Sawunggaling Persembahan Terbaik Didi Budiardjo

lan42

25 tahun berkarya “Sawunggaling” adalah persembahan terbaik Didi Budiardjo untuk Fashion Nation Senayan City, acara yang berlangsung dari tanggal 9 April sampai 18 April 2015.

Pria kelahiran Malang, 22 November 1970 dengan nama lengkap Adi Teguh Prabawa, memulai kariernya di bidang busana dengan menjalani pendidikan mode formal pertama
di Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo pada 1989. Pada tahun itu juga, Didi berhasil memenangkan Susan Budihardjo Designer Contest 1991.

Kecintaan Didi terus berkembang hingga di Fashion Nation Senayan City 2015, ia memperlihatkan karya terbarunya sebuah instalasi motif Batik Sawunggaling.

Batik Sawunggaling ditemukan oleh Go Tik Swan (KRT Hardjonegoro), kisah berawal saat Presiden Soekarno meminta beliau membuatkan batik khas Indonesia yang dikenal dengan Batik Republik.

Sawunggaling diciptakan Go Tik Swan berdasarkan inspirasi dari dua regalia Raja Jawa yang berwujud Sawung (ayam jantan) dan Galing (merak jantan), saat itu ia melihat corak burung pada kain prada yang dipakai oleh Gusti Jelantik, Raja Karang Asem, Bali.

Didi Budiardjo memilih kembali mengangkat kembali motif Batik Sawunggaling dalam bentuk instalasi, karya ini bisa dilihat masyarakat umum, dengan harapan masyarakat bisa mengingat kembali kekayaan dan kekuatan budaya nusantara.

(is)

Comments

comments