All About The World of Miss South Africa

south africa

Beberapa trivia tentang salah satu kontes kecantikan nasional paling bersejarah dan bergengsi di dunia, Miss South Africa!

1) Miss South Africa pertama kali diadakan pada tahun 1956 oleh koran nasional Die Landstern sebagai kontes nasional untuk memilih wakil Afrika Selatan ke ajang Miss World dengan pemenang pertamanya Norma Vorster yang berkompetisi di Miss World 1956. Sebelumnya pernah ada kontes “Miss South Africa” yang di tahun 1925 dengan pemenangnya Mavis Alexander, namun kontes ini hanya diakan satu kali dan tidak ada hubungannya dengan kontes Miss South Africa yang sekarang.

2) Miss South Africa berkantor pusat di Johannesburg dan saat ini dimiliki oleh sebuah perusahaan pemilik bisnis hotel, kasino, dan resort yang bernama Sun International. Kontes ini memegang lisensi Miss World sejak tahun 1956 dan lisensi Miss Universe sejak tahun 1998.

3) Sudah ada 3 pemenang Miss South Africa yang menjadi pemenang Miss World. Saat masih berumur 2 tahun, kontes Miss South Africa sudah berhasil mencetak pemenang Miss World di tahun 1958 dengan wakil Penelope Coelen. Selanjutnya di tahun 1974, Anneline Kriel yang awalnya adalah juara kedua, diangkat menjadi Miss World setelah juara pertamanya dipecat. Dan belum lama ini, Rolene Strauss menjadi pemenang Miss World di tahun 2014.

4) Belum ada pemenang Miss South Africa yang menjadi pemenang Miss Universe. Prestasi terbaik juara Miss South Africa di ajang Miss Universe adalah Cindy Nell yang menjadi juara ketiga di tahun 2003. Margaret Gardiner, pemenang Miss Universe 1978 asal Afrika Selatan, bukanlah pemenang Miss South Africa melainkan pemenang kontes nasional lain yang saat itu memegang lisensi Miss Universe.

5) Kontestan yang ingin mengikuti Miss South Africa, bukan saja harus memenuhi persyaratan belum menikah dan mempunyai anak, tetapi juga tidak boleh sedang terikat dalam pertunangan dengan calon suami mereka.

6) Sistem seleksi yang berlaku di Miss South Africa saat ini dimulai dari proses audisi di sejumlah kota untuk memilih sekitar 30-an semifinalis. Selanjutnya semifinalis ini akan disusutkan menjadi 12 finalis yang diundang untuk mengikuti masa karantina dan malam final. Proses seleksi dari audisi awal hingga terpilihnya pemenang di malam final ini bisa memakan waktu berbulan-bulan setiap tahunnya.

7) Antara tahun 1970 – 1976, saat politik apartheid masih diberlakukan di Afrika Selatan, Miss World memiliki 2 pemegang lisensi di Afrika Selatan. Kontes Miss South Africa, yang saat itu hanya boleh diikuti kontestan kulit putih, mengirimkan wakil kulit putih dengan sash South Africa. Sementara Harry Solarsh, seorang pengusaha pakaian, mengadakan kontes nasional versinya sendiri khusus untuk kontestan kulit hitam dan mengirimkan wakil kulit hitam dengan sash Africa South.

8) Antara tahun 1978 – 1990, pemenang Miss South Africa tidak diijinkan mengikuti Miss World karena kritikan dunia internasional terhadap rasialisme di Afrika Selatan. Baru di tahun 1991, setelah politik apartheid diberlakukan, pemenang Miss South Africa kembali diijinkan mengikuti Miss World.

9) Finalis yang tidak terpilih menjadi juara di Miss South Africa diijinkan untuk kembali berkompetisi di Miss South Africa selama masih memenuhi persyaratan. Salah satunya adalah Rolene Strauss yang merupakan Top 5 Miss South Africa 2011 sebelum kembali 3 tahun kemudian untuk menjadi juara Miss South Africa 2014 dan Miss World 2014.

10) Pemenang Miss South Africa pertama yang bukan berasal dari etnis kulit putih murni adalah Miss South Africa 1992 Amy Kleihans yang beretnis campuran (mix). Sementara pemenang Miss South Africa pertama yang berasal dari etnis kulit hitam adalah Miss South Africa 1993 Palesa Mofokeng.

In the pic : 3 pemenang Miss South Africa yang juga pernah menjabat sebagai Miss World

(aw)

Comments

comments