Kaleidoskop : Pelaku Pageants Indonesia Rilis Film Tahun 2016

Kaleidoskop : Pelaku Pageants Indonesia Rilis Film Tahun 2016

Film adalah media komunikasi yang bersifat audio visual untuk menyampaikan suatu pesan kepada sekelompok orang yang berkumpul di suatu tempat tertentu. Pesan film pada komunikasi massa dapat berbentuk apa saja tergantung dari misi film tersebut.

Sepajang tahun 2016 Indonesian Pageants mencatat banyak alumni beauty pageants yang berkarier didunia perfilman tanah air, bahkan dalam setahun ada yang menghasilkan empat film yang dirilis.

Berikut daftar Film Nasional Indonesia 2016

melayu-nicole

1. Urutan pertama diraih Melayu Nicole Hall, Miss Indonesia Gorontalo 2015 dan peraih spesial awards Miss Persahabatan, walaupun tidak masuk top 15 besar. Melayu sukses memantapkan kariernya didunia perfilman Indonesia, sepanjang tahun 2016 ia berhasil merilis empat film, satu film drama, film action dan dua film komedi.

Film pertama genre drama yaitu Surat Cinta Untuk Kartini, beradu akting dengan Chicco Jerikho, Rania Putri Sari, Lukman Sardi, Ayu Dyah Pasha, difilm ini Melayu berperan sebagai seorang guru dan rilis 21 April 2016. Film kedua genre action The Professionals beradu akting dengan Fachri Albar, Richard Kyle,Cornelio Sunny dan Lukman Sardi rilis 22 Desember 2016, film ketiga genre Komedi Maju Kena Mundur Kena beradu akting dengan Rafael ‘SMASH’, Adinda Thomas, Wira Nagara, Lolox, Melayu Nicole rilis 24 November 2016dan film keempat genre komedi yaitu Modus dibintangi Andovi Da Lopez, Jovial Da Lopez, Kemal Palevi, Tommy Limm dan Reza Arab Oktovian rilis 4 Mei 2016.

putri-ayudya

2. Urutan kedua dipegang oleh Putri Ayudya, Puteri Indonesia DKI 2 2011, Top 10 Puteri Indonesia 2011 dan Puteri Indonesia 2011 Intelegensia 2. Tahun 2016 Putri berhasil merilis dua film dengan genre yang berbeda, film pertama dengan genre action dan film kedua dengan genre drama.

Film pertama genre action berjudul Bangkit dibintangi Vino Bastian, Acha Septriasa, Adriyan Bima dan Deva Mahenra rilis 28 Juli 2016 dan film kedua genre drama Mengejar Embun ke Eropa dibintangi Rizky Hanggono, Roberta Salzano, Irma Magara dan Danin Dharma, rilis 15 Desember 2016.

aadc2
3. Ada Apa Dengan Cinta 2, film dibintangi Dian Sastro (pemenang pertama Gadis Sampul 1996) Nicholas Saputra, Adinia Wirasti Adinia Wirasti, Titi Kamal Titi Kamal, Sarita Thaib, Christian Sugiono, Ario Bayu Ario dan Sissy Priscillia, dirilis 28 April 2016 diempat negara. Indonesia, Malaysia, Brunei dan Singapura.

Film drama sekuel dari Ada Apa Dengan Cinta pertama 2004,  AADC2 mengisahkan Cinta dan Rangga yang saling mencintai, terpisahkan 14 tahun lalu. Kini, Rangga dan Cinta mendapatkan kesempatan untuk kembali bertemu. Akankah ini menjadi kesempatan kedua untuk mereka kembali bersama? Apalagi hidup mereka tidak lagi sesederhana dulu.

Ada Apa Dengan Cinta 2 termasuk film terlaris tahun 2016 dengan total pendapatan sebanyak 3.665.509 berada diurutan kedua terlaris setelah film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! part 1 dengan total pendapatan 6.858.616

whulandary-herman

4. Whulandary Herman Puteri Indonesia 2013 dan top 16 Miss Universe 2013 kembali merilis film ketiganya dengan genre drama Will You Marry Me dibintangi Ferly Putra, Felicya Angellista, Imannuel Caesar Hito dan Mike Mohede, 15 September 2016.

Mengisahkan Jenny Rose (Felicya Angellista) adalah penyanyi di sebuah kafe kecil di Bandung bersama rekannya Mike, (Mike Mohede). Suatu malam Mike memperkenalkan Rose dengan Rama (Ferly Putra), sahabat masa kecilnya. Terjalinlah hubungan erat antara Rose dan Rama.

