10 Film Terlaris Indonesia Berasal Dari Alumni Pageants

Dunia perfilman Indonesia setiap tahunnya selalu memunculkan pemain baru yang datang dari dunia pageants. Ada yang menjadi pemenang, finalis, dan ada juga yang menjadi langganan menjadi cover majalah, model iklan dan model runway.

Kehadiran mereka berhasil memikat hati penonton untuk datang ke bioskop. Film dengan tema remaja, drama percintan dan komedi berhasil meraih posisi puncak, mencuri perhatian para penonton.

Seperti dilansir dari filmindonesia.or.id 10 film Indonesia terlaris sepanjang satu dekade terakhir dari tahun 2008 sampai dengan 2018; banyak pemainnya berasal dari dunia pageants. Berikut ulasan berdasarkan peringkatnya:

1. WARKOP DKI REBORN: Jangkrik Boss! Part 1 (Posisi pertama) dan WARKOP DKI REBORN: Jangkrik Boss! Part 2 (Posisi keenam)

Ketiga pemeran Warkop DKI. Dono (Abimana Aryasatya), Kasino (Vino Bastian), Indro (Tora Sudiro) dimasa mudanya pernah menjadi cover majalah remaja era 90-an, uniknya lagi diantara mereka bertiga hanya Abimana Aryasatya dimasa mudanya pernah mengikuti kontes Model Aneka Cemerlang 1997 dengan prestasi juara kedua. Waktu itu Abimana masih memakai nama Robertino.

2. DILAN 1990.

Vanesha Prescilla langsung meroket menjadi idola baru pencinta film nasional, melalui perannya sebagai Milea dalam film pertamanya: Dilan 1990. Film yang dirilis pada 25 Januari 2018 menjadi film terlaris kedua sepanjang masa dan terlaris posisi pertama ditahun 2018. Kabarnya film tersebut juga akan diputar di negara Asia Tenggara termasuk Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Vanesha sendiri mengawali kariernya sebagai finalis Gadis Sampul 2014; meski tidak menang, namun keberuntungannya didunia peran membawanya menjadi aktris yang akan diperhitungan dimasa depan. Catatan saja, Dilan 1990 akan berlanjut dengan sekuel berikutnya Dilan 1991 dan Dilan 1992.

3. LASKAR PELANGI.

Film tentang kehidupan masyarakat Bangka Belitung era 70-an ini mampu membius penonton tanah air dan meraih box office ditahun 2008; mengantarkan pemeran utamanya Cut Mini yang berperan sebagai Ibu Muslimah terpilih sebagai Aktris Terbaik Indonesian Movie Awards 2009 dan Aktris Terpuji Festival Film Bandung 2009. Cut Mini mengawali karier sebagai finalis Cover Girl majalah Mode 1989.

4. HABIBIE & AINUN (Posisi keempat) dan MY STUPID BOSS (Posisi kesembilan).

Reza Rahardian, aktor berbakat peraih piala citra sebagai aktor terbaik FFI 2014 ini mengawali kariernya dari pemilihan cover majalah remaja, menjadi pemenang Favorit Top Guest Aneka Yess 2004.

5. PENGABDI SETAN.

Tara Basro mampu membangkitkan karakter baru dalam film prekuel dengan judul sama keluaran tahun 1980. Film ini berhasil menjadi film terlaris ditahun 2017 dan masuk posisi kelima terlaris dalam 10 tahun terakhir. Tara Basro mengawali kariernya sebagai finalis Gadis Sampul 2005 (satu angkatan dengan Bunga Jelitha Ibrani – Puteri Indonesia 2017). Film ini berhasil meraih nominasi terbanyak, FFI 2017 dengan total 13 nominasi dan berhasil meraih 5 Piala Citra kategori Pemeran Anak Terbaik, Tata Sinematografi Terbaik, Tata Suara Terbaik, Tata Musik Terbaik dan Tata Artistik Terbaik.

6. AYAT-AYAT CINTA (Posisi ketujuh) dan AYAT-AYAT CINTA 2 (Posisi kesepuluh).

Aktor Fedi Nuril mengawali kariernya dari dunia model. Selain menjadi model di catwalk, Fedi juga sering tampil sebagai cover majalah atau bintang iklan. Selain Fedi Nuril, pemain lainnya Dewi Sandra dan Tatjana Saphira dalam film Ayat-Ayat Cinta 2 juga sempat menjadi model majalah remaja Gadis Sampul dan Kawanku. Dan Chelsea Islan pemenang pertama Go Girl Look 2011.

7. ADA APA DENGAN CINTA 2.

Genk Cinta yang digawangi Dian Sastro, Titi Kamal, Adinia Wirasti dan Sissy Precilla berhasil masuk film terlaris kedua ditahun 2016, film ini berhasil membuat penontonnya terpesona keindahan dan kekayaan kuliner propinsi D.I. Yogyakarta.

Film ini berhasil menjadikan 9 lokasi shooting tersebut sebagai lokasi favorit tujuan wisata D.I. Yogyakarta. Lokasi tersebut yaitu: Gereja Ayam, Kedai Kopi, Sate Klatak, Istana Ratu Boko, Pantai Parangtritis, Punthuk Setumbu, Pojok Benteng dan Padepokan Pak Bagong Kusdiarja. Sedangkan pemerannya, Dian Sastrowardoyo mengawali karier sebagai juara Gadis Sampul 1996 dan Titi Kamal pemenang Cover Girl Aneka Yes 1997.

Sumber photo : Asev (facebook) & Wodjo (instagram)
Penulis : Irwansyah
Editor: Mukie Muza

Comments

comments