It’s Me: Interview Puteri Indonesia Sumatera Barat 2016

intan-2

Sebelum memasuki karantina Puteri Indonesia 2016 pada tanggal 12 Februari 2016, ada baiknya mengenal lebih dekat sosok dan kepribadian para finalis yang sudah IP dapatkan dari sumber finalis itu sendiri. Kali ini bersama finalis dari Sumatera Barat Intan Aletrino. It’s Me :

1. Biodata

Nama lengkap: Intan Aletrino
Panggilan: Intan
Tempat/ Tanggal lahir: Venlo ( Belanda)/
30 Juni 1993
Tinggi badan: 175 cm
Zodiak: Cancer
Hobby: menyanyi, travelling, tenis & modelling
Prestasi:
1. Uni Duta Wisata Kota Pariaman 2010
2. Top 5 Uda Uni Duta Wisata Sumatera Barat
3. Winner of Super Model Indonesia 2012
4. Winner of Smart Model Look 2014
5. Exchange Student ke Universiteit Utrecht Belanda
6. MC International Seminar ” Death Penalty & Human Rights” by Andalas University, 2015
7. Terpilih menjadi Motivator program ‘Kelas Inspirasi’ yang diadakan oleh Indonesia mengajar tahun 2015.

2. Wisata kuliner & oleh-oleh kuliner Sumatera Barat:

Kalau berbicara mengenai kuliner maka Sumatera Barat merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Setiap daerah di wilayah Sumatera Barat memiliki kuliner yang spesifik. Tempat yang dapat dikunjungi antara lain ‘Kampung Rendang’ yang terletak di Kota Payakumbuh dimana terdapat perkumpulan pengusaha rendang rumahan yang menyediakan berbagai produk seperti, rendang telur, suir daging, rendang ubi, rendang belut dan rendang suir. Lalu kota Bukittinggi juga merupakan tempat dengan banyak pilihan wisata kuliner, seperti di daerah Ngarai dimana daerah ini sangat terkenal dengan kuliner ‘Itiak lado hijau’ ( bebek cabek hijau).
Oleh-oleh kuliner dari Sumatera Barat antara lain, keripik balado ( keripik ubi ketela yang diberi cabe merah), keripik sanjai ( keripik ubi), galamai ( dodol khas Sumbar), rendang daging, rendang telur, karak kaliang dan masih banyak lagi.

intan-7

3. Ceritakan siapa diri kamu :

Saya merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Ayah Saya bernama Ricardo Andre Aletrino dan Ibu Saya Emirita. Saya dilahirkan dan dibesarkan di kota Venlo di Belanda pada 30 Juni 1993. Saya menempuh pendidikan dari TK hingga SMP di Belanda lalu melanjutkan SMA dan perguruan tinggi di kota Padang, Sumatera Barat. Saya memiliki rasa cinta yang tinggi terhadap Indonesia sehingga di tahun 2009 saya memutuskan untuk menetap di Indonesia . Selain itu, saya sangat suka untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sosial budaya dan juga aktif dalam berorganisasi. Kegiatan sosial yang pernah Saya ikuti antara lain, kegiatan penanaman pohon bersama Walikota Padang di tahun 2013, menjadi motivator di ‘Kelas Inspirasi’ Indonesia mengajar di tahun 2015 dan turut serta merehabilitasi pecandu narkotika remaja di LSM kota Payakumbuh. Lalu saya juga aktif dalam Ikatan Uda Uni Duta Wisata Sumatera Barat dan juga aktif di INYS ( Indonesian Netherland Youth Society) yang basecampnya di KBRI Den Haag Belanda.

intan-1

4. Pengalaman paling berkesan & menyentuh (selain menjadi Finalis Puteri Indonesia)

Pengalaman Saya yang paling menarik dan berkesan adalah ketika Saya diberi kesempatan oleh kampus Saya Universitas Andalas sebagai mahasiswa pertama untuk mengikuti program exchange ke Universiteit Utrecht di Belanda. Pada waktu itu Saya diberi kesempatan untuk mengikuti perkuliahan selama 6 bulan bersama dengan ratusan mahasiswa lainnya yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Bersamaan dengan momen ini, Saya juga dapat reuni kembali dengan teman-teman di masa kecil Saya dulu selama di Belanda. Kesempatan exchange ini memberikan dampak dan pengalaman positif terhadap diri Saya.

intan

5. Fakta Unik tentang kamu :

1. Dikarenakan dengan kenyataan bahwa Saya lahir dan dibesarkan di Belanda, maka dengan sendirinya Saya mampu menguasai beberapa bahasa, antara lain bahasa Belanda, bahasa Inggris dan bahasa Jerman.

2. Benua Eropa yang penduduknya multi rasial membuat Saya terbiasa untuk bergaul dengan orang-orang dari berbagai bangsa. Hal ini juga membuat Saya memiliki cara pandang hidup yang kosmopilit.

3. Sejak kecil orang tua Saya mengajarkan Saya untuk belajar mandiri, salah satu contohnya ialah fakta bahwa Saya sejak kecil terbiasa untuk bekerja sambil sekolah. Hal ini diawali dengan pekerjaan saya sebagai kurir koran door to door di saat Saya duduk di bangku SMP.

4. Sewaktu SMA & kuliah Saya merupakan seorang modelling coach di salah satu agency di Padang dan hingga saat ini saya merupakan seorang presenter di TVRI Sumatera Barat dan juga menjalankan wirausaha yang kecil-kecilan sambil kuliah.

5. Kemudian yang juga unik bagi Saya adalah fakta bahwa orang tua Saya sejak dini memperkenalkan saya kepada hobi yang mereka masing-masing miliki, ibu Saya dahulu merupakan seorang penyanyi yang mengajarkan Saya menyanyi sehingga sampai saat ini pun Saya suka menyanyi. Lalu sejak dini ayah Saya juga mengajarkan bela diri khas Indonesia pencak silat kepada Saya, karena menurut beliau bela diri Indonesia patut dilestarikan dan juga penting bagi diri sendiri.

Sumber foto : Instagram Intan
Terima kasih kepada Yayasan Puteri Indonesia atas kesempatan interviewnya

(is)

Comments

comments