Masalah muncul ketika Stefanie (Whulandary Herman), mantan kekasih Rama, hadir. Semenjak kepindahan Rama ke Bandung, Stefanie diam-diam mencari tahu keberadaan Rama. Kesetiaan Rama diuji, begitu pula keikhlasan Rose. Stefanie sangat mengharapkan Rama kembali. Pada saat yang sama mantan tunangan Rose, Daniel (Immanuel Caesar Hito) juga kembali hadir didalam kehidupan Rose. Rose dan Rama terjebak masa lalu.

Agni-pratistha

5. Setelah lama menghilang dari dunia perfilman, menikah dan punya anak, Agni Pratistha Puteri Indonesia 2006, kembali merilis film terbarunya Pinky Promise, film genre drama beradu akting dengan Alexandra Gottardo, Chelsea Islan, Dhea Seto, Dea Ananda dan Ira Maya Sopha, rilis 13 Oktober 2016.

Bercerita tentang Hidup Tika yang hancur ketika tunangannya membatalkan pernikahan mereka. Hanya Anind, tante Tika, yang bisa memaksa Tika keluar dari kesedihan. Anind bahkan berhasil menyuruh Tika untuk pindah ke rumahnya agar bisa move on.

Tika dan Anind kemudian bertemu orang-orang baru: Ken, penari dan juga blogger yang masih kuliah, Baby, model majalah pria dewasa yang menjadi simpanan pria berkantong tebal. Tika dan Anind juga bertemu Farid dan Vina, suami-istri yang harus menghadapi kesulitan ekonomi rumah tangganya. Persahabatan pun terjalin. Namun usia dan latar belakang yang berbeda menimbulkan cara pandang yang bertolak belakang.

kinaryosih

6. Lama tidak merilis film terbarunya, Kinaryosih pemenang pertama Wajah Femina 1997 merilis film genre drama Mars beradu akting dengan Acha Septriasa finalis Gadis Sampul 2004, Jajang C. Noor, dan Teuku Rifnu Wikana, rilis 4 Mei 2016.

Mengisahkan tentang perjuangan seorang ibu bernama Tupon dalam membesarkan anak perempuannya, Sekar Palupi, ditengah keterbatasan yang ia miliki. Film ini berlatar belakang kehidupan keras yang penuh derita di Gunung Kidul.

Meski buta huruf, sang Ibu selalu menanamkan arti pentingnya pendidikan pada anak perempuannya, Sekar Palupi. Ia ingin anak perempuannya menjadi bintang yang paling terang bersinar di malam hari, mengalahkan cahaya bintang yang lain di sekitarnya. Sang Ibu menyebutnya lintang lantip (bintang yang cerdas) yang ternyata merupakan planet Mars.

vicky-shu

7. Vicky Shu, penyanyi dan Top 10 Miss Indonesia 2007 perwakilan Jawa Tengah, merilis film pertamanya bergenre drama Romansa: Gending Cinta di Tanah Turki, dibintangi Ramon Y Tungka, Tistha Nurma dan Dikta Wicaksono, rilis 17 Maret 2016.

Mengisahkan tentang dua pemuda Indonesia yang kuliah di Turki, Bima (diperankan Ramon Y. Tungka) dan Timmy (diperankan Dikta Wicaksono). Suatu saat, keduanya terbelit hutang karena kalah taruhan.

Di Turki, mahasiswa yang menerima beasiswa dilarang berjualan. Namun hal itu tak menghalangi keduanya untuk berjualan kebab dan ice cream demi dapat melunasi hutang-hutangnya. Alhasil, kejar-kejaran dengan petugas pun menjadi makanan sehari-hari keduanya.

Damita Romauli Argoebie

8. Damita Romauli Argoebie, Miss Indonesia Kalimantan Tengah 2015 dan pemenang spesial awards Miss Senyum Terindah, merilis film terbarunya dengan genre komedi Humor Baper, beradu akting dengan Cemen, Opie Kumis, Joe P Project, Ephy Sekuriti, Botay BMX, Otis Pamutih, Fauzi Imam dan rilis 6 Oktober 2016.

Mengisahkan Cinta Laila (Damitha Argoebie) selalu berujung pada pernikahan yang indah. Rojali (Cemen), pemuda keturunan Betawi yang memiliki banyak warisan, adalah anak Juragan Kambing (Otis Pamutih). Karena jatuh cinta pada pandang pertama, Rojali rela memberikan segalanya agar Laila bersedia menikah dengannya.

Namun, apa yang terjadi saat malam pertama melunturkan kebahagiaan mereka. Laila bersengkongkol dengan teman-temannya untuk membawa lari harta kekayaan keluarga Rojali. Keluarga Rojali melaporkan kejadian tersebut ke kantor polisi.

