Perjalanan Indah Maria Harfanti Menjadi Juara 3 Miss World 2015

miss-world-2015-1

Wanita kelahiran Jakarta, 20 Januari 1992 berusia 23 tahun dengan tinggi 175cm, dengan pendidikan terakhir S1 Trisakti, saat mengikuti Miss Indonesia 2015 mewakili daerah asalnya Yogyakarta, yang mana kedua orang tuanya masih tinggal didaerah Yogyakarta.

cucur2

Awal terpilih sebagai Miss Indonesia 2015 banyak yang fans pageants yang tidak memilihnya, wanita berkulit eksotik ini juga pernah menjadi peserta dalam sebuah program pertukaran pelajar internasional pada tahun 2012 dan menjadi tenaga pendidik bagi anak-anak tidak mampu di provinsi Guizhou , China. Semasa kuliah, Maria aktif mengajar sebagai asisten dosen untuk kelas reguler dan internasional serta menjadi karyawan sementara di Bank Indonesia.

s2

 

Indonesian Pageants semoat mengikuti rekam jejaknya menjadi Miss Indonesia, awal terpilih Maria bersama Savina Wibowo 1st Runner Up Miss Indonesia 2015, sudah bertugas menghadiri perhelatan ajang fashion dalam negeri yaitu Indonesia Fashion Week 2015 JCC, bertemu kembali di event jewellery 2015 di JCC.

mi3

Dibulan Ramadhan kembali berjumpa, kali ini perjumpaan diwarnai dengan berbuka puasa dengan UBS di Bandung, paska lebaran Idul Fitri 1436 H, berjumpa kembali di Mall Kotakasablanka, dengan memakai busana warna hijau, Maria terlihat anggun, dan kulitnya makin eksotik, menurut pengakuannya ia baru saja liburan dipropinsi Bangka Belitung. Selain mengunjungi keberbagai pulau, Maria juga melihat SD Muhammadiyah yang menjadi Ikon dalam film Laskar Pelangi, tidak lupa mencicipi wisata kuliner yang ada disana.

11721978_10153550406592074_113074080_n

Diacara make over bersama Sari Ayu Ramadhan Runway Kotakasablanka, sabtu (26/7), Maria Harfanti Miss World Indonesia 2015 berbagi cerita dengan Indonesian Pageants. Maria terlihat cantik dengan gaun berwarna hijau, ditambah kulitnya makin eksotik, perubahan itu terjadi karena saat ia berlibur selama satu pekan ke berbagai pulau di Belitung.

“Baru-baru ini aku habis liburan selama seminggu di Belitung, banyak objek wisata yang aku kunjungi, mengujungi berbagai pulau hingga mencicipi aneka makanan sea food”.

Maria-5

Di Belitung selain berkunjung keberbagai pulau, Maria juga menyaksikan dari dekat replika SD Muhammadiyah, tempat lokasi syuting film Laskar Pelangi. Sementara itu jelang persiapannya menuju Miss World 2015 di Sanya China, Maria menjelaskan akan menambah lagi kemampuannya dalam berbahasa mandarin, dan akan menampilkan tarian tor tor yang berasal dari Sumatera Utara di sesi Dance Of The World.

“Tariannya sangat sederhana, namun banyak arti dan filosofinya”.

Selain tarian Maria juga melakukan persiapan ngegym, catwalk, latihan piano sambil bernyanyi untuk fast track talent, tidak hanya persiapan fisik saja yang ia lakukan, namun persiapan kecantikan juga ia perhatikan.

“Aku banyak belajar dari Mas Sake dari Sari Ayu, ia banyak membantu memberikan tips kecantikan”.

mahar

Di balik transformasi pesat Miss Indonesia 2015 Maria Harfanti tentunya ada orang-orang yang berjasa membantu segala persiapannya. Selain masukan para fans, dukungan keluarga dan sahabat, kerja keras dari tim dari MNC dan bimbingan para para trainer, orang yang juga berjasa adalah Ibu Liliana Tanoesoedibjo (founder Miss Indonesia) dan Ibu Lina Priscilla (Managing Director MNC Channel).

Persiapan Menuju Miss World 2015 Sanya China

Dalam persiapannya menuju Miss World 2015 Sanya China, wakil Indonesia yaitu Maria Harfanti, pada hari rabu (18/11) bertempat di MNC Tower diadakan press conference Miss Indonesia 2015 goes to Miss World 2015.

