Kaleidoskop 2017: Film Karya Pelaku Pageants

Film adalah suatu media komunikasi massa yang sangat penting untuk mengkomunikasikan tentang suatu realita yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari, Film memiliki realitas yang kuat salah satunya menceritakan tentang realitas masyarakat.

Sepajang tahun 2017 Indonesian Pageants mencatat banyak alumni beauty pageants Indonesia maupun beauty queen international yang merilis filmnya.

Berikut daftar film yang dirilis pelaku pageants Indonesia dan beauty queen international di
tahun 2017.

 

1. Surga Yang Tak Dirindukan 2

Pemeran : Laudya Cynthia Bella, Fedi Nuril, Raline Shah (top 5 Puteri Indonesia 2008), Reza
Rahadian, Tanta Ginting. Produser : Manoj Punjabi, Sutradara : Hanung Bramantyo, Penulis : Alim Sudio, Hanung Bramantyo, Manoj Punjabi, Asma Nadia dan rilis 09 February 2017.

Sinopsis:
Empat tahun setelah perpisahan Prasetya (Ferdi Nuril), Arini (Laudy Cinthya Bella), dan
Meirose (Raline Shah), Arini mendapat undangan ke Budapest untuk memberikan lokakarya dan promo bukunya. Karena Prasetya masih sibuk dengan proyeknya, maka ia menyusul kemudian.
Arini tidak menduga bahwa di Budapest, dia bertemu dengan Meirose dan Akbar (Keefe Bazli
Ardiansyah). Meirose hidup bersama ayah kandungnya dan memutuskan kontaknya dengan siapa pun di Indonesia. Meirose bahkan berniat meminta diceraikan secara resmi oleh Pras. Pertemuan dengan Arini membuat Meirose menjadi ragu dengan pilihan hidupnya. Arini begitu tulus menyayangi dirinya dan Akbar, dan berharap agar Meirose kembali pada Pras. Apalagi ketika Pras muncul, Meirose bingung. Muncul juga dokter Syarief (Reza Rahardian) di tengah-tengah persoalan mereka.

Surga Yang Tak Dirindukan 2 meraih jumlah penonton sebanyak 1.637.472 dan berada di posisi ke 5 daftar film Indonesia terlaris tahun 2017.

2. Boven Digoel

Pemeran : Joshua Matulessy, Christine Hakim, Edo Kondologit, Lala Suwages, Henry W. Muabuay, Ira Dimara, Ellen Rachel Aragay (1st runner up Miss Indonesia 2014) dan Maria Fransisca Tambingon (top 10 Puteri Indonesia 2014). Produser : John Manangsang, Sutradara : FX Purnomo dan rilis 09 February 2017

Sinopsis:
Dokter John Manangsang (Joshua Matulessy), bertugas di salah satu puskesmas di Tanah Merah, Boven Digoel, Ia bersama stafnya harus melakukan operasi sesar terhadap Agustina, yang telah melahirkan sembilan kali. Tragisnya, Puskesmas Tanah Merah tidak mempunyai sarana dan tenaga kesehatan yang memadai untuk operasi ini. John memerintahkan Bidan Anthoneta dan Suster Lidia untuk pergi ke Perum Telkom guna melakukan sterilisasi alat-alat operasi, karena listrik di Puskesmas baru menyala malam hari. Suster Ancelina ditugaskan menyiapkan ruang operasi. John sendiri harus pergi ke gudang penyimpanan obat. Sesampainya di gudang, John diberitahu bahwa pintu terkunci, dan kunci dibawa oleh suster ke Merauke. Dimulailah drama tentang persalinan ini.

3. Labuan Hati

Pemeran : Nadine Chandrawinata (Puteri Indonesia 2005), Kelly Tandiono, Ully Triani
(Pemenang II dan Pemenang Favorit Pilihan Pembaca Wajah Femina 2007 ), Ramon Y Tungka.
Produser : Lola Amaria (Pemenang Busana Nasional Wajah Femina 1997) Sutradara : Lola Amaria, Penulis : Titien Wattimena, dan rilis 06 April 2017.

Sinopsis:
Bia, ibu satu anak perempuan, datang ke Pulau Komodo untuk menyepi. Kopernya penuh baju perancang kelas atas, sekaligus buku-buku self development yang sebenarnya ia sudah hafal luar kepala. Ia memilih pulau itu karena kerinduannya pada dunia alternatif di bawah laut sana. Bia sudah lama tidak menyelam. Sejak melahirkan anak pertama, ia bahkan berhenti ke laut. Indi, memiliki tunangan yang mengartikan cinta sama dengan komitmen. Ia sudah beberapa kali menyelam di laut Komodo. Laut itulah yang kemudian ia pilih sebagai titik penyelaman terakhirnya sebelum menikah. Maria, free diver dari pesisir Sulawesi Utara, setahun terakhir bekerja di resort di Pulau Sebayur, sebagai pemandu turis. Sejak ditinggalkan kekasihnya dua tahun lalu, Maria selalu menimpakan kesalahan pada tubuhnya. Menurutnya, itulah penyebab mengapa kekasihnya dulu berselingkuh dan meninggalkannya. Labuan Bajo adalah tempat pertemuan Bia, Indi, dan Maria. Selama tujuh hari enam malam mereka hidup dalam perahu. Ikut di dalam kapal mereka, seorang instruktur selam bernama Mahesa. Ia ikut ke dalam kapal karena Indi dan Bia butuh pendampingan untuk menyelam. Dalam waktu singkat hubungan tiga perempuan itu meningkat dari pertemanan, persahabatan, hingga perang dingin untuk menjadi nomer satu di mata seorang Mahesa.