Bukannya marah, Rojali justru mencari Laila untuk diajak kembali menjadi istrinya. Rupanya, Laila mencari korban baru bernama Daniel (Botay BMX). Kecantikan dan sikapnya membuat Laila mudah menaklukkan hati Daniel. Setelah menikah, Laila kembali kabur membawa harta Daniel dan bapaknya (Opie Kumis).

Mendapat laporan yang sama dari beberapa korban, polisi membentuk tim khusus untuk menangkap Geng Laila. Namun, kenyataan mengejutkan didapat polisi (Fauzi Imam) ketika berhasil menangkap Laila.

Alessandra Usman Puteri Indonesia Pariwisata 2010, Puteri Indonesia Gorontalo 2010 dan 2nd runner-up Miss Asia Pacific World 2011

9. Alessandra Usman Puteri Indonesia Pariwisata 2010, Puteri Indonesia Gorontalo 2010 dan 2nd runner-up Miss Asia Pacific World 2011, merilis film pertamanya dengan genre drama, beradu akting dengan Tatjana Saphira, Fachri Alba, Tio Pakusadewo dan rilis 18 Februari 2016.

Mengisahkan Mia sangat berkeinginan untuk membuat pertunjukan teater. Namun mimpi tersebut harus terhenti sementara karena ia divonis mengidap kanker, penyakit yang merenggut nyawa ibunya. Mia merasa seluruh pengalaman kelam akan kembali terulang. Ayahnya akan kembali terpuruk, ekonominya merosot.

Mia selalu ditemani oleh Wanita Bernuansa Pelangi, yang setia dan bersikap positif di sampingnya. Mia berjuang menguatkan dirinya untuk menghadapi beberapa proses kemoterapi, sampai hampir seluruh energi yang telah ia persiapkan untuk membuat pertunjukan habis terpakai.

Pada suatu hari Mia mendatangi sebuah production house untuk memberikan naskah yang menjadi mimpi dan semangatnya itu kepada produser. Sang Produser tidak dapat ia temui. Dengan kecewa Mia pulang, namun ia menemukan sebuah pertunjukan kecil dari sebuah poster.

Mia masuk dan menonton pertunjukan itu. Mia terpaku pada seorang aktor tampan, David. Usai pertunjukan, Mia yang sedang bergegas pulang bertemu dengan David. Mia pun terus menjalin komunikasi dengan sang aktor. Ia mendapat bantuan untuk menyerahkan langsung naskah yang ia tulis kepada sang produser, Rama Sastra. Mereka berhasil membuat Rama setuju untuk membaca naskah tersebut, bahkan tergerak untuk membantu Mia mewujudkannya menjadi kenyataan.

Dengan dukungan penuh David, Wanita Bernuansa Pelangi, dan optimisme tinggi, Mia mulai kembali mengejar mimpinya, sampai harus terbaring diam di rumah sakit. Mia harus menjalani operasi pengangkatan sel kankernya. Usai melalui operasi yang sukses, Mia segera kembali mengejar impiannya.

Melly Baskarani Puteri Muslimah Indonesia 2014

10. Melly Baskarani Puteri Muslimah Indonesia 2014, akhirnya merilis film pertamanya, kebagian peran pendukung, Melly beradu akting dengan Velove Vexia, Deva Mahenra, Nino Fernandez dan rilis 1 Desember 2016.

Mengisahkan Nania Dinda Wirawan (Velove Vexia) bertemu dengan Muhammad Rafli Imani (Deva Mahenra) saat Rafli menjadi mentor kerja praktek Nania di proyek pembangunan rumah sederhana. Nania tidak saja mendapatkan bimbingan mengenai ilmu membangun rumah, tapi juga tuntunan untuk menjalani hidup yang lebih penuh arti. Tidak ada yang mengira bahwa Nania mau menerima lamaran Rafli. Padahal secara status sosial, mereka berbeda bagai bumi dan langit. Nania berasal dari keluarga terpandang, sedang Rafli hanyalah laki-laki biasa.

Ibu Nania (Ira Wibowo) menentang keras, demikian juga ketiga kakak perempuannya (Dewi Rezer, Fanny Fabriana, Donita) yang menikah dengan laki-laki mapan (Agus Kuncoro, Uli Herdinansyah, Adi Nugroho). Apalagi Nania sudah dijodohkan dengan Tyo Handoko (Nino Fernandez), seorang dokter. Berbagai usaha dilancarkan untuk membatalkan niat Nania, tapi Nania percaya bahwa hanya dengan Rafli, hidupnya akan bahagia. Setelah Nania dan Rafli dikaruniai dua anak, mereka harus melalui berbagai cobaan. Rafli harus membuktikan bahwa sekalipun dia hanya laki-laki biasa, tapi cintainya adalah cinta luar biasa.

