Erin Brockovich: Film Beauty Pageant Pertama Peraih Piala Oscar dan Golden Globe

Film Erin Brockovich mengantarkan Julia Roberts meraih piala oscar, Academy Awards dan Golden Globe di tahun 2000, untuk pertama kalinya dalam perjalanan karier keartisannya di dunia perfilman Hollywood. Walaupun sering masuk unggulan daftar peraih Aktris Utama Terbaik, namun baru di film Erin Brockovich ia mampu memukau dewan juri.

Film tersebut juga masuk dalam 4 nominasi lainnya, yaitu Aktor Pendukung Terbaik, Sutradara Terbaik, Gambar Terbaik, dan Penulisan Naskah Terbaik.

Terpilihnya Julia Roberts memang dirasa pas untuk memerankan sosok asli Erin. Film ini diangkat dari kisah nyata tentang Erin Brockovich seorang aktivis lingkungan berkebangsaan Amerika Serikat yang memenangkan gugatan atas kasus pencemaran air minum di California oleh perusahaan Pacific Gas and Electric Company.

Erin asli kelahiran 22 Juni 1960, di masa remaja setelah lulus dari bangku sekolah, Erin sempat mengikuti ajang kontes kecantikan Miss Pacific Coast pada tahun 1981. Kisah keikutasertaan Erin di ajang kecantikan juga dimasukkan kedalam satu adegan, dimana Julia Roberts memperlihatkan kemampuan akting dirinya berpose sebagai seorang ratu kecantikan dengan memakai mahkota dan mengatakan “Seorang ratu kecantikan tidak boleh berbicara salah“.

Uniknya lagi Erin Brockovich asli juga bermain dalam film tersebut dengan berperan sebagai seorang waitress restoran cepat saji. Jika penonton jeli dan melihat di salah satu adegan Julia Roberts bersama ketiga anaknya sedang makan di dalam restoran dan memesan menu makanan, itulah sosok asli Erin Brockovich.

Film Erin Brockovich mengisahkan tentang seorang single parents bersama 3 anaknya yang diperankan Julia Roberts, berprofesi sebagai wanita pengangguran. Bersamaan dengan keputusasaan saat kalah dari gugatah hukum terhadap dokter akibat kecelakaan mobil beberapa waktu silam.

Erin kemudian menyatakan kalau pengacaranya Ed Masry (Albert Finney) salah dan gagal pada perkara hukumnya. Ia pun merasa tidak mampu membayar jasa Ed. Ed Masry sebagai pengacaranya tak kehilangan akal, untuk menebus kesalahannya, dia menawarkan pekerjaan kepada Erin dengan menjadi firma hukumnya.

Meski punya pengalaman khusus terkait ilmu hukum, Erin tidak pernah peduli. Seringkali Erin berbicara kasar dan berpakaian sangat sexy. Sebuah kasus perkara mengenai Donna Jensen tidak sengaja ia temukan ketika bekerja di firma hukum tersebut. Dalam catatan medis dimana dokumen tersebut adalah kasus sebuah properti.

Erin kemudian menyelidiki kasus ini yang ternyata berkaitan dengan perusahaan besar Pacific Gas dan Electric yang secara diam – diam membeli tanah milik warga Hinkley, padahal tanah tersebut telah terkontaminasi hasil limbah beracun yang membahayakan penduduk sekitar. Air tanah mengandung chromium mengakibatkan hampir 300 orang warga mengalami keracunan, kanker, keguguran, infeksi pernafasan, tulang keropos serta pusing berlebihan.

Selama 2 tahun Erin melakukan invesitgasi, dia bekerja tanpa henti, dan tak kenal lelah. Kerja kerasnya membuahkan hasil dengan putusan pengadilan bahwa perusahan PG & E harus membayar ganti rugi sebesar 2 juta dollar kepada penduduk setempat.

Rilis 17 Maret 2000, Erin Brockovich diproduksi dengan biaya $51,000,000, dan meraih keuntungan box office seluruh dunia sebesar $256,271,286, selain Julia Roberts, film ini dibintangi David Brisbin, Dawn Didawick, Albert Finney, Jack Gill, Pat Skipper, George Rocky Sullivan, Conchata Ferrell dan disutradarai Steven Soderbergh.

Penulis: Irwansyah
Editor: Yasinta

Comments

comments