Ratu Amplop Film Komedi Pageants Pertama Indonesia Tahun 70an

Pada dekade tahun 70an, Indonesia pernah membuat film mengenai pageants, film komedi dengan bumbu segar nan mengelitik ini dibintangi komedian betawi Benyamin Sueb dan Ratmi B-29.

Film produksi tahun 1974, selain Benyamin S dan Ratmi B-29 (Alm) juga di bintangi Ida Royani, Connie Sutedja, Ida Kusumah (alm), Ellya Khadam, Yatni Ardi, Eddy Gombloh, Tan Tjeng Bok, Rahayu Effendi (Ibunda Dede Yusuf), M.Budhrasa dan Bissu Usman dengan sutradara Nawi Ismail dan produser MT Arsyad

Film ini mengisahkan Beni (Benyamin S.) telah lama berpacaran dengan Ida (Ida Royani) tetapi terpikat pada Ratmi (Ratmi B-29) yang berhasil meraih gelar ratu. Gelar itu diperoleh karena menyuap juri.

Direktur pabrik biskuit tempat Ratmi bekerja memasang gambar Ratmi untuk iklan biskuitnya. Masalah lain timbul karena kambing peliharaan ayah Ratmi membuat kesal seorang janda, kakak Ida tetangganya. Untuk menyelesaikan masalah itu Beni menjual kambing dengan harga murah dan komisinya digunakan untuk pacaran dengan Ida.

Asal usul nama Ratmi B29

Ratmi sendiri adalah seorang pejuang, ia mendapatkan bintang penghargaan atas jasa-nya di masa Revolusi, nama B29 sendiri adalah guyonan dari Wiriadinata, eks Komandan Pasukan Gerak Tjepat (PGT) AURI yang dulu berpangkalan di Bandung,Wiriadinata juga pernah jadi wagub DKI pada tahun 1950-an, Ratmi ini suka memberi hiburan lawak di tengah para Prajurit, B29 itu artinya Bomber 29 dulu pesawat pembom paling besar jenisnya Bomber 29. karena badan Ratmi yang kecil dengan tinggi 150 cm dan beratnya 70 kg dan bulat di ibaratkan seperti pesawat bom.(is)

Comments

comments