Annisa Hermati 7 besar Putra Putri Batik Nusantara 2014

11. Annisa Hermati 7 besar Putra Putri Batik Nusantara 2014, setelah ditiga film sebelumnya yaitu Soegija, Jokowi, Jendral Sudirman difilm keempatnya kembali merilis film dengan genre drama romance Aach Aku Jatuh Cinta. Beradu akting dengan Chicco Jerikho dan Pevita Pearce, rilis 14 Februari 2016.

Mengisahkan Yulia (Pevita Pierce) dan Rumi (Chicco Jerikho) tumbuh bersama sejak kecil karena mereka bertetangga. Perubahan zaman selama tiga dekade ikut mengubah gaya hidup dan rasa cinta orang-orang sekitar, juga Rumi dan Yulia. Rumi selalu menjadi sumber kekacauan cinta Yulia. Namun kekacauan yang ditimbulkan Rumi justru sangat membekas di hati Yulia. Setiap kekacauan makin menguatkan kerinduan Yulia.

Yulia mencatatnya dalam buku harian. Pahitnya relasi orangtuanya, kekerasan yang diperlihatkan bapak Rumi. Bangkrutnya pabrik limun orangtua Rumi, kepergian Rumi tanpa pamit, menjadi peristiwa tak terduga bagi Yulia. Perpisahannya dengan Rumi menjadi ujian hubungan cinta Yulia dan Rumi. Pertemuan mereka justru menjadi guncangan hubungan asmara Yulia dan calon suaminya, juga Rumi dan calon istrinya.

 Kenny Austin 1st runner up Lmen of the Year 2014 dan Top 10 Mister International 2015

12. Kenny Austin 1st runner up Lmen of the Year 2014 dan Top 10 Mister International 2015, merilis film pertamanya dengan genre drama romance Dubsmash, dibintangi Jessica Mila, Teejay Marquez, Verrell Bramasta, Rina Hasyim dan rilis 9 Juni 2016.

Mengisahkan Teejay (Teejay Marquez) murid baru dari Filipina membuat histeris cewek-cewek di sekolah. Teejay terkenal dengan video Dubsmash yang sering di-upload di sosial media! Teejay tinggal bersama keluarga bahagianya yang baru saja pindah ke Indonesia. Elsa (Jessica Mila) yang berlatar belakang keluarga broken home, merasa nyaman ketika dekat dengan Teejay. Elsa selama ini tidak pernah menemukan orang yang bisa mengerti dirinya termasuk Marvel (Verrel Bramasta), pacarnya. Hubungan ini membuat Marvel cemburu.

Diana Maharani Puteri Indonesia DKI Jakarta 4 2016

13. Diana Maharani Puteri Indonesia DKI Jakarta 4 2016, merilis film pertamanya dengan genre drama action, Pasukan Garuda: I Leave My Heart In Lebanon, beradu akting dengan Rio Dewanto, Jowy Khoury, Revalina S Temat, Baim Wong dan rilis 15 Desember 2016.

Mengisahkan Anggota Kontingen Garuda, Kapten Satria (Rio Dewanto), Lettu Arga (Yama Carlos), dan Serka Gulamo (Boris Bokir), ditugaskan ke Lebanon sebagai penjaga perdamaian. Satria antara lain harus melerai pertikaian antara tentara Israel dengan tentara Lebanon, dan berhasil membebaskan tentara Spanyol dari sandera pasukan Hizbullah.

Dalam misinya di Lebanon, Kontingen Garuda juga memberikan bantuan sosial kepada warga setempat. Kapten Satria bertemu dengan Rania (Jowy Khoury), guru sekolah dasar, ketika berkunjung ke sekolah-sekolah guna memberikan pemeriksaan kesehatan dan informasi. Sementara di Indonesia, Diah (Revalina S Temat), pacar Satria, semakin gamang, karena muncul Andri (Baim Wong), pemuda lulusan Inggris yang sukses di bidang properti.

Andri menaruh hati kepada Diah dan didukung ibunya (Tri Yudiman). Ayah Diah (Dedy Mizwar) justru meminta Diah untuk setia menunggu Kapten Satria selesai tugas. Satria tak mungkin menikahi Rania dan menetap disana, kecuali dia keluar sebagai prajurit TNI. Rania tidak mungkin meninggalkan Lebanon. Saat Satria kembali ke Indonesia dan menemui Diah, Diah sedang melaksanakan pernikahan dengan Andri.

(is)