Lintas 3 Generasi Film Kartini

CYMERA_20160421_085045

Hari ini tanggal 21 April 2016 adalah hari bersejarah bagi kemerdekaan dan kebebasan hak-hak perempuan Indonesia. Tahun 1900 ada sosok pejuang perempuan yang gigih memperjuangkan hak dan kesetaraan yaitu R.A Kartini.

Perempuan tegar dari tanah Jawa ini meninggal saat ia melahirkan dan menikah dengan seorang Bupati diusia yang masih muda, dahulu ia menuliskan mimpinya ingin membuka sekolah Bumiputera dari lembaran kertas, berganti jaman kini generasinya lebih melek membuat status di sosmed.

Kisah Kartini difilmkan dengan gaya cerita yang berbeda dengan lintas generasi diantara para pemainnya. Film Kartini yang paling diingat adalah besutan sutradara Sumandjaja.

Dibuat pada tahun 80an mengenai kisah perjuangan R.A Kartini dibintangi Yenny Rachman, Bambang Hermanto, Nani Widjaja, Chintami Atmanegara dan Adi Kurdi. Film ini meraih penghargaan Festival Film Indonesia 1983 Tata Sinematografi Terbaik : Soetomo Gandasoebrata. Pemeran Pendukung Wanita Terbaik : Nani Widjaja. Cerita Asli Terbaik : Sudharnoto

Ditahun 2016 kembali dibuat dua film Kartini dibintangi lintas generasi pemenang Gadis Sampul 1996 Dian Sastro difilm Kartini dan finalis Gadis Sampul 2009 Rania Putri Sari difilm Surat Cinta Untuk Kartini. Entah kebetulan atau tidak Acha Septriasa finalis Gadis Sampul 2004 yang sudah bermain difilm Surat Cinta Untuk Kartini dikabarkan akan bermain juga dengan Dian Sastro difilm Kartini.

Surat Cinta Untuk Kartini mengambil kisah perjuangan Kartini dengan digabung kisah fiksi dibintangi Chicco Jericho, Rania Putri Sari, Ence Bagus, Acha Septriasa, Melayu Nicole Hall, Christabelle Marbun, Ayu Diah Pasha, Donny Damara, Keke Suryo Kusumo dan sutradarai Azhar Lubis tayang 21 April 2016. Sedangkan film Kartini Dian Sastro disutradarai Hanung Bramantyo hingga saat ini belum diumumkan kapan akan tayang.

(is)

Comments

comments