Ada Apa Dengan Cinta 2 Tuntaskan Puisi Cinta dan Rangga

aadc2-1

Ada Apa Dengan Cinta 2 akhirnya film yang ditunggu-tunggu siap rilis 28 April 2016. Kisah Cinta dan Rangga adalah film fenomenal dibuat tahun 2002 saat itu, film pertamanya meraih box office dan menjadi trend anak muda smu dengan memakai kaos kaki tinggi dan mulai menyukai sastra puisi.

Kini 14 tahun (purnama) berlalu kisah Cinta dan Rangga di Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC) mulai menyapa para pengemarnya, menceritakan kisah Cinta (Dian Sastro) bersama genk Cintanya Carmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal) dan Milly (Sissy Pricilla) mengadakan liburan ke Yogyakarta.

Dari jalan-jalan menyusuri keindahan Yogyakarta, wisata kuliner menikmati enaknya makanan gudeg, tidak disengaja Carmen dan Milly berjumpa dengan Rangga. Setelah 9 tahun (purnama) berlalu Rangga hadir kembali didalam hidup Cinta.

Pada hari senin (25/4) diadakan press screening dan press conference yang berlangsung di XXI dan The Hall Senayan City. Turut hadir para pemain Dian Sastro, Nicholas Saputra, Titi Kamal, Adinia Wirasti, Sissy Prisilla, Aryo Bayu, Sarlita, Dimi Cyndiastira, musisi Melly Goeslaw, Anto Hoed, sutradara Riri Riza, produser miles film dan penulis naskah Mira Lesmana.

Para pemain masih yang dulu dengan perubahan pada diri masing-masing pemain, yang terlihat lebih dewasa dengan penampilan lebih modis, seperti pemeran Carmen, Adinia Wirasti yang baru saja meraih Most Style Female Celebrity dari Fashion Nation Tenth Senayan City 2016.

Mengambil lokasi syuting 70% di Yogyakarta, Ada Apa Dengan Cinta 2 hadirkan beberapa seniman muda asal Yogyakarta seperti Eko Nugroho seniman instalasi, musisi Marzuki Mohammad dengan grup Jogja Hip Hop Foundation, kelompok teater boneka pappermoon Puppet Theatre dan Pepeng seniman Kopi, sementara itu dari Jakarta datang dari penyanyi indie Jazz Mian Tiara.

CYMERA_20160426_090136

AADC 2 masih mengangkat keindahan elemen penting yang tidak pernah hilang di AADC1 yaitu puisi Rangga, puisi-puisi Rangga ini dibuat oleh sang pujangga bernama Aan M, Mnsyur asal Makassar. Seluruh puisi ini dibukukan kedalam buku “Tidak Ada New York Hari Ini” yang akan dirilis bersamaan tayangnya Ada Apa Dengan Cinta 2 dibioskop Indonesia.

aadc2-2016

Berikut cuplikan puisi Rangga yang diciptakan Aan M. Mansyur

Semua perihal diciptakan sebagai batas. Membelah sesuatu dari sesuatu yang lain. Hari ini membatasi besok dan kemarin. Besok batas hari ini dan lusa. Jalan-jalan memisahkan deretan toko dan perpustakaan kota, bilik penjara dan kantor walikota, juga rumahmu dan seluruh tempat di mana pernah ada kita.

Bandara dan udara memisahkan New York dan Jakarta. Resah di dadamu dan rahasia yang menanti di jantung puisi ini dipisah kata-kata. Begitu pula rindu, hamparan laut dalam antara pulang dan seorang petualang yang hilang. Seperti penjahat dan kebaikan dihalang uang dan undang-undang.

Seorang ayah membelah anak dari ibunya — dan sebaliknya. Atau senyummu, dinding di antara aku dan ketidakwarasan. Persis segelas kopi tanpa gula menjauhkan mimpi dari tidur.
Apa kabar hari ini? Lihat, tanda tanya itu, jurang antara kebodohan dan keinginanku memilikimu sekali lagi.

Tidak bisa dipungkiri sebuah film dan lagu ada satu ikatan sinergi yang tidak bisa dilepaskan begitu saja, di album soundtrack AADC2 kembali menghadirkan suara Melly Goeslaw yang duet dengan musisi muda Marthino Lio dalam single “Ratusan Purnama”. Album ini berisi 8 single, 6 single baru dan 2 single lama “Bimbang” versi kekinian dibawakan kembali oleh Stephanie Poetri anak dari penyanyi Titi DJ bersama Anakku Lelaki Hoed dan Pria Bernama Hoed anak dari Melly Goeslaw dan Anto Hoed. Bagi Melly lagu “Jangan Ajak Ajak Dia” adalah lagu yang paling berkesan untuknya selama pembuatan album AADC2.

Dihari yang sama masa tayang pertamanya, AADC2 akan bersaing dengan film hollywood Civil War, untuk bersaing dengan film tersebut akan disediakan 183 layar bioskop diseluruh tanah air.

Melihat antusias pengemar Ada Apa Dengan Cinta 1 ditahun 2002 yang sekarang sudah beranjak dewasa dan pengemar barunya, tidak menutup kemungkinan dengan naskah yang bagus, lokasi syuting di Yogyakarta, New York Amerika Serikat dan Jakarta, serta ditambah akting pemain dan pengisi soundtracknya, Ada Apa Dengan Cinta 2 akan kembali sukses.

Ada Apa Dengan Cinta 2 akan tayang tanggal 28 April 2016 tidak hanya di Indonesia saja, namun akan tayang serentak di 3 negara sekaligus, Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

(is)