From Beauty Pageants to Hollywood

Banyak nama-nama besar di dunia ini yang memulai debut karirnya dari kontes kecantikan. Salah satunya adalah menjadi aktris Hollywood.

Berikut ini adalah nama-nama aktris yang pernah bermain dalam film-film Hollywood dan mengawali karirnya sebagai seorang Miss :

1. LYNDA CARTER (Wonder Woman) –
Lynda mengawali karir sebagai kontestan Miss World tahun 1972 sebelum terkenal menjadi pemeran utama pahlawan super wanita, Wonder Woman (tv series). Saat itu ia mewakili negara kelahirannya, yaitu Amerika Serikat. Saat ini Lynda disibukkan dengan aktivitasnya didunia seni peran dan musik.

2. MICHELLE YEOH (James Bond : Tomorrow Never Dies)
Ia adalah kebanggaan masyarakat negeri jiran, Malaysia. Di tahun 1997, Michelle Yeoh mendapat kesempatan beradu akting dengan Pierce Brosnan dalam film James Bond 007 : Tomorrow Never Dies. Sebelum menjadi aktris peran, Yeoh adalah kontestan Miss World 1983 dan satu angkatan dengan Titi DJ. Sayangnya Yeoh saat itu harus berpuas diri tanpa mendapat gelar apapun.

3. HALLE BERRY (Cat Woman)
Halle Berry adalah Runner Up 1 Miss USA 1986. Saat itu lisensi resmi Miss World masih dimiliki oleh Miss Universe Corp (saat ini Miss Universe Organization). Halle Berry akhirnya berkesempatan memgikuti ajang Miss World 1986 di Royal Albert, kota London, Inggris. Walau hanya berpuas diri menjadi Runner Up4, Halle Berry memiliki karir gemilang sebagai aktris di Hollywood.

 

Ia berhasil menjadi pemenang The Best Actress Academy Awards 2002 dan mendapatkan piala Oscar untuk kategori tersebut. Hingga 2017 ini, hanya Berry satu-satunya aktris keturunan Afro-Amerika yang menjadi pemenang The Best Actress dalam ajang penghargaan film paling bergengsi tersebut.

4. AISHWARYA RAI (Pink Panter 2)
Seorang Aishwarya Rai memiliki pengaruh yang begitu besar bagi negaranya, India. Sebagai pemenang Miss World 1994 di Afrika Selatan, Rai mampu menarik simpatik masyarakat dunia dengan kecantikan dan tugas mulia sebagai Miss World dalan proyek Beauty With a Purpose.

Ia berkesempatan mengunjungi banyak negara di dunia dan sukses menjadi brand ambassador beberapa produk kecantikan inrernasional. Sebut saja Lux dan Loreal Paris. Wanita dengan mata terindah ini saat ini sudah memiliki keluarga kecil. Suaminya adalah seorang aktor India, Abishek Bachan yang merupakan putra dari Amitab Bachan, seorang aktor besar dari India.

5. PRIYANKA CHOPRA (Baywatch – 2017 version)
Enam tahun setelah kemenangan Aishwarya Rai, India berhasil melahirkan salah satu bintang besarnya dalam dunia kontes kecantikan internasional, Priyanka Chopra. Chopra merupakan pemenang Miss World 2000 dan aktris India yang kini sudah merambah dunia perfilman Hollywood. Film terbaru Chopra adalah Baywatch yang baru saja dirilis pertengahan tahun 2017. Ia mendapat kesempatan beradu akting dengan Dwayne Johnson “The Rock”, seorang aktor dan pegulat profesional WWF Smackdown.

6. GAL GADOT (Wonder Woman – 2017 version)
Gagal diajang Miss Universe 2004 yang diadakan di Quito, Ekuador, Gal Gadot yang berasal dari Israel lebih memilih dunia akting. Ya, bagi Gal Gadot menjadi seorang ratu kecantikan adalah bukan keinginannya. Berawal dari keinginan ibunya, ia mencoba peruntungan dengan mengikuti audisi Miss Israel. Tanpa ia sangka, ia berhasil memenangkan kontes tersebut. Bahkan Gal Gadot sendiri pun masih bertanya-tanya hingga saat ini.

Mengapa juri lebih memilih Gal Gadot menjadi pemenang? Uniknya saat karantina Miss Universe, ia sengaja melakukan beberapa kesalahan agar tidak dilirik juri menjadi pemenang. Ia sering datang terlambat, menggunakan kostum yang salah dalam suatu acara, dan lain-lain. Ternyata usahanya berhasil. Baginya menjadi ratu kecantikan bukanlah gelar yang pantas disematkan untuk dirinya.

Dua tahun setelah jabatannya sebagai Miss Israel selesai, ia mengikuti wajib militer di negaranya, Israel. Setelah itu ia pun mendapatkan kesempatan berakting dalam film Fast and Furious 6 bersama alm. Paul Walker. Meskipun hanya menjadi pemeran pembantu, kini segala usaha dan pencapaiannya sudah ia raih dengan gemilang. Ia menjadi Israeli Rising Star dan menjadi idola baru dalam perfilman dunia setelah sukses memerankan tokoh pahlawan super, Wonder Woman.

7. YU WENXIA (Transporter : Refueled)
Yu Wenxia yang berasal dari Heilongjiang, Cina ini mampu membuktikan bahwa tiada hasil yang mengkhianati usaha. Gadis yang hobi menyanyikan dan memainkan musik klasik ini merupakan pemenang kontes Miss World 2012. Ia mampu menyamakan prestasi Zhang Zilin, Miss World 2007 yang tak lain adalah pemenang Miss World pertama dari negara tirai bambu.

Ditahun 2015, Yu Wenxia mendapatkan kesempatan berakting dalam film Transporter : Refueled.
Nah, IP Friends.

Dalam artikel ini kita mampu mengetahui bahwa kontes kecantikan atau male pageant bukan sekedar ajang hura-hura. Namun ajang-ajang tersebut merupakan batu loncatan bagi mereka yang ingin meraih mimpinya dengan sukses. Kira-kira siapa lagi ya mantan ratu kecantikan internasional yang menjadi aktris dunia?

Penulis : Zia Putra

Comments

comments