4. Kartini

Pemeran : Dian Sastrowardoyo (pemenang Gadis Sampul 1996), Acha Septriasa, Ayushita Nugraha, Deddy Sutomo, Djenar Maesa Ayu, Christine Hakim. Produser : Robert Ronny, Sutradara : Hanung Bramantyo, Penulis : Bagus Bramanti, Hanung Bramantyo dan 19 April 2017.

Sinopsis
Kisah nyata perjuangan Kartini (Dian Sastrowardoyo), pahlawan wanita paling populer di
Indonesia. Di awal tahun 1900, Indonesia masih dijajah oleh Belanda, dan Pulau Jawa dipimpin oleh para ningrat dengan pengawasan dari pemerintah Belanda. Saat itu hanya mingrat yang boleh bersekolah dan mendapat pendidikan. Wanita tidak diperbolehkan memperoleh pendidikan yang tinggi. Wanita Jawa pada saat ini hanya ada satu tujuan hidup, menjadi istri seorang pria. Kartini tumbuh dengan melihat langsung bagaimana ibu kandungnya, Ngasirah (Christine Hakim) menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri, dianggap pembantu hanya karena tidak mempunyai darah ningrat. Ayahnya, Raden Sosroningrat (Deddy Sutomo), yang mencintai Kartini dan keluarganya juga tidak berdaya melawan tradisi. Kartini berjuang sepanjang hidupnya untuk memperjuangkan kesetaraan hak bagi semua orang, dan hak pendidikan bagi semua orang, terutama untuk perempuan. Bersama kedua saudarinya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita Nugraha), Kartini membuat sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan kerja untuk rakyat di Jepara dan sekitarnya.

 

5. Wonder Woman

Pemeran : Gal Gadot (Miss Universe Israel 2004), Chris Pine, Robin Wright, Connie Nielsen,
David Thewlis, Danny Huston dan Lucy Davis. Produser : Charles Roven, Deborah Snyder, Zack Snyder, Sutradara : Patty Jenkins dan Penulis : Jason Fuchs dan rilis 31 Mei 2017

Sinopsis:
Diana (Gal Gadot) putri dari Amazon telah dilatih sejak ia kecil menjadi prajurit yang tak
terkalahkan untuk melindungi tanah kelahirannya, Pulau Paradise. Namun semenjak Steve (Chris Pine) seorang pilot Amerika muncul di kehidupannya dan bercerita tentang konflik besar yang berkecamuk di dunia luar, Diana mengubah jalan hidupnya dan menemukan takdir hidupnya yang sebenarnya.

Sejak dirilis, film ini telah berhasil mengantongi 800 juta dolar dari pemutaran filmnya
secara global. Pendapatan itu setara dengan Rp 10,6 triliun. Di Amerika Serikat sendiri,
‘Wonder Woman’ menembus angka 400 juta dolar. Box Office Mojo mencatat perolehan senilai 404 juta dolar menempatkan ‘Wonder Woman’ ada di daftar keenam film terlaris sepanjang masa di Amerika Serikat.

6. Mantan

Pemeran : Gandhi Fernando, Citra Scholastica, Kimberly Ryder, Luna Maya, Ayudia Bing Slamet, Karina Nadila (Puteri Indonesia Pariwisata 2017). Produser : Gandhi Fernando, Sutradara :Svetlana Dea, Penulis : Gandhi Fernando dan dirilis pada 8 Juni 2017.

Sinopsis:
Adi, penulis artikel percintaan, telah bertunangan tetapi masih bimbang untuk menikah. Lalu
dia memiliki ide untuk mengunjungi empat mantan pacarnya hanya untuk memastikan bahwa orang yang akan dia nikahi itu adalah orang yang tepat. Dia mengunjungi Daniella, yang kini telah menjadi seorang ibu rumah tangga di Bandung; Frida; anak walikota Bandung yang terjebak kasus korupsi bapaknya dan sekarang tinggal di Yogyakarta; Juliana, pacar sahabatnya yang diselingkuhi Adi dan sekarang menetap di Bali; dan Tara, penyanyi yang menjadi pengusaha hotel di Bali. Adi merasa bahwa tunangannya adalah orang yang lebih cocok untuknya, sampai dia bertemu dengan mantan pacar terakhirnya, Deedee di bandara Jakarta secara tidak sengaja. Mereka pulang ke rumah Deedee dan hubungan terjalin kembali.

