Silent Hero(es) Film Berbahasa Mandarin Pertama di Indonesia

n
Mengangkat literature Tionghoa kedalam sebuah film sangat memberikan pencerahan didunia perfilman Indonesia, dizaman orde lama mereka sulit mengeskpresikan kebudayaan mereka dan diera reformasi keterbukaan akan budaya Tionghoa bisa dilihat dengan jelas dalam film tersebut.

Mengambil setting Singkawang, Jakarta dan Singapura, percampuran bahasa Mandarin, Sunda hingga Indonesia, unsur ke Bhinneka Tunggal Ika diramu apik oleh sang sutradara Ducko Chan, hingga terlihat inilah gambaran keseharian dan kebudayaan yang sudah ada sejak dahulu.

Mengisahkan perjalanan Yong Yong (Fina Phillipe) yang mencintai kesenian Barongsai, namun mendapatkan pertentangan dari  ayahnya (Hasan Karman) yang menganggap kesenian Barongsai tidak menghasilkan apapun, tinggal di Singkawang Yong Yong mencari sebuah sanggar Barongsai di Jakarta, disini ia bertemu dengan pemilik sanggar Karina (Nirina Zubir) dan Fang Shifu(Firman Liem), dan tanpa sengaja Yong Yong bertemu dengan Ernest (Ivanaldy Kabul) benih cinta pun tumbuh dikala mereka sering latihan bersama.

Sementara itu Ernest, Yong Yong dan Pandapotan Sinaga mengikuti kompetisi Barongsai, dengan perjuangan dan latihan yang sangat keras mereka pun berhasil masuk kebabak final, dibabak final mereka melawan Hong Shifu (Freddy Su) tim tangguh dan sangat terkenal dikalangan kesenian Barongsai.

Permasalahan muncul ketika Kakak Ernest, Bing Bing (Alena Wu) yang menginginkan Ernest lebih fokus kebidang bisnis meneruskan tradisi orang tuanya, dan disanggar Barongsai terjadi pertengkaran hebat ketika Fang Shifu mengungkit tidak hadirnya seorang anak didalam keluarganya, karena ia ingin ada yang mewarisi kesenian Barongsai, kejadian ini membuat hati Karina terpukul dan hancur.

Film Silent Hero(es) dibintangi Ivanaldy Kabul (Koko Jakarta 2013), Fina Phillpie, Nirina Zubir, Alena Wu, Firman Liem, Hasan Karman, Jolyn Hendrawan, Freddy Su, Ie Ing, Rosiana Susanta, Nikki Munthe dan Zemary Sahat, disutradari Dukco Chan, produser Budhianto Suryanata dan rumah produksi Duckochan Films.

Berkat penampilan terbaiknya dalam berakting di film Silent Hero(es), Nirina Zubir mencuri perhatihan dewan juri dan masuk dalam nominasi The Best Supporting Actress di Festival Film Indonesia 2014. Untuk menyambut dan memeriahkan Imlek serta Cap Go Me, Silent Hero(es) akan tayang diseluruh bioksop Indonesia 5 maret 2015.
(is)

Comments

comments