Turut hadir Liliana Tanoesoedibjo chairwoman of Miss Indonesia, Maria Harfanti Miss Indonesia 2015, Lina Priscilla Tanaya Star Harvest, lingga Suwahjo Star Media, Linda dan Windy Chandra designer.

press-conference-maria-harfanti-miss-indonesia-2015-goes-to-miss-world-2015-sanya-china

Maria Harfanti akan bersaing dengan 118 kontestan dari seluruh dunia, dalam memperebutkan blue crown mahkota Miss World, untuk itu ada beberapa fast track yang harus diikuti kontestan, seperti Beauty With A Purpose, Sport Competition, Top Model, Talent Show dan Multimedia Award.

Untuk multimedia award sendiri Maria sudah mengajak fansnya untuk membantu mempromosikan dan lebih aktif berinteraksi disosial media, serta ikut memfollow twitter @MWIndonesia dan like FB “Miss World-Indonesia”. Karena kalau menang dikategori multimedia otomatis kontestan tersebut akan masuk 15 besar.

Pada saat press conference tersebut, Maria Harfanti dihadapan media menyempatkan tampil memainkan alat musik piano sambil bernyanyi seriosa, karena ini adalah salah satu talent yang akan menjadi andalannya difast track talent, selain itu juga ia mengincar fastrack sport, top model dan tentunya Beauty With A Purpose.

Indonesia dalam 4 tahun penyelenggaran Miss World terakhir ini selalu diperhitungan untuk fast track Beauty With A Purpose, apalagi ditahun 2014 Maria Rahajeng meraih juara bersama Brazil, Guyana, India dan Kenya. Untuk tahun 2015 Maria Harfanti akan mengangkat tema Air, dimana pembangunan fasilitas air bersih dan sanutasi di daerah Kampung Kamacing, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Banten.

Tibalah Keberangkatan Menuju Sanya China

Pada hari sabtu (21/11) Maria Harfanti, akhirnya berangkat juga ke Sanya pagi hari. Lama perjalanan dari Jakarta ke Sanya umumnya sekitar 8-10 jam bergantung jalur penerbangan dan transit yang dipakai.

Maria-harfanti

Saat keberangkatannya Maria Harfanti diantar oleh keluarga besarnya, dari Ayah, Ibu, Adik dan Omanya, tidak lupa pihak RCTI dan Star Media Nusantara yang turut mengantarkan hingga sampai kedalam bandara.

Maria Harfanti berangkat ke Miss World 2015 Sanya China dari bandara Soekarno Hatta, Maria membawa 5 koper, 4 koper besar dan 1 koper kecil, tidak lupa bendera merah putih estapet Indonesian Pageants turut mengantarkannya juga.

Masa Karantina dan Malam Puncak Miss World 2015

Selama mengikuti karantina Maria berada satu kamar dengan wakil asal Jepang, Chika Nakagawa, pertemanan yang akrab membuat mereka saling menjaga satu sama lain, apalagi saat awal kedatangan ditempat karantina, Chika mengalami keterlambatan barang bawaannya, dengan ketulusan dan kebaikan hatinya, Maria meminjamkan beberapa busana dan aksesories yang ia miliki untuk dipakai Chika.

Maria-Harfanti-2

Dihari kedua karantina Miss World 2015 Sanya China, para kontestan dari 188 negara diseluruh dunia, termasuk wakil Indonesia Maria Harfanti, mulai melakukan sesi audisi Dance Of The World yang diikuti seluruh finalis, Maria sendiri menampilkan bakat tarian khas Sumatera Utara yaitu tari Tor Tor lengkap dengan busana tarinya.

Perjalanan Maria dalam mengikuti karantina Miss World 2015, makin hari makin terlihat nyata kesungguhannya, dari masuk Top 10 World’s Fashion Designer Award, Top 25 Multimedia dan Top 13 best Talent.

Maria-Harfanti-3

Pada malam puncak yang ditayangkan live streaming, pada pukul 8 malam waktu indonesia bagian barat, acara dibuka dengan penampilan kebudayaan China seperti kesenian Barongsai, dilanjutkan sesi Dance Of The World ada tujuh negara yang ikut tampil mereka adalah China, Paraguay, Samoa, Nepal, Zambia, slovakia dan Perancis, dipandu host Megan Young Miss World 2013 dan Nick Douglas.

Posisi leaderboard terpampang dilayar raksasa, ada 20 finalis meraih interview tertinggi, pertama diduduki wakil Lebanon, sedangkan Maria masuk diposisi kedelapan, Megan Young menyebutkan para pemenang dari berbagai fastrack, Top Model diraih wakil Spanyol, Multimedia diraih wakil Filipina, Talent oleh Guyana.