7. Baywatch

Pemeran : David Hasselhoff, Dwayne Johnson, Zac Efron, Alexandra Daddario, Priyanka Chopra (Miss World 2000), Pamela Anderson. Produser : Beau Flynn, Ivan Reitman, Douglas Schwartz,Michael Berk, Gregory J. Bonann, Sutradara : Seth Gordon, Penulis : Damian Shannon, Mark Swift dan dirilis Mei 2017.

Sinopsis:
Seorang kepala penjaga pantai, Mitch (Dwayne Johnson) kedatangan seorang atlet berbakat
namun ceroboh bernama Matt (Zac Efron) yang direkrut menjadi penjaga pantai.

Mitch harus membimbing Matt yang sikapnya menjengkelkan. Di sisi lain, Mitch dihadapkan pada ancaman seorang pebisnis wanita (Priyanka Chopra) yang ingin mengambil alih Bay untuk menjalankan praktek bisnis narkotika.

8. Filosofi Kopi the Movie 2: Ben & Jody

Pemeran : Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Luna Maya, Nadine Alexandra (Puteri Indonesia 2010).
Produser : Anggia Kharisma, Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Sutradara : Angga Dwimas Sasongko, Penulis : Jenny Jusuf, M Irfan Ramly, Angga Dwimas Sasongko, Ni Made Frischa Aswarini, Christian Armantyo dan dirilis 13 Juli 2017.

Sinopsis:
Dua tahun setelah Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) memutuskan untuk menjual kedai mereka dan berkeliling Indonesia demi membagikan “kopi terbaik”, petualangan Ben dan Jody bersama Kombi Filosofi Kopi menemui jalan buntu. Puncaknya terjadi di suatu malam di Bali, saat Aga, Aldi dan Nana memutuskan mengundurkan diri dengan alasan mereka masing-masing. Ben dan Jody harus membuat mimpi baru: pulang ke Jakarta dan membuat kedai kopi nomor satu. Mimpi yang tidak mudah karena Ben yang idealis selalu membuat Jody jengah dan sadar selalu berada di bawah bayang-bayang Ben. Ben dan Jody dipertemukan dengan dua perempuan: Tarra (Luna Maya), investor, dan Brie (Nadine Alexandra), seorang barista. Pertemuan ini membawa Ben dan Jody pada pertaruhan akan persahabatan mereka.

9. Pengabdi Setan

Pemeran : Tara Basro (finalis Gadis Sampul 2005), Endy Arfian, Nasar Anuz, Adhiyat
Abdulkhadir. Produser : Gope T Samtani, Sutradara : Joko Anwar, Penulis : Joko Anwar,
Subagio Samtani, Sisworo Gautama, Imam Tantowi, Naryono Prayitno dan rilis 28 September 2017

Sinopsis:
Rini beserta bapak, ibu, dan ketiga adik laki-lakinya terpaksa tinggal di rumah neneknya di
luar kota setelah rumah mereka dijual untuk pengobatan ibunya. Ibunya sakit selama tiga
setengah tahun tanpa diketahui penyebabnya sehingga keluarganya mengalami krisis finansial. Setelah ibunya meninggal, ayah Rini pergi untuk sebuah pekerjaan. Teror mulai muncul. Sosok hantu perempuan menyerupai ibu mereka menghantui Rini dan adik-adiknya. Rini menemukan fakta bahwa di masa lalu keluarganya terlibat dalam suatu perjanjian hitam yang mengancam keselamatan keluarga mereka. Rini dan adik-adiknya harus membuka misteri masa lalu untuk tetap hidup.

Pengabdi Setan meraih posisi nomor 1 dalam daftar film Indonesia terlaris tahun 2017 dengan total penonton 4.206.103 dan meraih 6 penghargaan Piala Citra Festival Film Indonesia 2017, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pencipta Lagu Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik dan Pemeran Anak Terbaik.

10. Wage

Pemeran : Rendra Bagus Pamungkas, Teuku Rifnu Wikana, Putri Ayudya (Top 10 Puteri Indonesia 2011 dan Puteri Indonesia 2011 Intelegensia 2), Prisia Nasution, Wouter Zweers. Produser :John De Rantau, Andy Shafik, Sutradara : John De Rantau, Penulis : Fredy Aryanto, Gunawan BS, M Subchi Azal Tsani, Jamal, John De Rantau dan dirilis 9 November 2017.

Sinopsis:
Semangat mengantar Wage Supratman melibatkan diri secara langsung dalam pergerakan
kemerdekaan di Jawa: menjadi jurnalis yang menyuarakan penderitaan rakyat kecil, memasuki ruang-ruang rapat organisasi pemuda, terlibat dalam arena pergerakan kebangsaan, dan terutama menggubah lagu-lagu perjuangan untuk menggelorakan semangat perlawanan rakyat. Dari Barat sampai ke Timur, Indonesia Wahai Ibuku, Di Timur Matahari, dan RA Kartini adalah gubahan Wage Supratman. Puncaknya: lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Penulis : Irwansyah
Editor: Aditya Yasmin

Comments

comments