien Anjadi Suwito Miss South East Asia Ambassadress Indonesia 2015, Wandha Dwiutari Miss Marine Tourism Indonesia 2014 dan Febri Tumongglo Putri Pariwisata Indonesia Sulawesi Utara 2014.

Awal dimulainya pemilihan Putri Pariwisata Indonesia saat Johnnie Sugiarto melihat diluar negeri adanya pemilihan pariwisata yang membuatnya ingin mengadakan pemilihan serupa di Indonesia, berawal dari situlah dimulainya pemilihan tahun 2007 hingga tahun ini 2015 yang memasuki tahun ke-8.

Sebagai wakil Indonesia diajang Miss South East Asia Ambassadress 2015 di Malaysia, Vivien mempunyai pengalaman mengenai nasionalisme Indonesia, saat agenda membatik di tempat workshop My Batik, banyak peserta yang belum tahu asal usul mengenai Batik itu darimana.

Kegemasan Vivien sangat beralasan mempertanyakan keinginan tahuannya dikarena banyak motif batik yang ada ditempat tersebut sangat mirip dengan motif batik yang ada di Indonesia, seperti motif batik Mega Mendung semua orang Indonesia juga tahu kalau motif tersebut asalnya dari Bandung.

Salah satu peserta sangat yakin kalau batik berasal dari Malaysia, Vivien pun mulai memperlihatkan buku asal usul batik.

“Awalnya mereka ngotot kalau batik berasal dari Malaysia, setelah Vivien perlihatkan buku mengenai batik, mereka pun paham asal mula batik berasal dari tanah jawa Indonesia” jawabnya sambil tersenyum.

(is)

Comments

comments