Maria terus melangkah maju dengan masuk Top 20 besar bersama Russia, Indonesia, Filipina, Jamaica, Guyana, France, Lebanon, South Africa, Spanyol, Australia, Netherlands, Brazil, Kazakhstan, Poland, New Zealand, China, South Sudan, Scotland, Ecuador, Nothern Ireland.

Saat yang paling menegangkan, saat diumumkan pemenang Beauty With A Purpose, yang mana Maria masuk dalam Top 10 besar, dimumumkan langsung oleh Megan Young dan Maria menerima penghargaan Beauty With A Purpose langsung dari cucu mendiang mantan Presiden Afsel Nelson Mandela.

miss-world-2015-2

Langkahnya makin tak terhentikan dengan masuk kedalam Top 10 besar bersama Rusia, Filipina, guyana, Lebanon, Spanyol, Prancis, Jamaika, Indonesia, Afrika Selatan, Australia, dan People’s choice diraih oleh Vietnam.

Sebelum diumumkan siapa yang masuk kedalam Top 5 besar, pemenang tahun 2014 Rolene Strauss maju kedepan panggung dan menyapa hadirin yang hadir, dan menjelaskan perjalanan selama setahun ia menjabat sebagai Miss World 2014.

Dan dibabak Top 5 besar, langkah Maria tidak terbendung, ia terus merangkak naik bersama Spanyol, Rusia, Lebanon dan Jamaica. Disesi top lima besar ini kelima finalis diperlihatkan video taping selama sebulan mereka mengikuti karantina, serta alasannya jika kelima finalis tersebut terpilih menjadi Miss World 2015.

Rusia diwakili Sofia Nikitchuk mengaku satu minggu sebelum mengikuti karantina Miss World 2015, ia baru saja mengalami kesedihan dengan kehilangan neneknya yang ia cintai meninggal dunia, kesedihan itu ia bawa sebagai cambuk kekuatan selama dikarantina.

Sedangkan Maria memaparkan jika ia terpilih sebagai Miss World 2015, yang ia ingin lakukan adalah menganjak masyarakat dunia untuk menjadi volunter dan menjadi perubahan untuk dunia. Jawabannya tegas membuat dewan juri yang hadir terkagum-kagum.

“Everytihing in your life is a reflection of a choice you have made. if you want a different result, make a different choice”

Para dewan juri ada Julia Morley, Agbani Darego (Miss World 2001), Azra Akin (Miss World 2002), Zhang Zilin (Miss World 2007), Ksenia Sukhinova (Miss World 2008) dan kejutan dengan kehadiran Liliana Tanoesoedibjo Chairwoman of Miss Indonesia, sebagai dewan juri.

Setelah dewan juri berunding menentukan siapa pemenangnya, tidak lama kemudian Julia Morley naik keatas panggung dan mengumumkan siapa pemenangnya, 2nd runner up Miss World 2015 diraih Maria Harfanti (Indonesia), 1st runner up Sofia Nikichuk (Rusia) dan Miss World 2015 Mireia Lalaguna (Spanyol).

Malam puncak Miss World 2015 adalah edisi istimewa bagi Indonesia, Maria membawa prestasi tertinggi dalam ajang kecantikan dunia, terakhir Indonesia masuk dalam Top 10 besar Miss World 2013 diwakili Vania Larissa, tidak hanya meraih 2nd runner up, Maria memecahkan rekor dengan meraih 3 gelar sekaligus, 2nd runner up Miss World 2015, Miss World Asia 2015 dan pemenang fatstrack Beauty With A Purpose. Ditambah lagi Top 7 Interview, Top 13 Talent, Top 10 World’s Fashion Designer Award dan Top 25 People’s Choice.

Kemenangan Maria menuai banjir pujian dari sesama pelaku pageants, ada dari Anindya Kusuma Putri yang lagi bertanding di Miss Universe 2015 juga memberikan selamat kepada Maria, ada juga Elvira Devinamira Puteri Indonesia 2014, Top 15 Miss Universe 2014 dan best National Costume 2014, Gresya Amanda Miss Supranational Indonesia 2015 dan best National Costume Miss Supranational 2015 dan Kevin Hendrawan top 15 Mister International 2014 dan tidak hanya pelaku pagents, ada juga fans pageants dari luar negeri yaitu fans negara Filipina, negara powerhouse diajang beauty pageants.

Maria-Harfanti-5

Saat terpilih menjadi Miss Indonesia, banyak Pageants Lover yang membully dan sekarang semua itu sudah terbantahkan dengan raihan prestasimu. Selamat Maria Harfanti sudah berprestasi dan membanggakan Indonesia, Indonesia bangga kepadamu.

Photo by H2 dan Miss World

(is/aw)

Comments

comments